Dekorasi Rumah Kecil Sederhana Agar Terlihat Luas

    Dekorasi Rumah Kecil Sederhana Agar Terlihat Luas

    Membuat desain dekorasi rumah kecil merupakan satu langkah awal menghias dan menata rumah agar terlihat luas. Dengan membuat dekorasi pas dan tepat bagi sebuah rumah kecil, maka kita mencoba untuk mendandani rumah agar mempunyai penampilan lebih baik dari sebelumnya. Bahkan jika perlu lebih baik dari rumah orang-orang di sekitarnya. Hal ini merupakan sikap dasar manusia yang selalu ingin tampil beda dengan yang lainnya, bahkan lebih baik dari yang lainnya.

    Kreatif

    Kreativitas memang sangat dibutuhkan agar rumah kecil itu tidak terlihat semakin kecil. Tidak jarang ruamh kecil malah seperti gudang karena menumpuknya barang. Ukuran dan potensi kerusakan ketika akan dipindahkan, juga harus dipikirkan. Jangan sampai ketika ada niat mengubah dekorasi rumah malah merusak perabotan yang sudah ada. Sangat dianjurkan membeli barang dengan kualitas baik agar barang tersebut bisa bertahan lama.

    Pada saat akan membeli perabotan, seharusnya telah diketahui bentuk dan luas rumah agar perabotan itu cocok dan pas diletakkan di rumah yang akan ditempati tersebut. Kalaupun sudah ada perabotan yang didapat dari warisan, mau tidak mau, perabotan itu harus diletakkan di rumah yang kecil padahal ukurannya cukup besar. Cara mensiasatinya adalah dengan menggunakan perabotan itu sebagai dinding pembatas. Jika ternyata masih terlalu besar, letakkan perabotan di sudut ruangan.

    Mempunyai perabotan warisan yang besar itu memang serba salah. Kalau mau dijual, nilai sejarahnya tinggi. Dipertahankan, tidak cocok dengan ukuran rumah. Solusi yang lain adalah, tukar perabotan itu dengan saudara yang juga mendapatkan warisan. Tetapi sesungguhnya, sejarah itu ada di hati. Jika memang sulit mempertahankannya, tidak menjadi masalah dijual atau tukar tambah dengan toko langganan atau toko yang mempunyai perabotan yang lebih pas dengan ukuran rumah.

    Hal Penting Saat Dekorasi Rumah Kecil

    Secara umum, jika rumah mempunyai luas yang cukup semisal ukuran tipe 70, tidak ada permasalahan pada aspek dekorasinya. Apapun dapat dijadikan sebagai bagian pembentuk dekorasi rumah. Tetapi, untuk rumah kecil, maka masalah dekorasinya sungguh harus diperhatikan dengan saksama. Jika tidak, maka hal tersebut menjadi gangguan yang serius.

     

    Rumah kecil tidak mungkin dapat menampung perabot yang bebas. Ada keterbatasan yang harus dipahami, misalnya terkait dengan bentuk dan ukurannya. Jika salah bentuk atau ukuran, maka ruangan yang sempit akan semakin sempit dan terasa sesak serta menjadikan perasaan dan pikiran tidak nyaman. Oleh karena itulah, ada yang harus memperhatikan. Hal-hal penting yang harus dipertimbangkan dalam upaya mendekorasi rumah dengan ukuran kecil, Sannur akan membahas itu:

    1. Furniture

    Furniture adalah perabotan yang harus ada di setiap rumah, baik barang besar maupun kecil. penempatan perabot rumah menjadi simbol citra diri pemilik rumah. Semakin bagus kualitas furniture yang dipilih untuk hiasan interior rumah, maka citra diri akan terangkat sendirinya. Karena itulah, sebaiknya memilih dan memakai furniture yang sesuai, yaitu yang berukuran kecil juga. Bila perlu furniture yang serba guna atau multi fungsi.

    Misalnya, sebuah meja yang digunakan untuk menyetrika juga digunakan sebagai meja makan dan meja belajar serta tempat penyimpanan beberapa benda ukuran kecil karena meja tersebut mempunyai laci yang cukup besar. Sofa juga bisa berfungsi sebagai tempat tidur. Tempat duduk juga digunakan sebagai tempat menyimpan sepatu karena di dalamnya terdapat rongga yang cukup luas. Semua barang mempunyai beberapa fungsi.

    Dengan furniture berukuran kecil, maka kelihatan simpel dan tidak banyak memakan tempat. Hal tersebut sesuai dengan rumah kecil yang ruangannya sempit. Dihindari menggunakan furniture berbentuk bulat dan lebar. Gunakan furniture dengan bentuk persegi panjang dengan warna yang lembut atau sedikit cerah agar ruangan tampak lebih besar.

    2. Gorden

    Gorden merupakan perabot rumah tangga yang difungsikan sebagai penutup jendela kaca rumah. Gorden tersebut dipasang sebagai penutup jendela kaca sehingga tidak bisa dilihat orang dari luar, terutama pada saat malam hari. Gorden juga bisa difungsikan untuk hal lainnya yaitu sebagai hiasan ruangan. Dengan adanya gorden, maka ruangan menjadi lebih indah.

    Oleh karena itu, penghuni rumah harus mempunyai kemampuan untuk menentukan jenis gorden yang akan dipakai terkait dengan dekorasi rumah kecil. Untuk urusan gorden ini, sebaiknya memakai gorden yang tidak terlalu ramai rumbai-rumbainya. Kain yang digunakan juga tidak terlalu tebal. Warnanya pilih yang lembut dan tidak terlalu tua. Sesuaikan dengan warna meja, kursi, dan dekorasi lain di ruang tamu.

    Pilih gorden yang rumbainya minimalis sehingga mampu mendukung kesan sempit pada bagian tersebut. Untuk masalah warna gorden juga harus dipertimbangkan, pakailah warna yang terang. Warna gelap hanya memberikan kesan sempit. Sedangkan warna terang memberikan kesan luas.

    3. Jendela ruangan

    Untuk jendela rumah sebagai dekorasi rumah ukuran kecil, sebaiknya menggunakan jendela dengan ukuran yang lebar. Dengan ukuran yang lebar, maka dapat memunculkan kesan luas. Jendela tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan kesan bagus dan tidak murahan.

    4. Warna dinding

    Pilihan warna juga sangat berpengaruh pada dekorasi rumah ukuran kecil. Setidaknya dalam hal ini, disarankan jangan memakai warna warna gelap. Warna gelap akan menghadirkan kesan sempit, padahal yang diinginkan adalah tampilan yang luas walaupun sempit. Oleh karena itulah, maka warna-warna cerah digunakan untuk ruangan-ruangan ini.

    Warna memang salah satu aspek yang dapat mempengaruhi dekorasi ruang rumah. Jika Anda ingin segalanya netral, dapat berperan secara umum, maka pilihan cat warna putih adalah yang terbaik. Warna putih merupakan warna yang bisa berperan untuk semua kondisi ruangan dan bisa terlihat elegant. Dengan menggunakan warna dasar putih, maka ruangan akan terlihat lebih luas.

    Begitulah yang seharusnya dilakukan pada saat membuat dekorasi rumah kecil. Kita harus membuat kesan luas pada ruang yang sempit dan hal tersebut bisa kita setting dengan permainan perabot rumah dan warna-warna. Semoga bermanfaat !

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *