Cara Mendekorasi Kamar Agar Terlihat Indah dan Nyaman

    Cara Mendekorasi Kamar Agar Terlihat Indah dan Nyaman

    Cara Mendekorasi Kamar – Mengetahui cara dekorasi kamar yang mudah, bisa membantu siapa saja mendapatkan ruang pribadi yang diidamkan. Nah, siapa saja pasti menginginkan hal itu terwujud tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun bila tidak tahu caranya, pasti akan mati kutu memikirkan apa-apa yang harus dilakukan.

    Kamar merupakan tempat yang sangat penting untuk kita. Karena di kamar itulah kita dapat menghilangkan penat dan letih setelah seharian bekerja. Tidak hanya itu, kamar pun bisa dijadikan tempat yang banyak memberikan inspirasi. Suasana kamar yang nyaman dan menyenangkan dapat memberikan ketenangan kepada pikiran penghuninya, sehingga berbagai ide dan energi positif muncuk. Oleh karena itu, sangat masuk akal jika kita menginginkan tempat yang sangat privacy tersebut dengan dekorasi yang indah dan menyenangkan.

    Namun pertanyaannya, bagaimana cara dekorasi kamar yang menyenangkan dan cocok dengan selera kita? Apakah dekorasi kamar tersebut hanya berlaku untuk kamar-kamar besar dan bagus seperti yang di majalah-majalah? Sedangkan kamar yang kita miliki dan tempati sehari-hari adalah kamar dengan ukuran sedang dan biasanya saja? Jangan khawatir, jika sedikit kreatif kita dapat menciptakan suasana kamar seperti dekorasi kamar-kamar di hotel berbintang dan rumah-rumah mewah. Idenya adalah kecermatan memilih warna dan furniture pengisi kamar. Oleh karena itu, mari kita simak uraian  berikut ini.

    Cara Mendekorasi Kamar – Ada beberapa cara dan trik mendekorasi kamar yang dapat memberikan kenyamanan dan kesan indah kepada kamar kita. Mendekorasi kamar dapat disesuaikan dengan kepribadian, selera akan warna, kondisi kamar, atau hobi.

    1. Cara Dekorasi Kamar Berdasarkan Kepribadian

    Cara Mendekorasi Kamar – Jika akan mendekorasi kamar sesuai dengan kepribadian Anda, maka pikirkan terlebih dahulu kepribadian yang seperti apa yang menonjol? Apakah  termasuk pribadi yang ceria, suka menyendiri, elegan, perfeksionis, tomboy, dan lain-lain. Setelah itu, Anda dapat mendekorasi kamar sesuai dengan cara-cara berikut ini.

    1. Tipe klasik

    Jika termasuk orang yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat klasik, maka Anda dapat mendekorasi kamar dengan warna-warna yang dominan putih,  dipadupadankan dengan warna-warna hitam. Misalnya menggunakan seprei dan sarung bantal yang berwarna putih. Usahakan warna putih lebih dominan. Gunakan pula gorden warna putih. Begitu pula dengan dinding kamar dicat putih. Warna putih akan memberikan kesan luas dan bebas. Agar warna tidak terlalu monoton, dapat memilih tempat tidur atau lemari yang berwarna hitam.

    1. Tipe Elegan

    Orang yang elegan, cenderung menginginkan sesuatu yang memberi kesan mewah namun tidak berlebihan. Sesuatu yang pas dalam segala ukuran dan penilaian. Jika Anda termasuk tipe ini, maka pilihlan warna-warna yang memberikan kesan mewah, seperti kuning emas, merah tua atau merah hati, biru tua, coklat tua, putih, dan hitam. Anda dapat memilih dan menggunakan wallpaper pada dinding kamar dengan warna kuning emas, atau coklat yang dipadu dengan warna keperakan. Pilih warna gorden merah tua yang dipadukan dengan warna kuning emas. Gunakan seprei bermotid dengan warna putih yang dipadukan dengan selimut berwarna coklat, akan memperkuat kesan elegan pada diri Anda.

    1. Feminim

    Bagi Anda yang mempunyai kepribadian feminim, ada baiknya jika dalam mendekorasi kamar memilih warna-warna yang feminim, seperti merah jambu, biru muda, ungu, ataupun warna-warna pastel. Anda dapat memadukan dengan warna ungu, hitam, dan putih pada dinding kamar. Gunakan karpet berwarna ungu yang senada dengan salah satu warna dindingnya, termasuk warna gorden yang dikombinasikan dengan warna putih. Warna ungu, akan memberikan kesan bahwa Anda sangat feminim. Dapat juga memilih warna lain seperti kuning terang yang dipadukan dengan warna putih dan hijau cerah.

