Desain Rumah Unik dan Sederhana Saat Ini

    Desain Rumah Unik dan Sederhana Saat Ini

    Desain Rumah Unik dan Sederhana – Banyak orang yang mendambakan bentuk rumah ideal demi kenyamanan hidup. Ya, rumah tentu tidak hanya sekadar menjadi tempat berteduh dari deras hujan dan terik panas. Bentuknya yang unik, penataan ruang yang istimewa, dan pencahayaan yang tepat, dapat membuat ungkapan “rumahku surgaku” benar-benar terwujud.

    Nah, berbeda dengan kebiasaan, Carrie dan Shane Caverly dari Amerika Serikat membuat rumah unik yang mungkin bisa membuat semua orang berdecak kagum. Rumah ini sangat mini dan bisa dipindahkan ke mana-mana. Rumah portabel ala pasangan ini bukan tidak mungkin akan menjadi tren.

    Bentuk Rumah yang Berawal dari Keinginan Hidup Hemat

    Desain Rumah Unik dan Sederhana – Ide brilian membangun rumah berjalan ini tidak datang dari mana-mana, kecuali dari diri sendiri. Adalah Shane Shaverly yang merasa hidupnya dengan sang pasangan, Carrie,  berada dalam titik terendah. Cita-cita keduanya simpel. Ingin hidup mudah tak seperti kebanyakan orang.

    Biasanya, pasangan yang telah mengikat janji seia-sekata, sehidup-semati, akan langsung menganggap, satu-satunya jalan menghidupi keluarga adalah dengan menjadi buruh, karyawan kantor yang bekerja untuk orang lain. Ujung-ujungnya, mereka harus menetap dan mesti bertarung dengan biaya cicilan rumah yang mencekik leher.

    Namun, tidak demikian dengan Shane dan Carrie yang ingin menikmati hidup. Mereka suka berpetualang, berkeliling Amerika Serikat, menemui tempat-tempat baru yang menjadi inspirasi, dan tentunya membutuhkan rumah yang memungkinkan terwujudnya semua mimpi tadi. Satu yang tak boleh dilupakan, rumah tersebut harus bebas dari “hantu menyeramkan” bernama biaya tagihan.

    Ya, masa lalu Shane Caverly kurang menyenangkan. Ia yang bekerja sebagai konstruktor rumah, tertimpa krisis keuangan. Ketika itu, sejak 2008, industri konstruksi di Amerika Serikat tidak bersahabat. Ia dan Carrie yang sama-sama bekerja di industri yang sama, menyadari, jika hanya mengandalkan pekerjaan rutin mereka, mimpi mendapatkan hidup bahagia hanyalah isapan jempol belaka.

    Bagaimana tidak? Biaya cicilan rumah per bulan mencapai 1500 dolar. Ini belum termasuk biaya lain-lain yang akan membuat pasangan muda ini tidak akan cukup uang untuk menabung.

    Selain faktor ekonomi menjadi masalah utama bagi Shane dan Carrie, ada juga faktor-faktor lain yang membuat mereka membangun bentuk rumah portabel, misalnya masalah lingkungan. Ya, faktanya toh dengan rumah mini portabel semacam ini, mereka akan lebih sedikit memberi polusi pada alam, dan lebih minimal lagi dalam membutuhkan material.

    Tak kalah penting, faktor mobilitas juga berperan. Dengan biaya hidup di kota-kota Amerika Serikat yang terus membengkak, memakai rumah portabel yang bagaikan pintu Doraemon yang bisa menuju kemana saja, Carrie dan Shane dapat terus berkeliling hingga akhirnya memutuskan tempat yang benar-benar ideal untuk mereka. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membangun model murah mini yang murah ini.

    Bentuk Bangunan Rumah Serba Praktis dan Serba Mini

    Desain Rumah Unik dan Sederhana – Shane dan Carrie menyiapkan segalanya dengan rapi. Mereka tidak menggunakan RV (recreational vehicle), kendaraan yang memiliki dapur, kamar mandi, dan tempat tidur, yang sering kita saksikan di film-film Amerika Serikat. Awalnya, Shane berencana memakai RV, namun pada akhirnya ia sadar bahwa yang dibutuhkannya memang rumah berjalan, sementara RV cenderung lekat dengan imej “perjalanan sesaat” sebuah keluarga untuk berkemah dan sejenisnya.

    Selain itu, memakai RV akan membuat rumah berjalan yang direncanakannya dengan Carrie tidak akan terwujud. Bagaimana tidak? RV adalah RV, sebuah kendaran yang memiliki peralatan rumah. Sementara yang diincar keluarga kecil ini adalah rumah, dengan bentuknya yang solid, yang bisa digunakan untuk pergi ke mana saja.

