Desain Rumah Kecil Tips- Tips Dalam Mendesain

    Desain Rumah Kecil Tips- Tips Dalam Mendesain

    Desain Rumah Kecil – Bagi Anda yang ingin punya rumah tetapi memiliki kocek pas-pasan atau kesulitan mendapatkan lahan luas karena jumlahnya yang semakin minim, rumah mungil merupakan solusi yang tepat.

    Akan tetapi, membuat desain rumah mungil agar nyaman ditempati merupakan perkara yang susah-susah gampang. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat mewujudkan rumah impian di lahan yang sempit.

    Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam men desain rumah kecil :

    Pembatasan Ruang

    Dengan bentuk rumah yang mungil, Anda masih mempunyai kesempatan untuk menyiasati desain interiornya, supaya terlihat lebih luas dan menarik. Nah, untuk menyiasati keterbatasan interior karena ukurannya yang kecil, salah satu caranya adalah mengurangi dinding pembatas.

    Pengurangan dinding pembatas tersebut dilakukan, supaya rumah terlihatnya luas. Usahakan hanya kamar mandi dan kamar tidur yang memiliki sekat dinding (permanen). Sementara untuk ruangan lain hanya dibatasi oleh bufet, rak buku, atau sofa. Terlalu banyak sekat hanya akan membuat ruangan menjadi sempit dan sesak.

    Memanipulasi Ruang

    Bisa juga Anda menggunakan beberapa teknik penyekatan desain. Anda bisa memanipulasi ruangan di rumah mungil, supaya terlihat lebih besar, lebih lebar, atau lebih tinggi. Caranya adalah dengan memanfaatkan ruang luar sebagai bagian dari interior ruang

    Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teras belakang rumah sebagai area perluasan ruang keluarga atau ruang makan Anda. Alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kaca sebagai pembatas ruang yang menghadap ke area luar. Dengan penggunaan kaca tersebut, akan menciptakan perluasan ruang secara visual.

    Anda juga bisa memanfaatkan bidang refleksi, seperti cermin. Penggunaan cermin, akan menghadirkan kesan ruangan tampak lebih luas. Sekecil apapun bidang refleksi, pantulan yang tercipta tentu akan menambah volume ruangan dalam tampilan visual.

    Cahaya

    Faktor cahaya, terutama cahaya matahari, merupakan elemen terpenting dalam men dekorasi rumah kecil. Bukaan sekecil apapun, akan membawa pengaruh yang sangat besar untuk keindahan rumah mungil

    Biarkan akses cahaya bebas masuk ke dalam rumah untuk mendapatkan kesan luas. Buatlah atap yang tinggi, jendela yang lebar, dan hindari menggunakan genting kaca. Hal ini dikarenakan, penggunaan genting kaca tidak dapat menyerap cahaya. Selain itu, juga menyebabkan ruangan menjadi panas dan kurang nyaman.

    Namun demikian, Anda patut memperhatikan bentuk, jenis, dan ukuran jendela. Bidang bukaan besar, akan memberikan rasa ruangan lebih luas dari kondisi yang sebenarnya.

    Selain matahari, penerangan buatan juga penting. Penerangan buatan tersebut bertujuan untuk menciptakan penataan yang cermat. Dalam menciptakan pencahayaan buatan, Anda harus bisa menyesuaikan secara efisien dan jenis lampu secara tepat.

    Kalau Anda menginginkan atap yang terang, gunakanlah glass box. Hal ini bertujuan, supaya cahaya bisa masuk. Dengan begitu, ruangan terlihat teduh dan hangat.

    Sirkulasi Udara

    Desain Rumah Kecil – Sirkulasi udara yang lancar dapat mengusir hawa panas di dalam rumah. Buatlah ventilasi yang mempermudah keluar masuknya udara. Jika penempatannya tidak tepat, ventilasi yang banyak tidak menjamin udara bisa keluar masuk dengan lancar. Udara tidak membelok dengan sendirinya, kecuali jika tekanannya tinggi.

    Itulah sebabnya Anda perlu membuat jendela/ventilasi yang membuat udara masuk dapat langsung keluar tanpa dibelokkan. Jangan tergiur menghabiskan lahan untuk membangun ruangan. Demi kenyamanan, Anda tetap perlu memiliki ruang terbuka di belakang untuk memberi kesempatan bagi udara untuk keluar (tidak terperangkap).

    Cat Dinding

    Untuk segi warna, sebaiknya pilih warna netral dan cerah untuk dinding rumah mungil Anda. Sementara, untuk membuang kesan membosankan ataupun monoton, Anda juga bisa memadukan beberapa warna yang berbeda. Misalnya, memadukan dua warna (hijau biru) atau bahkan tiga warna (merah, kuning, hijau) sekaligus.

