Cara Merenovasi Rumah Tipe 21

    Cara Merenovasi Rumah Tipe 21

    Cara Merenovasi Rumah Tipe 21 – Tingkat kebutuhan manusia terhadap rumah tampaknya kian lama kian meninggi. Hal ini dilihat begitu banyaknya developer membangun perumahan. Namun bila kita ingin membeli rumah di komplek perumahan terkadang ada yang sudah menentukan patokan desainnya atau tidak. Inilah umumnya yang terjadi pada rumah tipe 21. Karena itu, sebelum membeli, cobalah untuk menanyakan bisa tidak desainnya diperbaiki sesuai dengan keinginan Anda.

    Rumah tipe 21 adalah tipe rumah yang memiliki luas tanah dengan ukuran antara 60 sampai dengan 70 meter. Dengan luas tanah yang kecil ini, tak sedikit orang yang bingung bagaimana mengatur rumahnya. Namun tetap saja, rumah tipe 21 bisa didesain menjadi dua kamar atau tetap dengan ukuran standar menjadi satu dapur, satu kamar mandi, ruang keluarga dan ruang tamu.

    Pesan Penting Sebelum Renovasi Rumah
    Umumnya, yang memilih rumah tipe 21 adalah keluarga yang baru menikah atau baru memiliki anak satu yang masih kecil. Ini menjadi target pilihan mereka, karena tujuannya yang penting memiliki rumah. Namun bila ingin merenovasinya, penulis ingin berbagi saran:

    1. Tak sedikit pemilik rumah 21, ketika ia ingin merenovasi rumahnya tanpa
    pikir panjang. Ia langsung merenovasinya hingga ke jalan atau batas parit. Selain melanggar aturan, ini bisa membuat tikus makin mudah masuk ke dalam rumah. Pasalnya, jalan tikus sudah diambil alih. Parit atau selokan adalah tempat biasanya tikus berserang. Tak hanya itu, rumah pun menjadi makin sumpek. Halaman tetaplah perlu, sebagai sumber udara dan tempat bertanam sedikit. Di sinilah nantinya jalur sinar matahari masuk ke dalam rumah.

    2. Sebelum meninggikan rumah menjadi bertingkat, maka lihatlah pondasinya terlebih dahulu. Apakah bisa dibuat pondasi bertingkat atau tidak? Lihat juga seberapa kuat pondasi yang ada.

    3. Halaman rumah jangan dibeton seluruhnya. Ini bisa menyebabkan air tidak masuk ke dalam tanah. Jika hujan deras bisa mengakibatkan banjir, dan jika musim kemarau tiba akan membuat rumah menjadi makin panas.

    4. Jangan menutupi bagian belakang rumah secara keseluruhan hingga batas pagar. Karena ini bisa menyebabkan tidak adanya udara yang masuk. Berikanlah sedikit lokasi kosong untuk tempat masuknya udara.

    5. Di setiap kamar, diusahakan ada jendelanya. Tujuannya, agar udara masuk di pagi dan siang hari ketika jendela kamar dibuka.

    6. Bila sudah menempati rumah selama lima tahun, gantilah jaringan kabel listriknya. Ini penting dilakukan agar tidak menyebabkan terjadinya kebakaran karena arus pendek. Biasanya, pengembang atau developer hanya membuat jaringan listrik yang penting ada, bukan memikirkan kondisi di belakang hari.

    Siapa pun mengakui bahwa renovasi rumah dengan tipe 21 sangatlah sulit. Namun bukan tidak bisa. Luas tanah memang menjadi permasalahan yang utama. Salah satu caranya adalah dengan membuat rumah menjadi bertingkat. Namun ini perlu dikaji dengan seksama tentang pondasinya. Bisa dibuat pondasi tingkat atau tidak?

    Cara Merenovasi Rumah Tipe 21

    Bila Pondasi Rumah Tak Kuat Untuk Ditingkat
    Cara Merenovasi Rumah Tipe 21 – Jika kondisi rumah tak memungkin untuk ditingkat lantaran pondasinya tidak kuat, maka langkah perenovasian hanya perubahan sedikit saja. Paling-paling perluasan kamar jika di samping atau di depannya terdapat tanah kosong. Namun bila tidak ada juga, maka yang paling penting diingat adalah, jangan letakkan perabotan yang banyak di dalam rumah. Jika diletakkan perabotan di dalam rumah, maka akan terlihat makin sempit.

