Desain Rumah Kayu Model Klasik dan Modern

    Desain Rumah Kayu Model Klasik dan Modern

    Desain Rumah Kayu – Desain rumah kayu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu desain rumah kayu klasik dan rumah kayu modern (gabungan). Jenis yang klasik biasanya hanya terdiri dari 1 lantai, dengan desain sederhana seperti pondok atau gazebo. Jenis rumah kayu modern biasanya banyak terinspirasi desain rumah beton modern, tetapi materialnya diganti dengan kayu. Kebanyakan bangunan kayu modern terdiri atas dua lantai atau lebih, dan ukurannya pun terasa lebih luas.

    Rumah Kayu kini menjadi salah satu model rumah yang diminati. Tujuannya adalah menghadirkan suasana alam yang asri di rumah, meskipun lokasinya berada di wilayah perkotaan yang padat. Itu merupakan cara pemilik rumah untuk merasakan nuansa pedesaan.

    Di tengah kekacauan iklim akibat pemanasan global, rumah kayu adalah pilihan tepat. Warna kayu yang alami dengan urat dan teksturnya yang khas, akan memantulkan cahaya yang menciptakan efek visual yang unik, menarik, dan tentunya alami.

    Desain rumah kayu pada prinsipnya sama saja dengan rumah standar. Bedanya, unsur estetika pada rumah kayu lebih ditonjolkan. Material kayu amat mendukung nilai estetis, karena keberadaannya akan terlihat dominan dibandingkan rumah lain di sekelilingnya. Konsep rumah kayu pun dibedakan berdasarkan panel dindingnya. Ada yang memakai panel tunggal (single panel), dan ada yang ganda (double panel).

    Desain Rumah Kayu untuk Keluarga

    Desain Rumah Kayu – Sesuai dengan fungsi utamanya, rumah merupakan salah satu tempat berteduh bagi Anda dan keluarga. Terkait dengan hal tersebut, Anda bisa mendesain rumah sesuai konsep yang diinginkan, misalnya desain interior rumah kayu bisa memberikan keseimbangan secara alami di dalam lingkungan rumah.

    Lalu, bagaimana cara mendesainnya? Salah satu ruangan rumah yang bisa didesain pada tahap awal yaitu ruangan keluarga. Sementara itu, unutk mendesain rumah dari kayu tersebut, cobalah menyiasatinya dengan membuat sebuah konsep serta desain secara menyeluruh. Konsep ini dimulai dari segi pencahayaan alami, sirkulasi udara, serta perluasan ruangan keluarga bila diperlukan untuk acara-acara tertentu.

    Di dalam rumah kayu, ruang keluarga berfungsi untuk tempat berkumpul dan tempat untuk berkomunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, ruangan keluarga pun dapat dikatakan sebagai pusat aktivitas di dalam rumah. Tentunya, ada banyak kegiatan yang dilakukan di ruang keluarga secara bersamaan dan hampir seluruh keluarga memerlukan ruang keluarga yang menyenangkan dan penuh kehangatan.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menentukan jenis kayu yang cocok dan sesuai dengan desain rumah. Sesudah itu, baru lakukan pemilihan jenis warna yang diinginkan, misalnya menggunakan warna netral supaya semua anggota keluarga bisa berkumpul di ruang keluarga dengan rasa nyaman, tenang, dan penuh kehangatan.

    Bila menyukai warna yang jauh lebih terang, cobalah pilih warna pastel. Tentunya, kombinasi warna tersebut diperoleh dengan paduan lantai kayu yang terkesan berwarna alami atau natural. Selain itu, rumah kayu pun akan terlihat lebih sempurna dengan perpaduan lantai kayu dan semua desainnya yang ada dalam rumah kaya itu sendiri.

    Parket

    Desain Rumah Kayu – Rumah kayu tak lengkap rasanya tanpa parket. Ada banyak motif parket yang bisa dipilih dan dijadikan koleksi di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan dengan tempat serta motif yang diinginkan untu interior rumah.

    Ukuran Parket

    Desain Rumah Kayu – Pada dasarnya, ukuran parket itu mempunyai perbedaan yang tak terlalu jauh, yaitu sebagai berikut.

    Panjang 121.2cm x lebar 193cm x tebal 8.3mm.

    Panjang 20 – 120cm x lebar 5 – 9cm x tebal 1.2 – 1.4cm.

