Arsitektur Rumah Sederhana Tapi Mewah

    Arsitektur Rumah Sederhana Tapi Mewah

    Arsitektur Rumah Sederhana Tapi Mewah – Istilah arsitektur rumah minimalis sudah sangat populer belakangan ini. Arsitektur rumah minimalis bukan saja menjadi konsep untuk rumah hunian, bahkan perkantoran dan pusat belanja mulai mengadopsi desain yang populer pada kebudayaan Jepang ini.

    Konsep awal arsitektur rumah minimalis adalah keheningan dan kesederhanaan, yang teraplikasi dalam desain rumah dengan menggunakan bahan yang ada, sederhana, memaksimalkan fungsi, dan tidak terlalu mahal.

    Namun, pada perkembangan sekarang, arsitektur rumah minimalis lebih diidentifikasi sebagai bentuk yang mengeksploitasi garis, ruang kosong dan transparan, minim lengkungan dan pernak-pernik. Masalah biaya, belum tentu minimalis.

    Citra yang dihasilkan oleh desain arsitektur rumah minimalis adalah kesan serba bersih (clean), presisi dan ketepatan, mungil kecil dan multifungsi, blocking warna polos cenderung transparan pada dinding, dan aplikasi geometri.

    Arsitektur Rumah Minimalis – Tren Baru Kembali ke Alam

    Kata minimalis di luar dunia arsitektur merujuk pada pola berpikir, bekerja, dan cara hidup yang disimplifikasi. Didukung dengan berkembangnya pola hidup “back to nature,” atau kembali ke alam, terefleksi dalam desain rumah yang praktis, ringan, efisien, sunyi, dan tenang.

    Ciri yang menonjol pada desain minimalis adalah hadirnya karakter geometris dengan ruang-ruang kosong sederhana dan terkesan ringan. Bahkan, jika ada pemanis berupa lukisan, itu pun tidak lepas dari kesederhanaan garis dan kekosongan bingkai yang menghadirkan keheningan. Sebuah keheningan yang indah.

    Keindahan dibangun dari pola geometris yang tidak melulu kotak dan persegi, tetapi bisa berbentuk lanscap platonic dan eksplorasi dari bentukan geometri yang lebih rumit, namun dramatis.

    Garis-garis lurus tanpa lengkungan, bidang datar berwarna polos, pertemuan bidang yang serba siku tegak lurus, optimalisasi ruang multifungsi, pengulangan dan susunan yang berurut, adalah elemen pembentuk keindahan tersebut.

    Arsitektur Rumah Minimalis – Minimalis vs Minimal

    Arsitektur Rumah Sederhana Tapi Mewah – Minimalis dan minimal memang berasal dari akar kata yang sama, minim. Namun, pada konsep arsitektur rumah minimalis, ada prinsip kekokohan dan kekuatan yang harus diaplikasikan bersamaan dengan prinsip kesederhanan. Oleh karena itu, jika ada pendapat bahwa biaya pembangunan rumah minimalis bisa jauh lebih murah, bisa jadi pendapat tersebut salah.

    Desain minimalis sama sekali tidak merujuk pada harga bahan. Bisa jadi biayanya murah, bisa pula menjadi mahal. Minimalis merujuk pada pemaksimalan fungsi dan aplikasi keheningan zen dengan menekankan desain lugas, polos, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang.

    Sementara itu, mahal atau murahnya ditentukan oleh material bahan dan kerumitan desain yang dipakai. Desain minimalis, walaupun sederhana, memiliki kerumitan dan detail yang sangat tinggi.

    Arsitektur Rumah Minimalis – Kenyamanan Rumah Tinggal

    Arsitektur Rumah Sederhana Tapi Mewah – Rumah minimalis memenuhi selera hidup masyarakat urban yang menuntut kepraktisan, fungsional dan efisiensi. Justru, kesederhanaan dalam konteks ini memberi kesan mewah dan elegan. Simplifikasi bukan berarti tidak bercita rasa seni. Bahkan, keheningan dan pengulangan berurut yang menjadi pola dasar minimalis memiliki nilai artistik tinggi.

    Sebagai rumah tinggal, desain minimalis tidak mengabaikan kenyamanan karena penyederhanaan tidak berarti mengurangi fungsi. Apalagi, didukung dengan berkembangnya kreativitas arsitek, inovasi, serta teknologi canggih yang menghadirkan terobosan-terobosan baru penuh kesegaran.

    Dengan mengandalkan ornamen artifisial, kejujuran dan penjiwaan penuh hening, rumah minimalis memberikan kenyamanan tersendiri di tengah kehidupan urban yang penuh polarisasi.

    Rumah minimalis bisa dipercantik dengan ornamen-ornamen pendukung tanpa kehilangan jiwa. Furniture yang cocok untuk desain ini adalah bahan kaca transparan yang dikombinasi dengan alumunium atau besi tempa yang simpel dan mudah dalam perawatan.

    Perabot meubel pengisi ruangan dipilih dari bahan kayu berbentuk ramping, menghilangkan kesan berat dan gendut. Minimalis juga berarti kecil mungil multifungsi. Warna yang cocok berupa blok-blok geometris atau polos, disusun dari maksimalisasi garis lurus dan menyedikitkan lengkung.

