Tips Tips Desain Pintu Rumah

    Tips Tips Desain Pintu Rumah

    Desain Pintu Rumah – Selama ini pintu rumah sering dianggap sebagai benda yang fungsional saja, yaitu jalan masuk atau keluar, pembatas dari dunia luar, dan alat pelindung. Oleh karena itu, pintu (khususnya pintu rumah bagian depan dan belakang) biasa dibuat sekokoh dan sekuat mungkin.

    Pada dasarnya, pintu rumah memiliki fungsi tambahan selain yang disebutkan di atas. Pintu merupakan perwujudan karakteristik dan gaya komunikasi pemilik rumah. Pintu yang senantiasa tertutup menyatakan penghuni berusaha mengambil jarak atau bahkan menolak berkomunikasi. Pintu yang terbuka adalah pertanda bahwa penghuni siap berinteraksi.

    Desain atau rancangan pintu rumah pun mengeluarkan kesan tersendiri. Misalnya, pintu yang berukuran besar, berat, dan penuh ukiran akan menyampaikan kesan anggun atau mewah, tetapi bisa juga angkuh atau bahkan angker. Ada juga model pintu rumah yang terlihat lurus, sederhana, dan terkesan biasanya. Oleh karena itu, pilihlah model pintu rumah dengan seksama, supaya serasi dengan bentuk/model rumah dan mewakili kepribadian Anda.

    Desain Pintu pada Interior Rumah

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pintu merupakan sebuah interior rumah yang sangat penting adanya. Pintu menjadi suatu hal yang wajib karena fungsinya yang bisa menjaga dan melindungi rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan. selain itu, pintu juga berfungsi sebagai hiasan rumah yang ikut mengindahkan desain rumah tinggal.

    Dari fungsi pintu tersebut, ada satu fungsi pintu yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja, yaitu sebagai penyambug tamu dan mempengaruhi estimasi pertama tamu tentang keluarga si pemilik rumah. Gaya hidup, kepribadian, dan kebiasaan kelurga si pemilik rumah bisa terlihat dari pemilihan pintu dalam sebuah rumah. Jika pemilik rumah memilih untuk membatasi antar ruangan rumah dengan pintu maka hal tersebut jga bisa mencerminkan kepribadian si pemilik rumah.

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pintu merupakan salah satu faktor penentu cerminan dalam rumah dari luar. Pintu menjadi pusat perhatian ketika orang melihat sebuah rumah secara sepintas. Untuk itu, diperlukan desain pintu yang sesuai dengan keadaan dan kondisi rumah.

    Terdapat berbagai macam desain pintu yang beredar saat ini. Banyak desain pintu yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan rumah-rumah yang saat ini berkembang. Saah satu desain pintu pada interior rumah saat ini adalah desain pintu kaca. Desain pintu kaca saat ini memang tengah menjadi trend. Kaca sangat populer di beberapa interior rumah termasuk untuk pintu.

    Ada beberapa jenis dekoratif pintu kaca yang dapat dipilih sebagai penunjan keindahan dalam sebuah rumah. Kaca pintu dengan beberapa pola seperti kaca dengan motif bunga atau motif daun adalah pilihan terbaik untuk menciptkana kesan alami pada desain interior rumah. apalagi jika pintu kaca tersebut dipadupadankan dengan kayu. Kesan alaminya akan menjadi lebih kuat karena material pintu bernuansakan alam.

    Gaya desain pintu pada interior rumah juga tersedia dalam banyak pilihan, seperti desain pintu lipat dan lain sebagainya. Desain pintu lipat merupakan pilihan terbaik bagi rumah yang berukuran kecil. Pintu lipat ini tidak hanya bisa digunakan pada pintu-pintu ruangan penting, tetapi bisa juga digunakan pada kamar mandi yang luas ruangannya kecil.

    Desain pintu lipat ini akan menjadi pembatas yang cukup fleksibel untuk setiap ruangan yang ada dalam rumah. Jika pemilik rumah ingin menggunakan beberapa ruangan sekaligus dan ingin menggunakan ruangan yang lebih besar maka pemilik rumah tinggal membuak pintu lipat tersebut. Dengan begitu, beberapa ruangan akan bisa langsung terhubung. Dan apabila ruangan ingin dipisahkan kembali maka pintu bisa ditutup kembali.

    Selain desain pintu lipat dan pintu kaca, ada desain pintu lain yang bisa dipilih sebagai desain pintu pada interior rumah. Desain pintu tersebut adalah desain pintu geser.

    Pertama kali mendengar kata desain pintu geser, hal pertama yang terlintas mungkin rumah gaya Jepang yang khas. Ya, rumah Jepang biasanya memiliki kekhasan pintu rumah kertas yang digeser. Desain pintu geser memang desain pintu alternatif bagi rumah yang tidak memiliki ruangan yang cukup luas.