    1. Tipe Petualang

    Seseorang yang berjiwa petualang, biasanya sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan nuansa etnik dan alam. Anda dapat mendekorasi kamar dengan memilih wallpaper bermotit etnik tertentu. Dapat juga memilih warna hitam dan coklat tua sebagai pilihan untuk mengecat dinding kamar. Untuk menghindari kesan gelap, gunakan gorden dan seprei yang berwarna putih. Selain itu dapat memilih tempat tidur dengan warna coklat tua dan motip belahan-belahan kayu. Lukisan dan beberapa hiasan dinding berbau etnik, dapat digantungkan di salah satu dinding sehingga kesan petualang pada diri Anda dapat melekat kuat.

    1. Tipe Maskulin

    Maskulin sangat identik dengan pria yang macho, berotot, tegas, dan bersahaja. Untuk Anda yang termasuk tipe maskulin dapat memilih warna biru tua, hitam coklat tanah, dan putih untuk memberikan kesan cerah pada dinding kamar. Gorden bermotif dengan warna dominan hitam yang dipadukan dengan warna coklat dan putih akan mempertegas kepribadian Anda. Dapat pula menggunakan seprei bermotif geometris dengan warna coklat tua berpadu putih. Karpet dengan warna kombinasi coklat hitam akan memberikan kesan serta suasana yang mantap dan tegas. Untuk kamar bergaya maskulin biasanya tidak terlalu banyak bermain warna. Paling tidak cukup dua warna yang mendominasi dan itu bisa berupa warna cat, korden, sprei atau karpet bila ada.

    1. Cara Dekorasi Kamar Berdasarkan Nilai Estetika

    Cara Mendekorasi Kamar – Selain berdasarkan kepribadian, Anda pun dapat mendekorasi kamar tanpa menghiraukan bagaimana kepribadian Anda. Yang diutamakan adalah hanya kenyamanan dan keindahan saja. Jika memang berniat demikian, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut:

    1. Luas

    Luas kamar merupakan faktor utama untuk mendekorasi kamar. Jika kamar berukuran luas, mungkin tidak terlalu kesulitan untuk mendekorasi dan menempatkan furniture yang akan digunakan. Begitu juga dengan tata ruang dan tata warna. Intinya kamar yang luas tidak terlalu sulit untuk didekorasi. Namun, jika ukuran kamar sempit harus memilih warna cat dinding yang bisa memberi kesan luas, seperti warna putih. Pilih furnitur yang simetris dan tidak terlalu besar.  Untuk memberikan kesan luas, Anda dapat menempatkan cermin besar polos pada salah satu dinding.

    1. Cat

    Gunakan cat polos untuk ruangan-ruangan yang bersifat umum, seperti ruang keluarga, ruang perpustakaan, dan ruang dapur. Tujuannya untuk memberikan kesan luas pada tiap ruangan. Jika ingin menggunakan cat bertekstur, gunakan pada ruangan-ruangan tertentu, seperti ruang tamu, dan kamar tidur. Penggunakan cata bertekstur akan memberikan kesan sempit kepada ruangan.

    1. Wallpaper

    Jika akan menggunakan wallpaper, pilih wallpaper yang sesuai dengan warna dasar cat polos yang Anda gunakan. Akan lebih baik lagi jika dipadupadankan dengan berbagai furnitur yang di gunakan atau sudah ada.

    1. Batu alam

    Jika ingin menggunakan atau menambahkan batu alam, sebaiknya digunakan pada dinding luar seperti dinding teras, halaman depan, atau halaman belakang. Penggunaan batu alam akan memberikan kesan suasana yang tenang, sejuk, dan alami.

    Cara Mendekorasi Kamar – Jadi, apakah Anda akan mendekorasi kamar sesuai keperibadian atau hanya dengan memerhatikan keindahan dan kenyamanan? Apapun yang dipilih, tentunya pemberian suasana yang nyaman sebaiknya menjadi pilihan utama kita. Atau sebaiknya kita memiliki agenda merubah dekokasi kamar dalam periode waktu tertentu. Selain untuk memberikan suasana baru, mengubah-ubah tatanan isi kamar bisa memberikan kesenangan tersendiri. Menata pernak-pernik, menggeser meja, kursi, meja rias dan lain-lain.

    Tentunya semua itu bisa dilakukan bila Anda sudah memiliki referensi dan cara dekorasi kamar. Silahkan mencoba.