Desain Eksterior Rumah Minimalis – Jendela dan Tembok

    Desain Eksterior Rumah Minimalis – Jendela dan Tembok

    Desain Eksterior Rumah Minimalis – Kehadiran berbagai macam desain eksterior rumah melahirkan peluang-peluang untuk mengeksplorasi ruang, entah dindingnya, jendelanya, pintunya, atap dll. Misalnya dengan membuat ruang makan di teras belakang, menyatu dengan taman, membuat kolam renang dekat dengan ruang keluarga, dan masih banyak cara-cara yang dipakai masing-masing orang. Tentu saja kehadiran para pakar desain eksterior rumah memungkinkan menataan ruangan menjadi lebih efektif, efisien dan tentu saja terasa lebih indah. Selain itu dengan perhitungan yang cerman, eksterior rumah akan terlihat tidak saja indah tapi juga nyaman untuk penghuni dan tamu yang berkunjung. Hal ini semakin mengukuhkan fungsi rumah yakni tempat beristirahat dan menghabiskan sebagian besar waktu para penghuninya.

    Untuk memenuhi konsep yang diinginkan, tak jarang di antara mereka memakai jasa desainer interior, eksterior rumah, atau jasa tukang yang membutuhkan dana tersendiri. Namun, bagaimana jika Anda menginginkan sentuhan baru pada ruangan tanpa harus mengeluarkan dana yang besar juga tanpa jasa desainer interior dan eksterior rumah? Kalau saja mau sedikit meluangkan waktu, hal itu bukan mustahil bisa anda wujudkan.

    Anda tak perlu merasa khawatir atau pun putus asa, sebab masih ada alternatif tepat yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memaksimalkan peran dari bagian rumah atau ruangan yang sering dan mudah terlihat setiap saat, misalnya jendela dan dinding rumah. Bila anda memberikan sentuhan tersendiri terhadap bagian rumah ini, juga bisa menghadirkan suasana yang lain dan semakin menambah kenyamanan bagi anda yang menghuni rumah tersebut.

    Desain Eksterior Rumah Minimalis – Banyak buku dan majalah yang secara detail memberikan tips-tips bagaimana anda mulai mengerjakan detail pada jendela dan pintu ini misalnya, tanpa memerlukan biaya yang terlalu banyak. Namun demikian bila anda mengerjakannya dengan benar, niscaya sentuhan anda tersebut akan memberi kesan baru sehingga anda akan merasakan suasana yang segar dan baru. Hal-hal seperti ini memang harus sering anda lakukan agar keadaan rumah tidak monoton. Bahkan hanya dengan memindahkan lemari di dapur saja ke tempat yang berbeda misalnya, bisa memberikan suasana yang berbeda. Hal-hal detail seperti ini pula sebenarnya yang dilakukan oleh ahli desain interior dan eksterior.

    SENTUHAN PADA JENDELA

    Desain Eksterior Rumah Minimalis – Jendela di rumah adalah sesuatu yang menyita perhatian. Fungsinya sangat penting, yakni sebagai mediator antara luar dan dalam dan keluar masuknya cahaya dan udara segar. Agar jendela di rumah tampak berkesan, Anda harus memberi perhatian lebih dengan cara menatanya dengan baik dan memberi sentuhan-sentuhan sebagai bentuk perubahan secara rutin agar tidak monoton. Cukup dengan menyimpan tanaman-tanaman hias dan hijau serta berbunga di sekitar jendela misalnya, cukup memberi suasana baru sehingga anda akan semakin merasa nyaman berada di dalam rumah.

    Apapun konsep rumah Anda dan bagaimanapun jenis dan warna furniture, kehadiran tumbuhan sangat luwes untuk berbaur dengan material dan penataan pada ruangan di dalam (sekitar jendela). Selain bisa mempercantik jendela, tanaman juga menjadi penyejuk ruangan. Dengan demikian keadaan jendela menjadi lebih estetis melalui tanaman dan bunga-bunga di dekatnya. Dalam periode tertentu bunga-bunga ini bisa anda ganti, sehingga kesan segar dan baru selalu akan anda rasakan. Selain itu anda juga harus senantiasa memperhatikan kondisi fisik jendela itu sendiri. Perhatikan selalu kondisi cat atau pliturnya agar jangan tampak kusam dalam keadaan lama. Sesekali anda boleh mengganti warna cat jendela anda dengan warna yang lebih meriah misalnya sehingga akan tercipta suasana segar.