    Nah, dengan tanpa perabotan yang banyak, rumah tipe 21 Anda bakal terliat lapang dan jelas. Plus, Anda pun tak susah untuk membersihkannya. Karena itu, perenovasian hanya bisa dilakukan dari sisi kamar saja. Sedangkan untuk peningkatan, jika pondasi yang dibangun sebelumnya oleh pengembang tidak kokoh, jangan paksakan untuk melakukan peningkatan.

    Jadi, jika Anda hanya keluarga kecil dan sederhana, maka tipe rumah 21 tetap cocok, asal rumah tidak diisi dengan barang-barang yang tidak penting. Namun jika ingin memiliki banyak keturunan lebih baik cari rumah yang agak besar. Pasalnya, untuk satu anak saja pun tipe rumah 21 juga bakal terlihat sempit ketika anaknya sudah mulai beranjak besar.

    Bila Pondasi Rumah Kuat untuk Ditingkat
    Jika Anda ingin merenovasi rumah dengan kondisi bertingkat, maka bangunlah di lantai dasar atau lantai satu tanpa ada kamar dan dinding penyekat lagi. Tak ada lagi tembok dan dinding yang menutupi. Jadikan ia sebagai ruang tamu dan ruang keluarga yang hanya dibatasi dengan lemari transparan yang biasa digunakan untuk tempat perabotan.

    Pengubahan fungsi ruangan dilakukan untuk kebutuhan penghuni rumah. Sedangkan kamar yang selama ini terletak di lantai dasar dipindahkan berada di lantai dua. Lalu teras yang ada bisa dibangun sebagai ruang tamu minimalis. Bila sudah tidak ada tamu, bisa dimanfaatkan untuk tempat bermain anak dan parkir kenderaan sepeda motor. Di ruang tamu tersebut, kursi dan meja yang digunakan adalah kursi dan meja plastik. Bila tamu sudah tidak ada, maka meja dan kursi dipindahkan ke ruang keluarga.

    Ruang keluarga yang selama ini kecil menjadi besar, namun di situ juga dimanfaatkan sebagai ruang belajar anak dan ruang makan. Karena itu, penggunaan televisi pun mesti ada aturannya. Saat anak-anak sedang belajar, televisi tidak boleh dinyalakan.

    Atau, Anda pun bisa membuat ruang keluarga, ruang belajar anak dan satu kamar tidur di atas. Sedangkan di bawah tetap ada satu kamar tidur. Sedangkan halaman belakang bisa dimanfaatkan untuk perluasan dapur. Pemilihan lokasi kesesuaian hanya ada ada di tangan Anda. Sukanya kamar berderet, maka kamar semuanya berada di lantai dua. Bila ingin satu di atas dan satu di bawah, maka konsepnya seperti yang dijelaskan.

    Yang paling penting, septic tank taruhlah di bagian belakang rumah. Jangan terlalu dekat pompa air, karena bisa mengakibatkan pencemaran air. Kamar mandi bila dirasa terlalu kecil, maka cobalah untuk membesarkannya jika memang memungkinkan.

    Mengingat hampir seluruh rumah di Indonesia sudah memakai mesin cuci, maka kondisi kamar mandi yang kecil dan hanya cukup untuk mandi tak lagi menjadi persoalan penting. Yang paling penting, jika ingin menaruh perabot, taruhlah di lokasi yang tak membuat jalan menjadi sempit. Keindahan rumah hanya terletak pada kemampuan Anda mendesainnya lebih indah dan menarik.

    Yang paling penting, bagi umat Islam, rumah akan tampak selalu indah bila selalu dihiasi dengan bacaan-bacaan al-Qur’an. Karena yang mampu menimbulkan keindahan adalah Allah Swt. Maka dari itu, jangan pernah rumah Anda sepi dari baca al-Qur’an. Jika pun Anda tidak bisa cobalah untuk menghidupkan bacaan-bacaan al-Qur’an melalui kaset atau DVD.

    Bacaan-bacan al-Qur’an bisa membuat rumah menjadi sejuk saat dipandang dan membuat orang yang berkunjung merasa nyaman. Pasalnya, tak ada mahluk lain yang berani mengganggu. Karena Allah Swt. sudah menjanjikan perlindungan terhadap rumah yang penghuninya selalu membaca al-Qur’an.

    Cara Merenovasi Rumah Tipe 21 – Jadi, masalah renovasi rumah dengan tipe 21 tergantung pada keinginan sendiri. Apa yang penulis ungkapkan adalah berdasarkan apa penulis saksikan dan juga rasakan. Semoga berbagi ilmu ini memberikan berkah kepada penulis dan sobat semua. Kunjungi Sannur Arsitek.