    Selain itu, penggunaan warna cerah pada dinding, akan memberikan kesan luas. Hindari penggunaan warna putih karena memberikan kesan dingin, kaku, dan formal. Sementara warna gelap hanya akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

    Ruang tamu

    Mendekorasi runag tamu agar terlihat tidak sempit adalah tantangan bagi Anda yang memiliki rumah mungil. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian khusus untuk mendekorasi ruang tamu. Dengan begitu, hal pertama yang harus diperhatikan saat menyulap rumah mungil adalah ruang tamu. Bagaimana caranya, agar tamu yang datang ke rumah Anda bisa merasa nyaman walau sebenarnya rumahnya mungil.

    Salah satu hal yang diperhatikan dalam mendekorasi ruang tamu adalah sofa. Anda harus memerhatikan dengan baik dalam pemilihan sofa. Hindari penggunan sofa berbahan kain. Hal ini disebabkan, sofa berbahan kain akan menghabiskan banyak ruang.

    Meskipun demikian, Anda juga tetap bisa menggunakan sofa berbahan kain asalkan warnanya cerah. Usahakan warna sofa menyatu dengan dinding dan lantai. Dengan begitu, Anda tidak perlu menambahkan karpet, kecuali bila warna karpet senada dengan sofa dan lantainya.

    Hal lain yang harus diperhatikan dalam mendekorasi ruang tamu mungil adalah meja tamu. Sebaiknya, gunakanlah meja tamu yang berbahan kaca dengan desain simple. Tambahkan juga meja samping untuk menambah nilai estetis ruang tamu Anda.

    Untuk mendekorasi ruang tamu mungil, Anda juga bisa memajang sebuah lukisan berukuran besar di ruang tamu. Pemajangan lukisan tersebut bertujuan untuk

    Furnitur

    Pilihlah furnitur yang warnanya mendekati warna dinding. Pemilihan warna yang tepat, akan menciptakan keserasian dan enak dipandang. Selain warna, perlu pula diperhatikan ukurannya.

    Carilah furnitur yang berukuran sedang untuk menjaga fleksibilitas area. Gunakan kursi yang memenuhi sudut, seperti sofa berbentuk L. Hal ini bertujuan, untuk meminimalisasi ruang yang terbuang. Agar rumah tidak berkesan sumpek, gunakanlah furnitur yang multifungsi, seperti tempat tidur yang memiliki laci.

    Penggunaan furnitur, sebaiknya didesain sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini dikarenakan, furnitur merupakan salah satu elemen penting dalam mendesain rumah mungil. Dengan menggunakan konsep furnitur multifungsi, berarti Anda bisa bersikap cerdas dalam menghemat tempat sekaligus area penyimpanan.  Tempat penyimpanan bisa terintegrasi dengan tempat duduk, bed, sofa, bahkan tangga.

    Taman Kecil

    Desain Rumah Kecil – Taman menjadi unsur yang terpenting dalam memperkuat keanggunan arsitektur rumah. Anda bisa memainkan banyak warna untuk mendekorasi taman. Contohnya saja dedaunan yang hijau dan bunga berwarna-warni. Warna-warna tersebut akan menciptakan nuansa alami dan menyegarkan di taman rumah.

    Tidak heran, jika kehadiran taman di depan ataupun di dalamnya. Untuk taman di dalam rumah, membuat tampilan rumah semakin menarik.

    Meskipun rumahnya berukuran mungil, Anda tetap bisa membuat taman. Taman yang dibuat tentu ukurannya mini. Biasanya taman mungil tersebut berukuran 1,5 x 1,5 meter. Taman untuk rumah mungil biasanya dibuat menyatu dengan ruang keluarga, agar memperoleh kesan luas dan sejuk.

    Taman memberikan efek positif, bukan hanya untuk suasana rumah, melainkan juga. jadi pastikanlah, meskipun rumah mungil Anda tetap harus menyisakan sedikit lahan untuk membuat taman mini.

    Secara garis besar, untuk mendekorasi rumah mungil tidaklah sulit, asalkan tahu konsepnya dengan benar. Menghadirkan dekorasi dinding dalam corak ramai, furnitur massif, dan penggunaan warna gelap, tentu akan membawa kesan sesak pada ruangan.

    Kemudian, menghadirkan tatanan interior mewah dan elegan untuk rumah berukuran mungil, tidaklah bijak. Hal ini dikarenakan, interior mewah dan elegan membuat ruangan semakin sumpek.

    Tatanan ruangan yang paling cerdas untuk rumah mungil adalah simple, minimalis, minim corak, dan dibalut warna terang. Dengan penggunaan dekorasi tersebut, akan memberikan kesan lapang pada hunian Anda.

    Pilihlah warna-warna terang untuk bidang-bidang besar, seperti lantai, dinding, platfon, dan furnitur utama. Sebaiknya, Anda menghindari kombinasi banyak warna. Akan tetapi, gunakan sedikit aksen untuk mempermanis ruangan

    Nah, tertarik mencobanya?

    Dengan rumah kecil pun Anda tetap mampu memperoleh kenyamanan seperti yang ditawarkan oleh rumah di atas lahan yang luas. Selamat berkreasi!. jika Anda sedang membutuhkan Jasa Desain Ruang, saran kami ke Sannur Arsitek. kunjungi juga FB Sannur.

    1 Comment

    Comments are closed.