Bisnis Depo Bangunan

    Bisnis Depo Bangunan

    Bisnis Depo Bangunan – Bisnis supermarket bahan bangunan atau Depo Bangunan mulai dilirik oleh pebisnis. Mengingat sekarang ini laju pertumbuhan rumah dan bangunan begitu pesat. Tentu harus diiring dengan suplai material bangunan.

    Awalnya bisnis Depo Bangunan belum populer di Indonesia. Waktu itu hanya ada toko bangunan atau toko besi saja yang menyediakan produk-produk yang berkaitan dangan material. Mengingat toko besi terbatas kemampuannya untuk menyediakan barang material, Depo Bangunan pun kemudian diciptakan oleh seorang yang pandai melihat peluang bisnis.

    Apa itu Depo Bangunan?

    Bisnis Depo Bangunan – Depo Bangunan merupakan badan usaha yang aktif memasarkan produk-produk khusus bahan bangunan dan produk pendukungnya secara ritail maupun partai besar kepada konsumen akhir. Depo Bangunan berbeda dengan toko besi, konsep depo bangunan yakni one stop shopping.

    Depo Bangunan mengadopsi konsep supermarket yang menjual kebutuhan pelanggan. Demikian juga Depo Bangunan ini, dalam satu gedung dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok produk.

    Di luar negeri keberadaan tempat berbelanja seperti depo bangunan sudah lazim adanya. Namun, rupanya konsep Depo Bangunan dengan sistem one stop shopping ini terbilang masih baru di Indonesia. Sudah barang tentu trend bisnis Depo Bangunan ini menjadi sebuah alternatif belanja material dan perkakas bagi konsumen Indonesia.

    Awal mula Depo Bangunan diperkenalkan kepada pangsa pasar Indonesia, pada dekade 80-an. Jakarta merupakan daerah yang pertama terdapat Depo Bangunan di Indonesia. Menjelang era 90-an sampai sekarang, kebanyakan Depo Bangunan merupakan badan usaha waralaba dari luar negeri. Salah satu Depo Bangunan yang terkenal adalah Ace Hardware.

    Di Indonesia saja Ace Hardware memiliki puluhan gerai yang tersebar di kota-kota besar. Selain memproduksi aneka perkakas sendiri Ace Hardware juga membuka bisnis Depo Bangunan.

    Prospek Cerah Usaha Depo Bangunan

    Bisnis Depo Bangunan – Mencermati dinamika dan stabilitas ekonomi dan politik yang lancar dan stabil, tentu berdampak pada peningkatan pembangunan pada setiap sektor dari manufaktur, properti, dan pariwisata. Material dan bahan bangunan pendukung lainnya merupakan faktor yang penting dalam proses pembangunan. Hal inilah yang kemudian seperti melatari hadirnya sebuah tempat belanja perkakas dengan sistem one stop shopping seperti pada Depo Bangunan.

    Pertumbuhan pembangunan properti semakin melaju tentu membutuhkan ketersediaan bahan bangunan dan material, ini bagi yang memiliki jiwa bisnis. Fenomena ini menjadi sebuah peluang bisnis yang menggiurkan. Bisnis Depo Bangunan bukanlah bisnis yang bersifat trend sesaat saja. Bisnis ini berdasarkan salah satu kebutuhan manusia, yakni papan atau rumah. Selama manusia membangun rumah, bisnis ini masih tetap jalan.

    Kelebihan Bisnis Depo Bangunan

    Bisnis Depo Bangunan – Di kota besar bisnis Depo Bangunan tak pernah sepi dari pembeli. Bisnis bisa jalan karena memiliki kelebihan-kelebihan. Berikuti ini penjelasan tentang nilai plus dari depo bangunan.

    Konsep one stop shopping. Inilah salah satu kelebihan bisnis supermarket depo bangunan. Semua kebutuhan pelanggan akan barang material bangunan dan perkakasnya, semua tersedia di depo bangunan. One stop shopping, merupakan value added yang bermanfaat membangun image usaha Anda di mata pelanggan. Keuntungan bagi pelanggan, meraka tak repot-repot mencari barang yang dibutuhkan, semua bisa dibeli dalam waktu yang bersamaan. Masalah pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

    Produknya lengkap dan display tertata rapi. Penataan display produk yang dikelompakan sesuai jenis produk membuat pelanggan mudah mencarinya tanpa bantuan dari pegawai Depo Bangunan. Misalnya, Anda ingin beli peralatan khusus kelistrikan, Anda tinggal mendatangi rak elektronik. Di sana terpajang berbagai macam produk elektronik dari berbagai merek. Ini memudahkan pelanggan membandingkan kualitas dan harga produk yang diinginkan.

    Konsep swalayan. Konsep swalayan membedakan Depo Bangunan dengan toko besi konvensional. Prilaku konsumen diarahkan untuk mengambil sendiri barang yang diinginkan. Dengan artian pelanggan sesuka hati bisa memilih dan mengambil sendiri produk-produk yang dibutuhkan. Walaupun dengan konsep swalayan, pihak depo juga memberikan layanan informasi/literatur mengenai produk yang dibutuh agar konsumen mengerti.

    Garansi. Untuk menjamin kepuasan pelanggan, kelebihan lain dari Depo Bangunan adalah garansi produk yang telah dibeli pelanggan. Untuk produk-produk tertentu seperti elektronik, pihak produsen memberikan garansi produk. Garansi yang diberikan kepada konsumen antara lain servis gratis, retur, dan replace. Layanan ini yang tak ada dalam bisnis toko konvensional. Selain garansi terkadang depo bangunan menggelar event obral diskon. Event ini diselenggarakan guna menarik konsumen.