    Seperti yang diketahui bersama bahwa parket atau dikenal juga dengan parquet merupakan salah satu bahan lantai terbaik dan mampu menghadirkan suasana elegan sekligus alami di rumah, termasuk juga rumah kayu. Di sisi lain, tak banyak orang yang tahu bahwa setiap ukuran parket itu bisa memengaruhi keindahan yang akan dihadirkan. Contoh yang sering dijumpai, yaitu parket dengan ukuran kecil terkadang tak se-elegan lantai parket ukuran besar yang terlihat lebih alami dan lebih menyatu.

    Sebenarnya, parket itu dibuat dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda dan Anda pun bebas memilihnya. Namun, tetap jangan pernah lupa mengukur sekaligus mencocokkannya dengan ukruan rumah agar terlihat menawan dan lebih pas.

    Di Indonesia, ukuran parket yang paling umum yaitu ukuran 12 x 50 x 30mm. Ukuran ini sama dengan lantai keramik biasa yang dijual luas di pasaran. Untuk membeli parket dengan ukuran ini, seseorang biasanya harus membelinya dengan sistem bulk atau dalam jumlah cukup banyak. Biasanya pula, calon pembeli harus membeli beberapa puluh item.

    Sementara itu, untuk ukuran standar yang sudah disetujui dan dipakai oleh seluruh perusahaan atau industri di seluruh dunia, sebagian besar perusahaan ataupun industri memproduksinya dengan ukuran 2 ¼ inci hingga 3 ½ inci. Pada umumnya, ukuran yang dipakai adalah 2 ¾ inci dan juga 2 7/8 inci dengan panjang sekitar 9 inci hingga 12 inci. Walaupun begitu, tak seluruh perusahaan menggunakan ukuran parket standar tersebutr yang biasanya juga dipakai oleh perusahaan-perusahaan lain. Ada pula beberapa perusahaan yang memakai ukuran mereka sendiri.

    Aksesori Parket

    Desain Rumah Kayu – Kita semua tentu juga tahu jika parket atau dalam bahasa Inggris disebut dengan parquet adalah jenis lantai rumah yang wajib dicoba jika menginginkan kesan natural atau alami di dalam rumah. Parket ini tersedia dengan berbagai macam pilihan, desain, dan corak unik. Ada parket yang dibuat seperti kayu asli atau bahkan memang terbuat dari kayu asli dan ada pula yang terkesan kaku atau tak alami.

    Selain itu, sejumlah aksesori parket pun bisa dipilih untuk menghiasi interior rumah agar rumah menjadi lebih indah, tahan lama, kuat, dan juga atraktif. Akserori parket yang pertama yaitu pembersih parket. Sesuai seperti namanya, produk pembersih ini bisa dipakai untuk membersihkan lantai parket. Biasanya, sebotol pembersih parket bisa dipakai untuk 40 kali pemakaian. Semua aksesori parket ini cukup eco-friendly atau bersifat tak merusak alam. kita bisa melihat daftar kandungan serta efek dari pembersih parket ini di bagain belakang botol tersebut.

    Jika mempunyai berbagai jenis furnitur seperti kursi dan meja di ruangan yang memakai lantai parket, tak ada salahnya untuk menambahkan berbagai macam aksesori, misalnya protective felt pads dan protective floor mat (lapisan pelindung lantai). Protective floor mat (lapisan pelindung lantai) bisa dimanfaatkan sebagai  alas dari furnitur tersebut, sehingga tak akan merusak lantai, sedangkan protective felt pads digunakan di bagian dasar furnitur, terutama untuk meja dan kursi, sehingga tak menggores ataupun merusak lantai parket.

    Jika memakai lantai parket di kamar mandi, ingatlah selalu untuk melapisinya dengan aksesori parket seperti lapisan anti jamur. Dengan aksesori ini, lantai parket di kamar mandi akan tetap tahan lama dan yang pastinya tak mudah rusak.

    Desain Rumah Kayu – Rasanya, tak ada alasan lagi untuk tak memakai lantai kayu di dalam rumah idaman Anda. Selain harganya yang cukup terjangkau dan perawatannya cukup mudah, juga sudah dianggap sebagai sebuah tradisi. Terlebih, kini, telah banyak penyuplai atau supplier lantai kayu, mulai dari pembelian, pengantaran hingga pemasangan.

    Itulah usalan seputar desain rumah kayu. Selamat mendesain rumah! Semoga bermanfaat!