Keunikan Desain Rumah Hook Yang Perlu Anda Tahu

    Keunikan Desain Rumah Hook Yang Perlu Anda Tahu

    Desain Rumah Hook – Bagi Anda yang akan membeli tanah atau membangun rumah, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya posisi tanah itu sendiri. Sebagian orang menghindari posisi tanah hook terkait dengan berbagai mitos. Namun bagi sebagian orang yang lainnya, tanah dengan posisi di sudut ini justru memberi keuntungan tersendiri. Selanjutnya, desain rumah di hook tentunya menjadi hal yang perlu dipikirkan.

    Mitos Terkait Rumah Hook
    Rumah hook merupakan rumah yang berada di atas tanah yang berlokasi di sebuah sudut dan dilalui dua jalan di kedua sisinya. Feng Shui rumah hoki memang beranggapan bahwa rumah hook mungkin dapat membuat karier Anda tersendat, banyak cek-cok dalam rumah tangga, dan sebagainya.

    Konon, dua sisi yang dimiliki rumah hook bisa memengaruhi rumah tangga keluarga yang tinggal di sana. Bisa jadi akan muncul orang ketiga dalam rumah tangga atau dua istri maupun dua suami, kadang juga rumah hook disebut-sebut bisa membuat perceraian.

    Desain Rumah Hook

    Namun sekali lagi itu hanya mitos, Anda boleh percaya boleh tidak. Bagi masyarakat modern yang lebih mengutamakan logika dari pada hal-hal mistis, mereka lebih senang melihat fenomena rumah hook dari hal-hal yang lebih masuk akal. Karena bagaimanapun, soal karier atau keharmonisan keluarga itu tidak ada kaitannya dengan posisi rumah. Semua kembali ke pribadi masing-masing orang.

    Secara logika, posisi rumah sudut memungkinkan kita membuat desain rumah yang lebih kreatif dengan akses pintu lebih banyak, bisa dari depan maupun samping. Memang kelemahannya, semakin banyak pintu semakin rawan terhadap ancaman maling. Namun, faktor keamanan itu juga terkait dengan kondisi lingkungan sekitar.

    Apabila lingkungan sekitar termasuk kawasan aman, apalagi di dalam perumahan yang memiliki satpam berjaga 24 jam non stop di portal, maka tentunya isu rawan maling bagi rumah berpintu banyak bukanlah suatu kendala lagi.

    Seandainya lingkungan sekitar cukup rawan, Anda bisa menambahkan pengamanan khusus di setiap pintu dan jendela seperti memasang alarm dan kamera cctv untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Di zaman modern ini, selalu ada cara untuk mendapatkan pengamanan ekstra. Jadi, tentunya tinggal di rumah hook bukanlah alasan untuk merasa terancam oleh potensi masuknya maling ke rumah.

    Kelebihan Rumah Hook
    Tampaknya mitos rumah hook membawa kesialan menurut perhitungan Feng Shui, tidak berlaku bagi pengembang perumahan. Karena, ternyata di hampir setiap perumahan modern, harga rumah di sudut lebih mahal daripada harga rumah yang posisinya berada di tengah atau diapit oleh rumah-rumah lain di kanan kirinya.

    Apabila mitos rumah hook yang hokinya kurang baik berlaku, seharusnya harga rumah hook lebih murah dari pada yang lainnya. Tentunya harga rumah hook yang sedikit lebih mahal tersebut ada alasannya. Alasan-alasan tersebut yang merupakan kelebihan yang dimiliki oleh rumah hook itu sendiri adalah sebagai berikut.

    • Biasanya, ukuran tanah di pojokan atau di sudut lebih luas daripada tanah di bagian tengah. Dengan demikian, Anda memiliki potensi lebih besar untuk berkebun dan membuat taman-taman yang asri dan cantik. Rumah dengan tanaman hijau di depannya tentunya menjadi daya tarik tersendiri, selain juga memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi penghuninya.
    • Mengingat rumah hook memiliki dua sisi, otomatis desain rumahnya pun akan menyesuaikan. Pada umumnya, rumah hook akan memiliki jendela di kedua sisi tersebut dan ini akan memberikan pandangan yang berbeda dari dalam rumah, selain juga memberi kesan lega dan lapang.
    • Dengan dipasangnya jendela di kedua sisi rumah yang menghadap ke jalan, membuat cahaya yang masuk ke dalam rumah lebih melimpah. Dengan demikian, pada siang hari Anda tidak perlu menyalakan lampu karena cahaya alami di dalam rumah cukup memadai dan menjangkau hampir seluruh ruangan. Oleh karena itu, Anda akan lebih menghemat energi.
    • Sirkulasi udara lebih lancar. Banyaknya jendela yang terdapat pada rumah hook, lebih banyak dari rata-rata rumah lainnya, maka sirkulasi udara dari luar ke dalam dan sebaliknya menjadi lebih lancar. Hasilnya, suasana di dalam rumah akan lebih segar secara alami.
    • Desain rumah lebih fleksibel, dengan akses pintu yang bisa dibuat di bagian depan dan sisi samping, memberikan variasi yang lebih cantik dan tidak monoton.

