Desain Arsitek Rumah dari Masa ke Masa

    Desain Arsitek Rumah dari Masa ke Masa

    Desain arsitek rumah – yang sekarang ini sedang menarik perhatian banyak orang adalah rumah berdesain arsitektur minimalis. Tren rumah desain arsitektur minimalis yang merupakan gaya modern ini, baru masuk ke Indonesia pasca tahun 1990-an.

    Sebelumnya, gaya-gaya arsitek rumah di Indonesia cenderung menggunakan prinsip arsitektur klasik yang telah ada sejak zaman belanda pasca UU Agraria tahun 1870. Saat itu, gaya rumah cenderung bergaya kubus sehingga kaku bahkan tidak ada nilai seni dan estetika.

    Gaya arsitektur rumah minimalis merupakan konsep konstruksi modern yang mengikuti pedoman “form follow function”. Pembuatan bentuk suatu ruang (unsur filosofi dan estetika) didasarkan pada fungsinya, sehingga keefisiensiannya dapat dirasakan. Tujuan dari desain arsitektur rumah minimalis ini sebenarnya agar penataan ruang dapat secara mudah dan apik ditata dan ruangan lebih terlihat cantik, khususnya bagi rumah yang bertipe kecil atau sedang.

    Gaya desain arsitektur rumah minimalis, sekarang ini marak sekali ditawarkan kepada masyarakat, khususnya pada perumahan (komplek atau residence). Bahkan, karena terlalu menarik perhatian masyarakat indonesia, kita bisa menyaksikan beberapa orang mengalihkan desain rumahn klasiknya menjadi minimalis.

    Pada dasarnya, desain arsitektur rumah minimalis biasanya dibuat dengan garis-garis horisontak dan vertikal saja. Sudut-sudut ruangan juga dibuat secara sederhana dan memiliki fungsinya tersendiri. Selain itu, ornamen-ornamen rumah juga dibuat tidak terlalu banyak. Kursi, meja, lampu, hiasan dinding, warna dinding, dan lain sebagainya dibuat dengan sederhana yang tentu saja mengikuti konsep dari desain rumah yaitu minimalis. Hal inilah yang membuat semua orang beralih ke desain rumah minimalis.

    Pergeseran Paradigma Desain Rumah Minimalis

    Pada mulanya desain arsitektur rumah minimalis dirancang dalam konsep “form follow function” oleh penggagasnya. Konsep ini untuk menyiasati performa hunian agar terlihat bagus walaupun hanya dengan biaya yang tak terlalu mahal. Hal ini kemudian menjadi ikon model rumah-rumah modern saat ini.

    Beberapa penggagas tersebut adalah Le Corbusier, Louis Sullivan, Frank Lloyd Wright, dan Mies Van de Rohe. Kemudian setelah merebaknya tren desain rumah tersebut, orang-orang dari kalangan menengah ke atas (middle-up) tertarik dan membuatnya dengan standar yang “berkelas”.

    Dengan adanya fenomena tersebut, kini fungsi rumah minimalis itu sendiri telah tereduksi, seperti konsep rumah minimalis di Indonesia yang cenderung menggunakan genteng karena iklim tropisnya. Dikatakan tereduksi karena konsep arsitektur rumah minimalis tak lagi seutuhnya mengikuti konsep awal penggagasnya tersebut. Namun itu sah-sah saja, selagi rumah tersebut dapat membuat penghuninya aman dari panas dan hujan.

    Para pengagas konsep minimalis ini memang tidak sepenuhnya dianut oleh beberapa orang yang memiliki pandangan sama akan sebuah arsitektur. Hal inilah yang kemudian menjadikan banyaknya campuran gaya pada desain minimalis sehingga konsep minimalis yang digagas oleh Le Corbusier, Louis Sullivan, Frank Lloyd Wright, dan Mies Van de Rohe tidak seta merta dipakai dalam setiap desain rumah minimalis modern saat ini.

    Seperti yang sudah banyak diketahui, desain rumah minimalis saat ini lebih bervariasi adanya. Walaupun tetap menggunakan konsep minimalis yang digagas oleh para pencetusnya, desain minimalis saat ini dimodifikasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini.