    Delivery. Salah satu nilai plus dari depo bangunan adalah jasa delivery order, jika pelanggan memborong produk depo bangunan dalam partai besar. Mereka berhak menerima layanan antar barang secara gratis. Menarik bukan? Kalau tempat tinggal pelanggan diluar jangkauan armada delivery, bisa dikirim via jasa kargo barang, dengan beban biasa ditanggung pihak Depo Bangunan.

    Paint Mixing Service. Ada sebagian Depo Bangunan yang memberikan layanan paint mixing service kepada konsumen. Paint mixing adalah upaya pengoplosan dua tiga cat dengan warna yang berbeda guna memperoleh corak warna baru yang diinginkan pelanggan. Teknik pengoplosan cat harus menggunakan bantuan kalibarsi komputer agar lebih pas.

    Produk yang Dijual di Depo Bangunan

    Pengelompokan produk material dan perkakas yang dijual Depo Bangunan yang wajib Anda ketahui adalah:

    1. Produk Depo Bangunan – Build & House Material

    Produk ini berupa semen, kayu, playwood, besi kerangka, paku, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan produk dalam kelompok ini merupakan dagangan utama. Barang-barang Build & House Matrial paling dicari konsumen.

    1. Produk Depo Bangunan – Paint & Colouring

    Paint & colouring merupakan produk dalam kelompok cat dan cairan pewarna. Depo Bangunan yang komplit biasanya menyediakan banyak sekali pilihan cat. Kelompok cat terdiri dari cat tembok, cat kayu, tinner, cat mobil dan termasuk kuas dan peralatannya.

    1. Produk Depo Bangunan – Tiles & Flooring Parket

    Kelompok produk tiles & flooring parket terdiri material yang berkaitan dengan lantai, seperti marmer, ubin keramik dan parket. Ubin keramik masih dikelompokan lagi, keramik untuk dalam rumah berbeda dengan keramik untuk outdoor. Termasuk juga bagian kamar mandi dan wc. Menggunakan keramik khusus. Sementara itu, parket adalah material kayu yang dipakai untuk membuat lantai. Lantai parket cocok untuk lokasi rumah yang berada di daerah dingin.

    1. Produk Depo Bangunan – Tools & Hardware

    Kelompok produk ini terdiri dari perkakas bangunan, seperti gergaji, obeng, alat pengukur, boor manual, palu, dan lain sebagainya. Selain itu, juga perkakas eletronik dan otomotif.

    1. Produk Depo Bangunan – Electronic

    Produk-produk yang termasuk dalam kategori eletronik dan kelistrikan, antara lain kabel, stop kontak, skring, jack, fan, AC, generator, dan sejenisnya.

    1. Produk Depo Bangunan – WC & Sanitary

    Produk yang termasuk kelompok ini adalah wastafel, keran, shower, pompa air, bathub, pemanas air, pralon dengan aneka bentuk dan sebagainya.

    1. Produk Depo Bangunan – Ligh & Lamp

    Lampu dan sejenis ada dalam kelompok ini. Selain lampu ada produk-produk yang berkaitan dengan pencahayaan seperti hiasan lampu.

    Kunci Sukses Bisnis Depo Bangunan

    Usaha Depo Bangunan memiliki masa depan cerah, asalkan Anda mampu menjalankan bisnis ini dengan benar. Berikut ini sedikit tips jitu mendirikan bisnis depo bangunan.

    1. Tips Sukses Membuka Usaha seperti Depo Bangunan – Pilih Kota Besar

    Buka Depo Bangunan Anda di kota besar. Disarankan memilih kota besar untuk menjalankan bisnis depo bangunan. Contohnya di Depok, Bekasi, Surabaya, atau minimal ibu kota provinsi. Alasannya dinamika pembangunan di kota besar lebih bagus dan stabil daripada di daerah. Di kota besar, biasanya terdapat pembangunan perumahan dan properti lain, seperti ruko, perkantoran. Developer dan kontraktor tentunya butuh stock material yang banyak untuk menunjang bisnisnya. Kontraktor inilah salah satu target pasar kita.

    1. Tips Sukses Membuka Usaha seperti Depo Bangunan – Sediakan Lahan yang Cukup

    Siapkan gedung yang luas. Salah satu modal utama bisnis Depo Bangunan adalah tempat usaha yang representatif dan luas. Bisnis ini memerlukan tempat yang luas guna memajang semua produk dagangan dari banyak produsen. Tempat yang luas dan lega membuat pelanggan merasanya nyaman datang ke depo bangunan Anda.

    Lokasi tak mesti di tengah kota, membuka Depo Bangunan di pinggir kota pun tak masalah, malah harga sewa lahan lebih murah ketimbang di tengah kota. Dengan beriklan gencar pasti pelanggan akan datang sendiri ke depo bangunan Anda.

    1. Tips Sukses Membuka Usaha seperti Depo Bangunan – Perhatikan Pelayanan

    Bangun image. Setelah Depo Bangunan Anda berdiri, tahap kedua adalah membangun image bisnis Anda, agar mendapat perhatian dari pelanggan. Kampanyekan kepada pelanggan kalau produk yang Anda jual lebih murah dari yang lain. Seiring membangun image, harus di-back up aksi nyata, yakni aneka layanan kepada para pelanggan dan supplier Anda.

    Demikianlah sekilas tentang bisnis Depo Bangunan, yang rupanya sedang nge-trend menjadi bisnis alternatif yang menjanjikan keuntungan besar. Stabilitas politik dan ekonomi negeri ini, menjadi bisnis Depo Bangunan ikut bergairah.