Desain Tangga Rumah Ideal

    Desain Tangga IdealDESAIN TANGGA RUMAH- Jika lahan yang Anda miliki untuk membangun sebuah rumah tidak terlalu besar, tangga rumah yang ideal menjadi sebuah alternatif.

    Tidak mudah dalam penetuan tangga rumah. Dalam aplikasinya, harus memperhatikan banyak hal, seperti luas rumah, bentuk rumah, ukuran, estetika, pencahayaan, keamanan, kenyamanan, dan faktor-faktor lainnya.

    Untuk mengaplikasikan tangga pada rumah bertingkat, dibutuhkan perencanaan yang matang dan penuh perhitungan dalam membuat tangga rumah. Mencari posisi tangga merupakan faktor sangat penting dan jauh lebih baik diarahkan oleh ahlinya. Hindari pemasangan berhadapan antara tangga dan pintu.

    Jenis tangga juga harus dilihat dari luasan sebuah ruangan itu sendiri. Untuk rumah yang tidak cukup besar bisa memilih tangga yang setengah lingkaran. Namun, jika keterbatasan ruang dan ingin praktis, tidak ada salahnya Anda memilih tangga berbentuk spiral. Tangga spiral ialah yang berbentuk melingkar dengan satu tiang, umumnya terbuat dari logam.

    Dalam aplikasi pembangunan rumah dengan tipe rumah bertingkat, desain tangga sekarang ini sangat variatif, mulai dari desain tangga biasa hingga desain tangga yang bernilai seni tinggi sekaligus unik. Berikut jenis tangga rumah ideal :

    Tangga Lurus Model Huruf I

    Model pertama desain tangga rumah ideal yang biasa diaplikasikan dalam desain rumah bertingkat adalah tangga lurus model huruf I. istilah lain dari tangga jenis ini adalah one wall stair. Bentuk tangga model ini lurus dari bawah ke atas tanpa ada belokan dan tanpa ada bordes atau tempat istirahat sejenak.

    Tangga one wall stair ini sangat membutuhkan lahan yang luas karena aplikasi tangga ini sangat bergantung pada luas lahan yang diperuntukan tangga pada sebuah rumah. Aplikasi model tangga ini sangat cocok digunakan untuk tipe rumah yang luas. Bawah tangga jenis ini bisa dimanfaatkan untuk ruangan atau lemari tertentu.

    Tangga Berbelok Arah atau Tangga Model Huruf L

    Desain selanjutnya adalah tangga rumah berbelok arah. Tangga model ini dikenal juga dengan nama tangga model huruf L. Dikenal dengan istilah tangga huruf L karena tangga tipe ini berbentuk seperti huruf L. Pada bagian tertentu, tangga ini berbelok arah, seperti halnya huruf L. Tangga tipe ini tidak memerlukan luas lahan yang pas sehingga tangga ini cocok untuk diaplikasikan pada rumah dengan desain hunian minimalis modern.

    Tangga Berbalik Arah atau Tangga Model Huruf U

    Satu lagi tipe tangga yang bisa diaplikasikan dalam konsep rumah bertingkat, yaitu model tangga berbalik arah. Model tangga ini dikenal juga dengan model tangga huruf U. Tangga model seperti huruf U merupakan model tangga yang umum digunakan dalam masyarakat.

    Tipe tangga yang menyerupai huruf U ini hampir sama dengan tangga model huruf L. Perbedaan tangga tipe huruf U dan tangga tipe huruf L terletak pada arah belokannya. Tangga tipe u berbelok melawan arah tangga sebelumnya, sedangkan tangga tipe L berbelok ke samping kanan atau kiri.

    Tipe tangga seperti huruf U ini tidak terlalu membutuhkan banyak ruang seperti yang dibutuhkan tangga tipe huruf I. Tipe tangga seperti ini sangat umum dijumpai pada perumahan dengan tipe rumah yang tidak terlalu luas, tapi berkonsep rumah bertingkat. Selain itu, ruang bawah tangga yang dihasilkan tangga jenis ini lebih luas dibandingkan dengan model I dan L. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk kamar mandi atau gudang.

    Tangga Bercabang atau Tangga Model Y

    Satu lagi model tangga yang bisa diaplikasikan dalam pembangunan rumah bertingkat adalah tangga bercabang. Tangga ini dikenal juga dengan sebutan tangga huruf Y. Tangga jenis ini memiliki bordes atau tempat istirahat sementara yang berfungsi sebagai pusat tangga. Pada tipe tangga ini, di samping kiri dan kanan bordes terdapat percabangan dari tangga utama.

    Tangga jenis huruf Y ini memerlukan lahan yang luas karena desain tangga ini memiliki kesan megah dan mewah yang merupakan ciri khas dari rumah besar yang mewah dan megah. Alur dari tangga jenis huruf Y ini, dari bawah kemudian naik, di tengah-tengah terdapat bordes, dan di sisi sebelah kiri dan kanan bordes akan bercabang anak tangga. Biasanya, tangga jenis ini selalu digunakan di gedung-gedung atau rumah yang berkonsep mewah klasik.

    Tangga Putar

    Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, tangga tipe memutar atau tipe spiral sangat cocok diaplikasikan pada lahan rumah bertingkat yang sempit. Tangga tipe memutar atau spiral ini merupakan tipe tangga yang hemat tempat. Tangga tipe ini sering digunakan sebagai tangga yang menuju bagian loteng atau bagian tempat jemuran pada rumah bertingkat. Tipe tangga ini pun kadang ditempatkan di luar ruangan.

    Biasanya, bahan material pembuat tangga tipe ini terbuat dari besi karena relatif mudah untuk dibuat melengkung atau spiral. Tangga tipe ini hanya bisa dilewati oleh satu orang. Tangga tipe spiral ini lebih menekankan fungsi daripada keindahan meskipun ada juga yang membuatnya tampil menarik.

    Tangga Melingkar

    Satu lagi jenis tangga yang biasa diaplikasikan dalam konsep rumah bertingkat, yaitu tangga melingkar. Tangga bentuk ini memiliki nilai artistik yang tinggi sehingga pantas dikatakan sebagai tangga yang paling mewah jika dibandingkan dengan model tangga lainnya.

    Bentuk tangga melingkar ini sangat indah. Ada lengkungan yang menghasilkan nilai artistik dari tangga tersebut. Tangga tipe melingkar luas ini biasanya digunakan pada rumah yang luas atau rumah mewah dan megah dengan atap yang tinggi.

    Pemilihan jenis tangga sekali lagi sangat bergantung pada jenis rumah serta luas ruangan. Jika memungkinkan untuk melakukan banyak dekoratif pada tangga, kenapa tidak dilakukan? Lagi pula itu semua untuk keindahan rumah Anda, bukan? Tetapi, jangan juga memaksakan desain tangga, karena khawatir akan membuat tampilan rumah menjadi tidak rapi.

    JASA DESAIN TANGGA RUMAH

    Apabila Anda membutuhkan Jasa Desain Tangga Rumah Ideal atau informasi- informasi lebih lengkap mengenai tangga rumah ideal silahkan kunjungi Website kami sannurarsitek.com atau jika ingin langsung berkonsultasi dengan team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 082132343879