    Tipe Desain Rumah Minimalis

    Desain Arsitek Rumah – Ada banyak tipe rumah minimalis. Saat ini kita bisa menemukan rumah minimalis sederhana, bertingkat dua atau bertingkat tiga. Tipe rumah pun beragam mulai dari tipe 27, tipe 36, tipe 45 dan lain-lain.

    Setiap kota di Indonesia memiliki konsep rumah minimalis yang berbeda-beda, khususnya di kota-kota besar. Para kontraktor telah beralih menawarkan desain rumah minimalis bagi masyarakat. Desain rumah arsitektur minimalis yang saat ini banyak peminatnya adalah desain arsitektur rumah minimalis Bali.

    Desain rumah minimalis bergaya Bali merupakan desain rumah yang memang banyak disuaki oleh masyarakat saat ini. Tidak hanya memberikan desain rumah yang sederhana dan tidak banyak memerlukan biaya, desain arsitektur rumah bergaya Bali pun dipilih karena lebih menyeimbangkan antara alam dan lingkungan.

    Desain rumah minimalis bergaya Bali biasanya akan menggunakan material dari alam yang tentu saja membuat kesan rumah tampak lebih seimbang. Keseimbangan antara alam dan juga rumah menjadikan tempat hunian tersebut sangat layak untuk dijadikan sebagai rumah idaman.

    Tidak hanya itu, rumah dengan konsep minimalis bergaya Bali juga mampu menyelaraskan konsep modern yang penuh dengan segala hal yang menjadi tren dengan konsep alam yang memberikan nuansa tersendiri di dalamnya.

    Rumah dengan desain minimalis dan bergaya Bali juga biasanya mampu menyeimbangkan sumber daya alam secara alami dengan komponen-komponen yang ada dalam rumah. Misalnya, penggunaan lampu yang menjadi salah satu peralatan dalam rumah diseimbangkan dengan penataan cahaya matahari sebagai sumber daya alam yang murni. Hal ini bisa diselaraskan dengan penataan dan penggunaan jendela yang diletakkan ditempat yang strategis.

    Selain itu, luas dari sudut-sudut ruangan juga memberikan nuansa alami bagi penghuni rumah yang bisa disiasati dengan penggunaan oranmen rumah, peletakkan komponen rumah, dan juga tata ruangan yang diatur sedemikian rupa

    Tren rumah Pasangan Muda

    Maraknya tawaran serta daya tarik desain rumah minimalis, menarik perhatian pasangan muda yang ingin memiliki hunian nyaman sederhana karena bentuk serta gayanya yang telah menjadi tren masa kini. Bagi pasangan muda yang baru menikah dan ingin memiliki tempat tinggal, tipe rumah minimalis sangat cocok karena keefisiensian dan kesederhanaan bentuknya terlebih ber-”prestise” tinggi.

    Tentu saja pemilihan rumah bagi keluarga muda disesuaikan dengan kocek yang dimiliki. Saat ini tren rumah tipe minimalis tak hanya diperuntukkan bagi keluarga sederhana, namun juga telah merambah menjadi gaya hidup mewah untuk beberapa kalangan. Alasan pasangan muda memilih desain rumah minimalis karena jumlah anggota keluarga masih sedikit sehingga belum banyak membutuhkan ruang yang besar dalam aktivitas kesehariannya.

    Selain itu, desain arsitektur rumah minimalis pun membebaskan bagi pasangan muda yang penuh kreatifitas mengembangkan seni, ide, dan gagasannya untuk bisa diimplemetasikan ke dalam desain rumah yang akan dirancangnya.

    Dengan biaya pembangunan yang tidak setinggi rumah bergaya klasik dan juga ornamen-ornamen rumah yang tidak begitu banyak, menjadikan rumah dengan desain minimalis sangat cocok bagi pasangan muda yang modern seperti saat ini.

    JASA DESAIN ARSITEK RUMAH

    Apabila Anda membutuhkan Jasa Desain Arsitektur Rumah atau informasi- informasi lebih lengkap mengenai Desain Arsitektur Rumah silahkan kunjungi Website kami sannurarsitek.com atau jika ingin langsung berkonsultasi dengan team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 082132343879