    Meskipun dapat digunakan sebagai pembatas ruangan yang cukup lebar, pintu geser ini tidak terlalu membutuhkan luas yang terlalu banyak ketika dibuka-tutup. Dengan begitu, desain pintu geser ini sangat cocok diaplikasikan untuk rumah yang berukuran kecil.

    Pemilik rumah dapat mengaplikasikan desain pintu geser sebagai pembatas antara ruang tidur dan kamar mandi dalam, sehingga dapat menghemat ruangan kamar tidur secara keseluruhan.

    Baca Juga Tip- Tips Mendesain Rumah Minimalis

    Desain Pintu Rumah dari Kayu

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pintu merupakan bagian dari rumah yang wajib ada. Selain sebagai jalan masuk, pintu juga berfungsi untuk memperindah bagian eksteriror rumah. mulai dari rumah-rumah berukran kecil hingga gedung-gedung megah semuanya berlomba untuk membangun pintu seindah mungkin.

    Pada umumnya, bahan pintu yang paling banyak digunakan adalah kayu. Meskipun tampilannya terlihat sederhana, tapi bukan berarti semua orang bisa membuat desain pintu kayu yang cantik.

    Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangakn untuk memasktikan kualitas pintu cukup kuat, kokoh, dan siap untuk digunakan diberbagai kondisi lingkungan rumah. Hal ini terlihat dari perbandingan antara pintu yang dibuat seadanya dengan pintu yang dibuat oleh seorang ahli. Tentunya, pintu yang dibuat oleh seorang ahlilah yang memiliki daya pakai lebih lama.

    Desain pintu yang terbuat dari kayu biasanya memiliki kelebihan-kelebihan dari desain pintu lainnya. berikut adalah beberapa kelebihan dari desain pintu yang terbuat dari kayu;

    Hangat dan Mengundang

    Aksesoris eksterior rumah dari pintu kayu dinilai mampu memberi kesan yang hangat dengan mudah. Hal ini tercipta dengan elemen dari kayu yang mampu menjadi elemen hangat meskipun masih dalam kondisi asli dan belum dicat atau diberi sentuhan finishing. Selain itu, pintu dari kayu juga terlhat lebih ramah dalam menyambut tamu. Bandingkan dengan pintu besi atau baja yang memberi kesan kaku dan dingin.

    Jika pemilik rumah memiliki suasana eksterior rumah yang menyenangkan maka memilih pintu yang terbuat dari kayu merupakan keputusan yang paling tepat. Selain menambah nuansa hanagt dan mengundang, desain pintu yang terbuat dari kayu juga bisa diaplikasikan untuk model rumah tradisional atau pun minimalis.

    Dekorasi yang Mudah untuk Dipadu-padankan

    Kelebihan lain dari desain pintu dari kayu adalah sifatnya yang alami, sehingga mudah untuk disesuaikan dengan warna dan gaya apapun. Model dari pintu kayu ini bisa dibuat sesuai dengan selera pemilik rumah. mulai dari model sederhana, pintu yang menyatu dengan jendela, atau bisa juga dibuat sebagai pintu yang memiliki ornamen penuh.

    Selain itu, desain pintu dari kayu juga bisa dibentuk apapun. Mulai dari bentuk khas pintu, yaitu persegi panjang, bentuk puncaknya yang membulat, pintu bergaya Perancis, tambahan lengkungan maupun bentuk-bentuk unik lainnya.

    Penambah Suasana Alami

    Kayu merupakan bahan alam yang terlihat indah saat digunakan pada arsitektur rumah. Tidak seperti logam, kayu mampu menahan udara panas di dalam ruangan dan menahannya dari luar. Selain itu, ukuran pintu kay7u yang biasanya cukup tebal, membuktikan bahwa pintu kayu memiliki daya tahan yang cukup tinggi.

    Keamanan Tinggi

    Secara alami, kayu memiliki sifat kuat, padat, dan juga awet. Oleh karena itu, pintu kayu lebih bisa menjamin keamanan rumah. agar sistem keamanannya bertambah, pemilik rumah bisa memperkuatnya dengan penambahkan pintu kustom di belakang pintu kayu tersebut.

    Memperindah Suasana Rumah

    Desain Pintu Rumah – Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pintu tidak hanya memiliki fungsi-fungsi yang bersifat multiguna, tetapi juga bisa menambah kesan artistik pada rumah. keindahan pintu kayu tidak hanya bisa dinikmati oleh pemilik rumah, tetapi juga bagi siapa saja yang bertamu atau kebetullan lewat di depan rumah. pintu kayu mampu membuat hangat dan menyambut kedatangan tamu dengan hangat. Dengan sifatnya yang alamiah, pintu kayu mempau mengundang suasana baik ke dalam rumah.

    Demikianlah pembahasan mengenai desain pintu rumah yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

    Kunjungi Facebook Desainer