Desain Rumah Sendiri – Bagaimana Merencanakannya

    Desain Rumah Sendiri – Bagaimana Merencanakannya

    Desain Rumah Sendiri – Merencanakan desain rumah pada umumnya dilakukan ketika Anda akan mendirikan sebuah rumah baru. Mendesain rumah sendiri merupakan cara terbaik demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

    Desain rumah adalah penggabungan banyak ilmu yang di antaranya tentang arsitektur, konstruksi, dekorasi eksterior/interior, pengetahuan tentang material, bahkan sampai ke perabot dan perlengkapan. Oleh karenanya, mendesain rumah sendiri bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika kita buta tentang ilmu desain.

    Anda bisa saja menyewa tenaga desain profesional untuk melakukannya. Ini tentu akan lebih aman. Namun, bagi yang ingin belajar sendiri, sangat mungkin bagi Anda untuk mempelajari bagaimana mendesain rumah dengan baik.

    Langkah-langkah berikut bisa dijadikan petunjuk bagi Anda dalam usaha mendesain rumah sendiri.

    Daftar Kebutuhan

    Hal yang pertama perlu dilakukan adalah mendaftar kebutuhan keluarga Anda. Berapa kamar tidur yang dibutuhkan, kamar mandi, berapa luasnya, apakah perlu ruang tamu khusus, dan sebagainya. Rencana pemenuhan kebutuhan tersebut kemudian disesuaikan dengan luas bidang tanah di mana akan didirikan rumah. Jika tanah tersebut ternyata masih lebih, Anda bisa menambahkan sebuah taman.

    Lihat Lingkungan

    Anda bisa melihat-lihat rumah di sekeliling. Pasti ada banyak model yang bisa ditemui. Mungkin Anda tidak menemukan sebuah model yang cocok secara keseluruhan, tapi bisa saja Anda menyukai desain terasnya. Maka desain teras tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pembanding.

    Cari Ide dari Sumber Lain

    Untuk mencari ide-ide, Anda bisa membaca majalah atau buku-buku desain rumah. Mencari ide dari buku biasanya disertai keterangan-keterangan lebih lengkap. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mewujudkan rencana Anda nantinya.

    Gambarlah Desain Rumah Anda

    Anda bisa menggambar desain dengan menggunakan pensil di atas kertas kosong atau kertas grafik. Anda bisa memulainya dengan menggambar lantai. Gunakan perbandingan ukuran atau skala yang pasti, bisa sentimeter atau inchi.

    Gunakan Sofware Desain

    Apabila Anda tidak mau menggambar desain secara manual, Anda bisa mencoba software desain rumah. Dengan software desain tersebut, mungkin Anda akan menemukan beberapa kemudahan daripada Anda menggambar langsung. Ada beberapa software yang menyediakan desain secara lengkap, dari template sampai rencana memasukkan perabot atau furniture.

    Konsultasikan Hasilnya

    Ketika desain rumah Anda sudah jadi, jangan buru-buru untuk langsung mengeksekusinya dalam pembangunan rumah. Konsultasikan kepada orang yang menguasai di bidangnya, dalam hal ini adalah desainer rumah profesional. Mereka lebih tahu dan mempunyai pengalaman lebih banyak.

    Sehingga apabila ada kesalahan atau sesuatu yang kurang pas, mereka bisa menyarankan Anda untuk melakukan perubahan atau rencana penyesuaian. Mereka akan membantu Anda menyempurnakan desain rumah yang Anda harapkan.

    Tips dan Peringatan dalam Mendesain Rumah Sendiri:

    • Lihatlah contoh-contoh rumah dan artikel yang Anda bisa. Lebih berguna jika artikel disertai foto-foto atau gambar yang sudah selesai. Tidak ada hal yang memberi ide lebih baik kecuali dengan melihat rumah-rumah dan artikel-artikel sebanyak mungkin.
    • Ingat, jangan sampai ide-ide membanjiri Anda. Demikian juga dengan saran-saran dari orang lain. Ambil saran mereka, tapi Andalah yang membuat keputusan.

    Nah, selamat berkreativitas dengan desain Anda. Apabila Anda membutuhkan Jasa Desain Rumah, saran kami ke Sannur Arsitek. Kunjungi juga FB Sannur.