    Hanya membutuhkan waktu dua setengah bulan bagi keluarga Cavelry untuk membangun rumah mini ini. Rumah mungil ini ditempatkan pada trailer jenis leher angsa yang memang cocok untuk hal tersebut. Dimulailah petualangan perdana keduanya dari rumah tetap di Prescott, Ariz hingga ke Santa Fe.

    Keistimewaan

    Desain Rumah Unik dan Sederhana – Nah, apa saja keistimewaan rumah ini? Dari segi biaya, konon, keluarga Caverly hanya membutuhkan uang sebesar 350 dolar per bulan, lengkap dengan semua kelengkapan seperti biaya sewa tanah, listrik, dan air. Jika diitung-itung, biaya yang dikeluarkan per bulan lebih sedikit daripada sepersepuluh biaya cicilan bulanan untuk sebuah rumah tetap.

    Dari segi tata ruang, rumah mini semacam ini, jelas memaksa keluarga kecil Cavelry untuk tidak hanya memanfaatkan segala inci yang ada, tetapi juga memaksimalkannya. Apa sih yang bisa dilakukan dengan rumah sepanjang tujuh meter? Tentu dengan “menyelipkan segala yang bisa diselipkan”.

    Tidak heran jika di bawah kasur double size mereka yang bisa dikatakan menjadi “lantai atas” dari rumah portabel tersebut, terdapat ruang untuk “lemari pakaian”. Ruang tengah digabungkan dengan dapur. Kamar mandi menyempil di antara dapur dan kamar tidur. Demi menghemat segalanya, kamar mandi cukup diberi shower dan wastafel. Murah, efisien, tapi tetap berkelas.

    Masih belum cukup. Sudah disebutkan sejak awal bahwa konsep rumah mini ini adalah mendekatkan diri dengan alam dan berkompromi dengan lingkungan. Tidak heran, demi “persahabatan dengan ekologi”, pasangan Cavelry menggunakan bagian atap rumah untuk menampung air hujan. Dengan cara ini, ada alternatif persediaan air disaat memerlukan air. Selain itu, terdapat toilet “ramah lingkungan”.

    Carrie Claverly menyatakan, ia hanya membutuhkan waktu lima menit untuk membersihkan rumah berjalan ini. Namun, kemudahan yang ia rasakan bukan berarti tidak ada kendala. Kedua pasangan ini masih memikirkan cara agar dapat mengelola salju yang turun pada musim dingin, tanpa mengacaukan keadaan rumah mobil ini. Bayangkan saja, seandainya salah satu dari keduanya masuk ke rumah dan langsung melangkah ke ruang tengah begitu saja.

    Lalu, di manakah rumah berjalan ala Carrie dan Shane ini bisa diparkir di Amerika Serikat? Banyak alternatif, mulai dari tanah keluarga atau teman yang disewa, tanah milik sendiri, hingga tempat parkir bagi mereka yang gemar berpetualang dengan mobile home atau RV.

    Rumah unik ala keluarga Claverly kemudian terus berkembang. Mendapatkan reportase dari berbagai media, rumah ini kemudian dikenal di dunia internasional. Carrie dan Shane sendiri kemudian membidik potensi bisnis.

    Pada kenyataannya, memang rumah jenis ini menjadi inspirasi bagi banyak orang. Seiring dengan semakin stagnannya kehidupan, terbatasnya ruang gerak seseorang dalam menyelesaikan kebutuhan hidup, banyak yang kemudian ingin mencari kebebasan yang sebebas-bebasnya di rumah sendiri.  Dengan tawaran 48,000 dolar, Carrie dan Shane siap menyulap sebuah rumah berjalan bagi siapa pun yang berminat. Cukup mahal, tapi ini sesuai dengan slogan mereka, bahwa memang tidak semua orang harus menggunakan rumah berjalan ala keluarga Claverly.

    Desain Rumah Unik Sederhana – Bisnis ini kemudian terus berkembang. Seiring dengan semakin tertariknya orang dengan bentuk bangunan rumah nyaman yang mendukung petualangan seperti yang dibangun oleh dua orang yang hidupnya senantiasa berkaitan dengan konstruksi ini, telah ada proyek untuk membangun mall berjalan. Potensi bisnisnya jelas besar.

    Desain Rumah Unik Sederhana – Di Indonesia, bukan tidak mungkin bentuk rumah semacam ini, akan marak beberapa tahun lagi. Seperti kata seorang arsitek, “Memiliki rumah yang lebih besar bukan berarti Anda merupakan orang yang lebih baik.”