Arsitektur Rumah Mungil – Tips dan Cara

    Arsitektur Rumah Mungil – Tips dan Cara

    Arsitektur Rumah Mungil – Dewasa ini rumah mungil kian diminati. Alasannya bermacam-macam, mulai dari gaya hidup hingga keakraban. Perkembangan arsitektur rumah mungil pun semakin signifikan dengan permintaan rumah dari para konsumen dan calon pembeli. Dari tahun ke tahun permintaan akan rumah tempat tinggal tidak pernah menurun, justru selalu meningkat. Dan perubahan minat terhadap tipe perumahan pun bergeser, dari rumah mewah menjadi rumah mungil yang cukup sehat dan ekonomis.

    DESAIN ARSITEKTUR RUMAH MUNGIL

    Paradigma yang berkembang sementara ini adalah bahwa rumah mungil berarti identik dengan keterbatasan, dan serba kekurangan. Padahal sangat tidak sinkron dengan kebutuhan dan permintaan akan perumahan mungil dari masyarakat yang kian meningkat. Namun paradigma miring tentang rumah mungil tersebut tetap belum sirna.

    Rumah mungil sering kali diidentikkan dengan kotor, sesak, dan lain-lain. Padahal, jika pemilik rumah melakukan penataan ruang dengan tepat, pemilihan cat dinding dan furnitur yang serasi, kompak, dan berkesan luas, maka rumah mungil pun akan memiliki kesan luas dan nyaman.

    Arsitektur rumah mungil di perumahan penduduk pada umumnya kurang memerhatikan faktor kesehatan. Banyak faktor yang memengaruhinya, di antaranya adalah kepadatan penduduk, makin sempitnya lahan, dan sulitnya mendapat rumah.

    Tak hanya itu, para pengembang rumah pun lebih memikirkan nilai komersial dibanding faktor lainnya. Agar hati konsumen terpikat, mereka lebih mengedepankan gaya arsitektur mutakhir, dan kemewahan material tanpa memerhatikan faktor kesehatan. Bahkan yang lebih memprihatinkan, mereka juga tidak memerhatikan fondasi rumah yang rata-rata tidak kokoh (kurang kokoh).

    Tak heran jika kemudian beberapa orang memilih membongkar habis rumah mungil yang baru saja mereka beli. Lalu, membangun ulang dengan konstruksi yang lebih kokoh agar tahan guncangan dan lebih aman. Beberapa di antaranya yang memiliki dana terbatas, memilih untuk menambah ruangan di belakang rumah asli dengan konstruksi yang kokoh.

    Pemilik dana terbatas ini kemudian menunggu saat yang tepat untuk membongkar bangunan lama dan menggantinya dengan bangunan yang konstruksinya lebih kuat.

    PENATAAN RUMAH MUNGIL

    Jika faktanya Anda adalah termasuk pemilik rumah mungil di perumahan tersebut, maka Anda bisa saja membangun ruang pada bangunan yang tersisa dengan konstruksi yang kokoh. Lalu setelah uang cicilan rumah lunas, Anda mulai bisa memikirkan untuk merombak bangunan lama dengan bangunan baru yang lebih kokoh. Hal ini amat penting untuk keamanan keluarga. Karena rumah yang kurang kokoh akan mudah roboh atau aus karena waktu.

    Jika Anda memiliki lahan sempit dan ingin membangun rumah, maka perhatikanlah faktor kesehatan. Seperti contohnya, mengurangi hawa panas di dalam rumah dengan cara membangun jendela di beberapa titik. Hal ini akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah lancar.

    Usahakan letak jendela dan ventilasi tidak membentuk sudut karena udara tidak dapat membelok, kecuali jika tekanannya tinggi. Hal ini penting dilakukan terutama di kota-kota besar, agar sirkulasi udara lancar dan ruangan menjadi tetap sejuk dan teduh.

    Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati bentuk mungil rumah Anda. Yakni:

    Penataan interior rumah mungil.

    Penataan eksterior rumah mungil.

    Inti dari keduanya adalah menyiasati kekurangan pada rumah mungil, melalui dua metode penataan tersebut, eksterior serta interiornya.

    Penjelasan untuk penataan interior.

    Pilihlah furnitur yang warnanya serasi dengan tembok dan lantai rumah. Kemudian pilihlah warna-warna netral yang kalem, agar memberi kesan luas pada rumah mungil Anda. Warna-warna seperti putih, cream, kuning muda, atau coklat susu muda, serta abu-abu dan biru muda dapat menjadi pilihan.

    Kemudian untuk membuat harmonisasi antara dinding dan bagian lain rumah, perhatikan dengan jeli penataan perabotnya. Pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar dan berkesan berat. Juga pilihlah furnitur yang tidak tinggi agar terkesan lapang. Agar rumah tidak nampak sesak.

