Desain Rumah Sederhana, Tapi Terlihat Elegan

    Desain Rumah Sederhana, Tapi Terlihat Elegan

    Desain rumah sederhana tentu saja tidak asal walau ukurannya kecil. Rumah sederhana sehat tetap memikirkan estetika sebuah rumah. Misalnya, letak kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, diatur agar tidak terlihat saling tumpang tindih. Bahkan untuk ukuran tipe 36 sekali pun, denahnya bisa cukup beragam.

    Ragam Denah Rumah Tipe 36
    Desain rumah sederhana tipe 36 mungkin yang paling banyak dimodifikasi. Melihat ukuran luas rumah yang hanya 36 meter persegi, orang berpikir bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan. Ternyata malah dengan ukuran kecil inilah ide membuat rumah sederhana ini terlihat manis, terus dilakukan.

    Denah pertama adalah meletakkan dua kamar saling berjajar dengan ukuran yang sama persis, 3×3 meter persegi. Kamar mandi ditempatkan di sudut, bisa bagian kiri atau di bagian kanan belakang dengan daun pintu kamar mandi menghadap ke arah belakang rumah. Bagian dekat kamar mandi bisa dijadikan dapur. Denah seperti ini tampaknya sudah dianggap ketinggalan zaman meski masih ada yang menggunakannya.

    desain rumah sederhana

    Denah yang kedua adalah menempatkan dua kamar tidur sejajar tapi ukurannya yang berbeda. Kamar kedua berukuran hanya 3×2,7 meter persegi. Sedangkan kamar bagian depan tetap berukuran 3×3 meter persegi. Kamar mandi diletakkan di bagian belakang dengan daun pintu menghadap ke samping sama dengan daun pintu kamar tidur.

    Dapur dan ruang tamu dijadikan satu tanpa pembatas. Desain interior untuk rumah sederhana seperti akan sangat menantang karena dapur dibuat unik agar tidak mengganggu keberadaan ruang tamu yang sekaligus menjadi ruang keluarga.

    Jika masih ada tambahan tanah di bagian belakang, dapur bisa dipindahkan. Tapi kalau tidak, maka desain interior yang cantik bisa membuat dapur menjadi bagian yang indah menyatu dengan ruang tamu yang mungil.

    Pembatasnya bisa berupa lemari yang juga difungsikan sebagai tempat memajang barang. Kalau pun tidak ada lemari, bisa menggunakan pertisi terbuka dengan warna pastel agar tidak terkesan membuat ruangan menjadi kian sempit. Jika tidak ada pertisi, cukup dengan menggunakan korden atau dibiarkan begitu saja tapi tetap memperhatikan kebersihan dapur.

    Denah ketiga adalah menempatkan kamar tidur tidak berjajar melainkan saling silang sehingga ruang tamu dan dapur terpisah secara otomatis. Ukuran salah satu kamar memang harus lebih kecil agar ada jalan untuk masuk dari ruang tamu ke dapur. Kamar mandi diletakkan berjajar dengan salah satu kamar tapi daun pintunya menghadap ke dapur dan bukan menghadap ke ruang tamu.

    Agar tidak terkesan sempit, tinggikan plafon hingga 4 meter dan beri ventilasi kaca agar cahaya masuk sehingga rumah terkesan lebar dan lega. Plafon bisa ditutup dengan bahn gypsum dan dibuat artistik dengan sedikit meninggikan bagian belakang.

    Permainan lampu bisa membuat ruang tamu terlihat lebih unik. Cukup letakan satu buah sofa mungil atau hanya satu meja bulat ala meja Jepang agar ruang tamu terasa lebih luas.

    Desain Rumah Ukuran 60
    Desain rumah sederhana lainnya yang bisa dijadikan model adalah desain rumah dengan ukuran 60. Kalau ternyata ukuran rumah ini mengambil keseluruhan luas tanah, maka desain rumah harus menempatkan sedikit ruang untuk jemuran agar tidak menjemur pakaian tersebut di pagar rumah. Jika terpaksa, bagian belakang atau samping rumah dibuat ‘dak’ untuk jemuran.

    Desain rumah tipe 60 ini cukup memberikan ruang untuk berkreasi tapi jangan sampai membuat rumah terkesan sempit gara-gara terlalu banyak sekat. Kalaupun akan membuat tiga buah kamar tidur, sebaiknya tidak membuatnya berjajar agar tidak terkesan seperti kamar kos.

    rumah type 60

    Kunjungi FB Sannur.

    Satu buah kamar tidur di bagian depan, satu lagi di bagian tengah sehingga dindinhnya menjadi sekat dengan ruang tamu. Satu lagi di dekat dapur. Sebaiknya tidak membuat kamar saling berhadapan agar tidak terkesan sempit. Ukuran kamar menyesuaikan dengan bentuk tanah.

    Bagi sebagian orang, tanah yang ideal itu berbentuk bujur sangkar. Tapi bagi sebagian yang lain, tidak ada tanah yang ideal. Yang ada adalah idealkan denah untuk rumah bagaimanapun bentuk tanahnya.

    Jadi, untuk ukuran rumah tipe 60 ini, kamar tidur bisa juga dibuat cukup variatif. Alternatif lainnya adalah satu kamar tidur utama dibuat dengan ukuran 4×3 meter persegi. Kalau panjang rumah hanya 6 meter, sisa 2 meter untuk kamar mandi.

    Kamar satu lagi ada di bagian belakang rumah dekat dengan dapur. Kamar ini berukuran 3×3 meter persegi. Sedangkan kamar dengan ukuran yang lebih kecil diletakkan di bagian tengah memisahkan antara ruang tamu dan ruang makan.

    3 Comments

    Comments are closed.