    Detail bunga-bunga dan kombinasi beragam warna cenderung dihindari dalam desain minimalis. Sebagai gantinya, dipilih warna-warna natural, cokelat kayu, abu-abu, biru langit dan laut, atau hitam putih.

    Meskipun ada hiasan pigura atau furniture lain, kesan kosong harus tetap terjaga. Kosong adalah bentuk komunikasi manusia dengan alam semesta yang menjadi pokok prinsip minimalis: hampa, keabadian, suasana meditatif.

    Desain Arsitektur Rumah Minimalis 2011

    Tahukah Anda seperti apa desain arsitektur rumah minimalis 2011? Apa saja yang memengaruhi desain arsitektur rumah minimalis 2011? Walaupun sekarang telah berganti tahun, desain arsitektur rumah minimalis 2011 masih banyak digemari. Arsitektur rumah minimalis bisa diakatakan sebuah konsep yang tidak ribet dari segi bentuk, tetapi tetap indah dan anggun dilihat dan tentunya nyaman dihuni.

    Arsitektur rumah minimalis dapat juga menggambarkan karakter orang yang memiliki rumah tersebut, yaitu pola pikir yang minimalis, bekerja, dan gaya atau cara hidup yang minimalis. Selain itu, arsitektur rumah minimalis bagi para penghuninya dapat diartikan sebagai sebuah cara berpandangan baru dalam melihat desain sebagai simbol gaya hidup masyarakat urban yang serba efisien, ringan, praktis, dan sederhana.

    Sebenarnya, bentuk desain arsitektur rumah minimalis modern tidaklah harus selalu kotak. Desain arsitektur rumah minimalis bentuknya dapat juga platonik geometri dan menjadi bagian dari lanskap yang muncul ke atas secara tiba-tiba. Tapi, jika arsitektur rumah minimalis tersebut hanya membutuhkan bentuk kotak, artinya bentuk kotak ini adalah hasil dari sebuah proses kebutuhan fungsi, bukan disebabkan pemaksaan maupun ikut-ikutan mengikuti tren.

    Arsitektur rumah minimalis memiliki tujuan yang bersifat minimum dan ornamennya pun bersifat sederhana serta murni (simple and pure). Contoh ornamen dari arsitektur rumah minimalis adalah bidang-bidang datar yang mulus atau terkadang kasar, garis-garis lurus, pertemuan bidang yang serba siku tegak lurus, dan ornamen lainnya. Ciri khas lain dari arsitektur rumah minimalis terlihat dari blocking massa, pencahayaan, material, pengulangan, sirkulasi yang ringkas, optimalisasi multifungsi ruang dan berurut.

    Desain arsitektur rumah minimalis memiliki ciri tampilan rumah dengan ornamen yang tidak berlebihan, memakai bahan material yang diekspos sehingga tampilannya terlihat jujur dan tidak berlebihan. Artinya, desain interior rumah minimalis ini menganut konsepsi keruangan yang mengutamakan kesan minimalis modern.

    Gaya arsitektur rumah minimalis itu sendiri mempunyai ciri khas khusus dalam tampilan bangunannya. Arsitektur rumah minimalis pada umumnya menggunakan batuan, menggunakan permainan unsur garis atau bidang, dan pewarnaan yang bersifat lebih berani dibanding dengan gaya arsitektur rumah klasik maupun mediterania.

    Arsitektur Rumah Minimalis – Interior Chic Tropical

    Arsitektur Rumah Sederhana Tapi Mewah – Hunian yang bersifat modern saat ini telah banyak dibangun di berbagai tempat dan biasanya menggunakan konsep arsitektur rumah minimalis. Tapi, jika semua rumah menggunakan desain yang seragam, misalnya arsitektur rumah minimalis, tentu akan sedikit membosankan.

    Pada umumnya, setiap pemilik rumah menginginkan sesuatu yang berbeda pada rumah yang dihuninya. Banyak juga yang menginginkan rumahnya tidak ingin sama dengan tetangganya, baik itu gaya interior rumah maupun desain arsitektur rumah. Di sinilah jasa arsitek dan desainer interior dibutuhkan. Namun, tidak semua pemilik rumah mau mengeluarkan uang untuk jasa arsitek dan desainer interior.

    Tak sedikit para pemilik rumah menciptakan gaya interior dan eksterior rumah sendiri dengan hasil yang lebih memuaskan. Chic Tropical adalah salah satu pilihan alternatif bagi Anda penyuka arsitektur rumah minimalis. Chic Tropical adalah pengembangan dari gaya tropis dan cangat cocok diterapkan pada arsitektur rumah minimalis.

    Ruangan Anda akan didominasi unsur alam sehingga tampilan rumah menjadi cantik dan serasi. Chic Tropical berkiblat pada alam sehingga warna dan material yang dipakai pun semuanya bersumber dari alam. Suasana yang tercipta dalam ruangan akan terkesan ceria dan segar.

    Dengan menggunakan konsep interior Chic Tropical, desain arsitektur rumah minimalis Anda akan semakin menawan. Intinya, interior rumah dibuat menjadi cantik dan sangat cocok dihuni oleh pasangan muda yang mempunyai selera seni tinggi. Semoga bermanfaat!

    Kunjungi Juga FB Desain Arsitektur.