    Selanjutnya apabila urusan cat dinding rumah sudah beres, juga pilihan perabot yang tepat, Anda beralih pada keramik lantai. Cobalah mencari gradasi warna yang tepat untuk keramik lantai Anda, yang sesuai dengan harmonisasi warna dinding. Misalnya, carilah paduan warna keramik pada lantai yang sesuai dengan warna cat dinding.

    Gunakan penyekat sementara antar-ruangan. Atau biasa disebut dengan partisi. Untuk penyekat, pilihlah yang tidak terlalu tinggi. Namun cukup serasi untuk diletakkan di tengah-tengah ruangan rumah.

    Selanjutnya letak dapur juga diperhatikan. Sebaiknya di dekat taman (tempat udara bebas berganti). Hal ini untuk menghindari kasus ledakan atau kebakaran rumah jika terjadi kebocoran gas.

    Semua hal tersebut, baik penataan interior maupun eksterior sebenarnya dapat Anda pelajari dari beberapa majalah arsitektur. Yang salah satu rubrik atau bahasannya pasti pernah mengangkat tema arsitektur rumah mungil.

    Penjelasan untuk penataan eksterior.

    Sementara, untuk penataan eksterior rumah mungil Anda. Sebaiknya tidak perlu terlalu banyak asesoris yang berlebihan. Untuk rumah mungil Anda, gaya yang paling sesuai adalah simpel minimalis saja.

    Misalnya, perhatikan cat tembok dinding luar rumah. Cukup menggunakan gradasi warna turunan yang lembut. Misal abu-abu tua, coklat susu, putih atau biru dongker. Dan kemudian buat beberapa tonjolan fasad rumah, untuk memberi kesan apik. Misalnya membuat satu atau dua kolom tambahan yang menempel dengan dinding rumah bagian depan. Dan kemudian dicat kolom tersebut dengan warna yang berbeda dengan dinding. Hasilnya? Wah, tak kalah dengan model-model rumah di televisi.

    Keuntungan Memiliki Rumah Mungil

    Adapun keuntungan memiliki rumah mungil adalah sangat banyak. Anda tidak perlu berkecil hati dengan rumah mungil milik Anda. Dan berhentilah untuk berandai-andai membayangkan rumah besar yang Anda impikan.

    Memiliki rumah mungil ternyata menguntungkan. Hal inilah yang menjadi alasan bagi para pengembang rumah untuk membangun hunian mungil dalam jumlah banyak. Berikut ini beberapa keuntungan memiliki rumah mungil.

    Mudah dibersihkan.

    Mudah menjalin keakraban di antara anggota keluarga.

    Harga terjangkau.

    Perawatan murah.

    Sesuai dengan gaya hidup orang sibuk yang tidak punya waktu lama untuk membersihkan dan merawat rumahnya.

    Nah, benar bukan? Sedangkan pengembang saja yang notabene seorang pebisnis sejati telah memikirkan hal tersebut. Memikirkan apa keuntungan yang akan pembeli dapatkan dari hasil membeli sebuah rumah mungil. Jadi, kini kenapa Anda sendiri sebagai calon konsumen atau pemilik rumah mungil justru merasa sungkan.

    Dewasa ini prinsip dari pengembang properti adalah mengembangkan dan menghasilkan arsitektur rumah mungil dengan kualitas setara dengan arsitektur perumahan elite lainnya. Jadi, apalagi yang membuat Anda ragu?

    Tips Mudah Memelihara Rumah Mungil

    Artikel ini belum lengkap rasanya, apabila belum memberikan suatu langkah mudah, atau tips singkat dalam memelihara rumah mungil Anda. Berikut penjelasannya:

    Lindungi dinding luar Anda dengan aqua drop, semacam cairan cat yang disapukan ke dinding berfungsi untuk menahan kelembaban tembok, akibat udara dingin, embun pagi ataupun hujan. Sehingga dinding Anda menjadi tetap kuat, dan warna cat dinding dan bagian fasad luar, tetap awet.

    Untuk rumah mungil, cukup beri tanaman yang menggunakan wadah pot saja. Sehingga mudah dipindahkan, mudah dirawat dan tidak terlalu memenuhi tempat. Anda tentu ingin pekarangan atau halaman muka rumah Anda tetap bernuansa hijau segar, namun tidak ingin nampak sempit bukan? Karenanya peliharalah tanaman berwadah pot saja.

    Trik mudah untuk menyiasati fasad depan rumah agar tampak besar. Gunakan penutup pintu atau jendela (gorden) dengan kain yang berwarna polos tanpa motif. Misalnya, warna gorden dicari yang sama dengan warna dinding. Efek ini akan memberi kesan besar dan lebar dari rumah Anda, bila dilihat dari muka.

    Arsitektur Rumah Mungil – Nah, bagaimana? Kini Anda tidak lagi merasa underestimate terhadap arsitektur rumah mungil yang banyak ditawarkan pengembang bukan?