Desain Rumah 2 Lantai Tipe 45

    Desain Rumah 2 Lantai Tipe 45

    Desain rumah 2 lantai kini semakin banyak diminati oleh mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak lebih dari satu. Bahkan, banyak keluarga yang sudah memiliki rumah satu lantai, merenovasi rumahnya menjadi 2 lantai. Hal ini menunjukkan bahwa desain rumah dua lantai tak lagi dianggap mewah sebab sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka.

    Nah, artikel ini akan mengulas tentang desain rumah dua lantai. Berikut ini ulasan seputar desan rumah dua lantai.

    Desain Rumah 2 Lantai Tipe 45

    Rumah tipe 21, tipe 36, dan tipe 45 adalah rumah dengan kategori mungil yang paling umum kita lihat sekaligus banyak ditawarkan oleh pihak pengembang perumahan. Rumah type 45 ini pada umumnya terdiri atas 2 kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dan dapur.

    Rumah tipe 45 tersebut banyak diminati oleh konsumen. Walaupun sama dengan tipe 36 yang terdiri atas 2 kamar tidur, karena luas bangunan yang lebih lebar, rumah tipe 45 ini lebih lega dibandingkan rumah tipe 36. Rumah tipe 45 ini banyak dibeli oleh pasangan keluarga muda yang baru berkeluarga dan memiliki anak biasanya masih terbatas pada satu orang anak saja.

    Membeli rumah yang mungil seperti tipe 45 ini sudah sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya anggota keluarga, maka kebutuhan ruangan juga akan bertambah. Oleh karena itu, rumah tersebut butuh penyesuaian untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga saat ini.

    Dengan adanya penyesuaian kebutuhan, maka Anda bisa merencanakan renovasi dan pembangunan rumah tipe 45 berdasarkan kebutuhan keluarga seperti bertambahnya anggota keluarga dan anak-anaknya mulai beranjak dewasa. Di rumah tersebut, ada juga anggota keluarga yang tinggal bersama dan membantu mereka.

    Berikut ini adalah rancangan untuk mengembangkan desain rumah 2 lantai tipe 45.

    Lantai 1

    Untuk pengembangan rumah tipe 45 di lantai 1, hanya terdapat 1 buah kamar tidur utama, untuk suami istri dan anak. Kamar tidur ini berada di bagian depan rumah dan dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Di bagian rumah tengah, terdapat sebuah taman yang tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk meningkatkan rasa nyaman bagi anggota keluarga yang sedang bersantai di ruang keluarga.

    Ruang keluarga dan ruang tamu dibuat menyatu tanpa ada sekat. Letaknya di bagian tengah rumah yang berhadapan dengan taman. Hal ini dirancang sesuai keinginan keluarga yang menginginkan taman di dalam rumah tersebut bisa dilihat dari semua area. Bagian dapur bisa diletakkan di belakang sebelah kanan rumah.

    Seperti kebanyakan pengembangan rumah di atas lahan yang berukulan kecil, maka untuk mendapatkan kesan luas, bisa meminimalkan adanya sekat di antara ruang-ruang. Dapur pada saat ini sudah didesain sedemikian rupa agar tampil indah dan bersih serta mempunyai daya tarik utama dari sebuah rumah.

    Dapur juga tidak harus disembunyikan. Bahkan, banyak orang yang memamerkan dapur cantik mereka. Banyak sekali aktivfitas yang bisa dilakukan di dapur, mulai dari sekadar memasak sampai dengan melakukan aktivitas sosial seperti bercengkrama atau sebagai kegiatan sosial lainnya.

    Sebuah ruang tangga sebagai akses untuk desain rumah 2 lantai ini, bisa Anda tempatkan di sebelah kiri bangunan rumah. Untuk memanfaatkan ruang semaksimal mungkin, Anda juga bisa letakkan kamar mandi berukuran mungil di bawah ruang tangga.

    Lantai 2

    Anda bisa membuat kamar tidur di lantai dua. Sebuah buah kamar tidur di bagian belakang yang dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Sebuah voide bisa diletakkan di bagian tengah ruangan. Voide ini mengarah ke courtyard di lantai 1. Dengan voide ini, sirkulasi udara di lantai 1 dan 2 akan terjaga dengan baik.

    Di sebuah voide, Anda juga bisa meletakkan pantry mungil yang ukup berguna jika di lantai dua dimanfaatkan sebagai ruang belajar anak-anak. Selain itu, bisa juga sambil menikmati makanan ringan dan minuman. Adanya pantry mungil tersebut akan memudahkan semua aktivitas tadi.

    Selain itu, manfaatkan ruang kosong di lantai 2 sebagai tempat bersantai atau dimanfaatkan sebagai ruang belajar untuk anak-anak. Di bagian depan ruangan, terdapat 2 buah kamar tidur. Bisa dimanfaatkan oleh anak-anak dan keluarga yang tinggal bersama dan membantu mereka.

    Lantai 2 12

    Area penjemuran dan mencuci bisa Anda tempatkan di lantai paling atas, yaitu lantai 2 12. Pada upper floor ini, banyak juga ruang bebas yang bisa digunakan untuk taman atap dan gazebo. Bayangkan, meja, kursi, payung yang terbuat dari kayu, pergola kayu yang dilengkapi tanaman hias dan digantung ditiang-tiangnya, sungguh menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai pada sore atau malam hari. Pada area roof garden, bisa ditambahkan water pond atau air terjun buatan untuk menambah nilai artistik pada sebuah desain rumah 2 lantai ini.

    Desain rumah 2 lantai ini sangat indah dan sangat nyaman untuk ditempati bagi Anda. Rumah idealnya memang sesuai dengan karakter kita, sesuai dengan keinginan kita, dan juga yang paling penting sesuai dengan dana keuangan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *