Cara Menata Ruang Kerja yang Kecil di Rumah

    Cara Menata Ruang Kerja yang Kecil di Rumah

    Apakah Anda masih WFH? Merasa tidak nyaman dengan desain ruang kerja? Saatnya melakukan cara menata ruang kerja yang sempit agar proses bekerja di rumah terasa nyaman.

    Ingin mempunyai desain ruang kerja pribadi yang nyaman, bisa menjadi impian dari sebagain besar orang. Jika Anda menginginkan ruang kerja yang nyaman, Anda bisa menerapkan cara menata ruang kerja yang sempit di rumah, lewat cara berikut ini.

    Berikut 5 Cara Menata Ruang Kerja yang Kecil di Rumah

    1. Pilih Furniture Berukuran Tepat

    Furniture yang tidak pas menjadikan kejanggalan di ruang kerja. Penggunaan kursi dan meja yang terlalu besar juga membuat ruangan menjadi sempit. Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah kursi dan meja berukuran tepat.

    Meja tersebut harus memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun memiliki banyak tempat penyimpanan. Anda juga perlu memilih kursi berukuran yang tepat. Alangkah baiknya Anda mengukur kursi terlebih dahulu sebelum membeli perabotan untuk ruang kerja. Jangan sampai ukurannya tidak sesuai dan perabotan yang sudah terbeli terbengkalai begitu saja.

    2. Memaksimalkan Fungsi Ruangan

    Bisa memanfaatkan semua bagian di ruangan kantor. Misalnya dengan memanfaatkan dinding ruangan untuk dijadikan tempat untuk menggantung segalanya. Dinding di ruang kerja misalnya, dapat dipakai untuk menyimpan berkas, buku, tanaman hias, dan lain-lain.

    Taruh tempat sampah agar bisa membuang barang yang sudah tidak digunakan, agar meja selalu terlihat rapi, jangan ada kabel yang terbengkalai di meja kerja. Cara mengatasinya mudah, buatlah lubang untuk menyelipkan kabel tersebut di bawah meja kerja.

    Ruang Kerja yang Nyaman

    3. Menata Ruang Kerja yang Kecil dengan menerapkan Cermin

    Menggunakan cermin besar pada dinding ruang kerja, bisa menjadikan cara tepat agar ruangan terasa lebih luas. Hal ini disebabkan oleh adanya pantulan dari cermin yang Anda pasang. Sehingga mampu mengesankan ukuran ruang kerja dua kali lebih besar dibanding luas

    4. Perhatikan Penempatan Jendela

    Ruang kerja harus bisa memberikan pencahayaan yang alami dan udara segar. Sehingga keberadaan jendela dan jenis ventilasi lainnya, amatlah penting. Sesuaikan ukuran jendela yang sesuai dengan ukuran ruang kerja.

    Jika memungkinkan, maka pilihlah ukuran jendela yang tidak terlalu besar. Tak hanya itu, Anda juga harus memerhatikan bentuk dari jendela yang digunakan. Dengan adanya cahaya dan udara yang selalu masuk, ruang kerja bakal terasa lebih lega dan nyaman.

    Menata Ruang Kerja

    5. Bermain dengan Dekorasi dan Desain Ruang Kerja

    Salah satu cara mudah dan efektif dalam membuat ruang kerja menjadi lebih menarik yaitu bermain dengan warna. Anda dapat melakukan kombinasi cat dinding, hingga melukis dinding ruang kerja sesuai keinginan pribadi. Jika ingin lebih simpel, cobalah memakai wallpaper dinding yang menarik. Pilih warna-warna yang cerah karena warna gelap akan membuat ruangan terkesan sempit. Selain itu, jangan pernah gunakan karpet karena akan menyulitkan kursi untuk bergerak.

    Itulah 5 tips dan cara menata ruang kerja yang sempit atau kecil, agar terlihat lebih luas dan nyaman saat bekerja dirumah. Semoga bermanfaat.