    Desain Rumah di Hook
    Apabila Anda berminat membeli properti di posisi hook atau sudut, ada beberapa tipe rumah dan desain yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan segala manfaat terbaik dari rumah hook ini.

    Desain Rumah Tipe 36
    Tipe 36 yang simpel dan praktis sangat cocok bagi keluarga muda yang belum memiliki banyak penghasilan. Keluarga muda kadang baru terdiri atas suami dan istri saja, atau dengan satu anak yang masih kecil. Sehingga, kebutuhan ruang bagi anggota keluarga belum terlalu banyak. Maka, pilihan tipe 36 ini sangat tepat, karena ruang yang tersedia pas, tidak kurang dan tidak lebih.

    desain rumah hook

    Dengan posisi rumah di sudut, maka desain rumah hook ini bisa dikembangkan lagi ke depannya ketika kebutuhan ruang semakin besar. Tanah yang lebih luas di hook sangat memudahkan perluasan rumah di kemudian hari.

    Anda bisa mengembangkan rumah dengan memaksimalkan lahan di setiap sisinya dan menyisakan ruang terbuka hijau di sudut-sudutnya. Pengembangan rumah bisa dilakukan secara horizontal maupun vertikal. Pengembangan secara vertikal atau rumah bertingkat, memungkinkan ruang terbuka hijau tetap luas sehingga lingkungan akan lebih asri.

    Desain Rumah Tipe 45
    Tipe rumah 45 tentunya lebih besar dari tipe 36, dan bangunan awalnya sudah cukup memakan lahan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mengembangkan rumah ini. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa dengan jeli memanfaatkan sedikit lahan yang masih kosong untuk mengembangkan bagunan secara horizontal.

    rumah hook

    Namun demikian, apabila Anda tidak ingin mengorbankan lahan terbuka hijau ini, Anda bisa melakukan pengembangan secara vertikal ke atas. Untuk mendapatkan desain rumah terbaik dengan tipe rumah ini, Anda bisa menyewa jasa arsitektur untuk membuatkan desain pengembangan rumah seperti yang Anda dambakan.

    Tips Desain Rumah di Hook
    Seperti yang dibahas di muka, faktor keamanan merupakan salah satu isu dari rumah yang terletak di sudut. Meski demikian, keamanan yang dimaksud di sini bukan hanya keamanan bagi pemilik rumah itu sendiri, melainkan juga keamanan dari sisi pengguna jalan. Mengingat rumah hook berada di sudut jalan, keberadaan rumah ini kadang bisa menghalangi pandangan pengguna jalan.

    Maka tak heran jika kita sering mendengar atau melihat peristiwa kecelakaan yang terjadi di sudut jalan hook ini. Maka beberapa tips desain rumah di hook berikut ini memperhatikan pula faktor keamanan pengguna jalan.

    • Hindari penggunaan pagar yang rapat tertutup dan memiliki tinggi lebih dari sisi rumah hingga 80 cm lebih tinggi. Terutama sisi rumah yang berada di sisi jalan, karena bisa berpotensi menjadi penghalang penglihatan bagi pengguna jalan.
    • Anda bisa memilih pagar yang transparan namun dengan desain yang tetap cantik dan berkarakter, agar Anda memberi kelegaan pandangan pengguna jalan sekaligus tetap mampu tampil dengan elegan dan memesona.
      Apabila Anda suka berkebun, pilihlah tanaman yang tidak terlalu panjang dan rindang yang berkembang hingga ke luar pagar.
    • Apabila Anda memiliki kebun di sudut depan, pilihlah tanaman pendek.
    • Bangunlah rumah dengan mematuhi aturan GSB atau garis sempadan bangunan, yang merupakan aturan dari pemerintah setempat tentang jarak ideal antara jalan dengan bangunan rumah. Aturan ini berbeda antardaerah. Ada yang jaraknya 4 meter, 6 meter, dan lain-lain. Jarak ini bertujuan untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

    Demikianlah pembahasan mengenai desain rumah hook yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.