    Selain pertimbangan segi visual, kebutuhan tanaman akan sinar matahari dan udara segar dapat terpenuhi. Setidaknya disekitaran jendela menjadi lebih baik dibanding yang lain. Kesegaran bukan hanya milik ruang namun pikiran Anda-pun bisa menjadi segar.

    Berbagai alternatif bisa Anda lakukan agar tanaman berada di antara atau sekitar jendela, misalnya dengan menggantungkan tanaman atau membuat rak di depan jendela. Pot-pot dengan ukuran kecil dengan berbagai macam tanaman hias dan bunga bisa Anda tata.

    Rak bisa dibuat menggunakan material kayu dengan sapuan cat warna alam (coklat), namun tidak menutup kemungkinan jika Anda menginginkan cat warna yang disesuaikan dengan dinding atau furniture, hal tersebut tidak akan menghilangkan keindahan dan keasrian ruangan. Bila tidak suka dengan rak yang terbuat dari bahan kayu, anda bisa membelinya rak yang terbuat dari bahan besi. Di beberapa toko bunga biasanya tersedia juga rak besi untuk pajangan bunga ini, yang warna dan modelnya pun beragam. Anda bisa menyesuaikannya dengan konsep rumah anda sendiri. Di beberapa tempat, sering pula dijual rak bunga pajangan ini dari material rotan baik yang telah dicat coklat maupun dalam warna aslinya. Bila anda menyukainya bisa dicoba.

    Begitu pula dengan jenis bunga yang akan dipajang, tersedia beragam jenis bunga. Namun bila anda termasuk yang tidak terlalu telaten dalam hal mengurus bunga, pilihlan bunga-bunga yang tahan terhadap kekurangan air dan udara. Banyak macam ragam bunga yang cocok. Bila anda tidak tahu boleh tanya kepada para penjual bunga. Baik untuk digantung maupun dipajang di rak bunga, ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera. Bila anda lebih menyenangi suasana hijau segar, pilihlah jenis bunga yang berdaun lebat dan rimbun. Sementara bila anda lebih suka pada kelopak bunga yang cantik, banyak pula pilihan yang bisa anda coba.

    SENTUHAN PADA DINDING

    Desain Eksterior Rumah Minimalis – Ada banyak cara untuk mengisi dinding rumah Anda agar tidak nampak kosong, misalkan dengan menempelkan poster, foto, lukisan, hiasan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menempelkan rak mini dengan berbagai macam bentuk. Rak mini ini bisa berfungsi sebagai tempat memajang mainan, hiasan maupun untuk keperluan lain.

    Anda bisa memperhatikan rumah-rumah orang lain di majalah atau tabloid yang memperlihatkan bagaimana rak tempel yang fungsinya bukan hanya sebagai hiasan, namun berguna untuk menyimpan benda-benda atau koleksi, seperti sovenir, guci kecil, atau pigura foto. Dengan begitu, semuanya akan tertata dengan rapih dan dinding rumah Anda tidak kosong. Bila anda menyenangi, boleh saja menirunya dan dimulai dengan yang paling sederhana sehingga tidak perlu memanggil tukang untuk mengerjakannya.

    Desain Eksterior Rumah Minimalis – Sebenarnya menghias rumah memerlukan sentuhan seni tersendiri, sehingga tidak asal. Namun demikian bukan berarti orang awam tidak bisa melakukannya. Dengan semakin banyaknya buku dan majalah baik tentang interior rumah maupun tentang eksterior. Dari sanalah anda bisa mulai mempelajarinya. Bila ada bagian yang anda sendiri tidak bisa mengerjakannya, bolehlah dengan meminta bantuan tukang, tapi hanya untuk bagian yang anda sendiri tidak bisa mengerjakannya. Sisanya, sepanjang anda bisa mengerjakannya sendiri lebih baik anda kerjakan sendiri karena sebenarnya anda sendirilah yang paling tahu dengan rumah anda sendiri. Sentuhan-sentuhan yang dilakukan oleh anda sendiri lebih memungkinkan untuk menyesuaikan dengan selera anda sendiri, sehingga anda bisa menikmati hasil kreasi anda tersebut dan bisa menumbuhkan kepuasan tersendiri.

    Selamat berkreasi!