Desainer Rumah, Cara Sederhana

    Desainer Rumah, Cara Sederhana

    Desainer Rumah – Meskipun masih dalam keterbatasan dan tahap belajar, tetapi mencoba membuat sebuah desain rumah tidak ada salahnya bukan? Untuk menjadi seorang desainer rumah, Anda harus mencari informasi lebih banyak terkait dengan mendesain rumah.

    Mendesain rumah adalah bagaimana caranya kita dapat membangun sebuah rumah yang indah dengan biaya yang tidak begitu mahal, namun kekuatan kontruksi  yang dimiliki cukup maksimal. Dalam membangun rumah hal penting lainnya adalah memerhatikan kelestarian alam sekitar, sehingga memberikan efek sejuk dan tenang ketika berada di rumah tersebut.

    Memilih Warna Interior Rumah

    Rumah merupakan sesuatu yang diidamkan banyak orang. Sebuah rumah harus mempunyai struktur yang kuat dan kokoh. Tetapi itu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan suatu rumah tangga yang sehat dan menyenangkan untuk ditempati. Bagi desainer rumah, keindahan rumah disesuaikan dengan kebutuhan sang pemilik.

    Salah satu hal yang sangat menentukan dalam keindahan desain interior adalah pemilihan warna ruangan. Berikut ada beberapa tips interior rumah yang dapat dijadikan referensi dalam pemilihan warna yang indah untuk ruangan Anda.

    • Oranye

    Warna oranye merupakan warna campuran berbagai warna terang yang menyatu dalam sebuah warna. Warna oranye lembut juga dapat memberikan kesan kegembiraan dan penuh harapan pada sebuah ruangan. Warna ini sangat cocok dipakai di ruang tamu dipadukan dengan sofa berwarna putih yang menyejukan. Kombinasi warna ini akan menghasilkan nuansa yang cerah, sehingga tamu yang berkunjung merasakan keceriaan dan kegembiraan.

    • Hijau

    Warna hijau merupakan warna dari tumbuh-tumbuhan dan pepohonan. Warna hijau memberikan kesan yang menyejukan bagi penghuni rumah. Warna ini sangat cocok untuk ruang makan yang berada di tengah-tengah rumah, karena bisa memberikan kesegaran bagi penghuninya.

    • Ungu

    Meskipun warna ungu ini terlihat gelap dan memberikan efek kesan kecil pada sebuah ruangan, tetapi warna ini bisa menghilangkan kesan kotor dan pastinya cocok untuk area dapur. Dengan perabotan yang berwarna ungu dapat menimbulkan kesan elegan pada dapur Anda.

    • Putih

    Warna putih sangat cocok untuk ruangan kerja yang menuntut kesan fokus dan terang. Pemilihan warna dasar akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan perabotan berwarna coklat atau hitam sangat cocok pada ruangan kerja yang mendapatkan pencahayaan yang cukup. Coklat dan kuning membawa suasana hangat, dua warna ini sangat jarang dikombinasikan, namun warna kuning akan sangat menyala dan menonjol di atas warna dasar coklat. Warna ini bisa Anda coba untuk warna kamar Anda, agar dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan saat berada didalam kamar.

    Mengenal Bagian Ruang Rumah

    Desainer Rumah – Rumah merupakan satu kesatuan dari beberapa unsur ruang yang membentuknya. Tanpa ada kelengkapan dari unsur tersebut, rumah tidak akan menjadi lengkap bahkan tidak bisa  dikatakan sebuah rumah. Menurut desainer rumah, dalam membangun sebuah ruangan , cara penempatannya adalah sebagai berikut.

    • Teras Depan

    Teras depan adalah ruang yang terletak di muka sebuah tempat tinggal. Ruangan ini merupakan ruangan umum yang dihubungkan antara tamu dan pemilik rumah.

    • Ruang Tamu

    Ruang tamu ini berfungsi untuk menerima tamu dan melayani tamu yang datang. Biasanya ruangan ini terletak dekat dengan teras depan dan pintu depan, dan agak jauh dari ruang tidur. Ada juga yang menempatkan ruang tamu berdekatan dengan dapur ruang makan, untuk memudahkan pelayanan bagi para tamu yang datang.

    • Dapur

    Dapur merupakan bagian yang paling penting dalam komponen sebuah rumah. Dapur berfungsi untuk mengolah dan menyiapkan makanan serta minuman bagi keluarga.

    • Ruang Keluarga

    Ruang keluarga adalah ruangan yang khusus untuk anggota keluarga. Biasanya ruang keluarga ini digunakan oleh seluruh anggota keluarga untuk aktivitas yang sifatnya rileks, misalnya sebagai tempat menonton TV, bermain dan tempat berkumpul dan mengobrol. Letak ruangan keluarga ini bisanya berada di tengah-tengah antara ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

    • Ruang Makan

    Ruang makan adalah ruangan yang dibuat secara khusus digunakan untuk makan dan minum bagi anggota keluarga. Ruang makan biasanya terletak di dekat dapur agar sajian dapat dengan mudah dihidangkan.

    • Ruang Tidur

    Ruang tidur adalah ruang kamar yang digunakan untuk beristirahat dan sifatnya sangat pribadi. Maka dari itu, ruang tidur harus ditempatkan jauh dari keramaian dan kebisingan, agar mendapatkan ketenangan.

    • Kamar Mandi

    Kamar mandi adalah ruangan yang digunakan untuk mandi. Kamar mandi biasanya menjadi sebuah tempat untuk buang air besar atau buang air kecil. Namun ada juga yang dinamakan ruang cuci untuk mencuci pakaian. Pada umumnya, fasilitas yang berada di dalam kamar mandi adalah bak air, tempat handuk, tempat sabun dan lain-lainnya.

    • Gudang

    Gudang adalah ruang atau kamar yang khusus untuk menyimpan barang-barang di rumah yang sudah jarang digunakan. Gudang memiliki kesan kotor dan berantakan, akan lebih baik penempatannya jauh dari ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan.

    • Garasi

    Garasi adalah ruangan khusus untuk menyimpan kendaraan seperti mobil, motor, sepeda dan lain sebagainya.

    • Ruang Kamar Tambahan

    Rumah besar biasanya menyediakan kamar tambahan, misalnya ruang kerja, ruang baca, ruang sembahyang, kamar pembantu dan lain-lainnya. Namun, pembangunan ruang kamar tambahan ini disesuaikan dengan budgert sang pemilik rumah.

    Desain Rumah Minimalis

    Akhir-akhir ini para desainer rumah lebih banyak membuat desain rumah yang minimalis. Minimalis di sini bukan lagi sebagai selera, tapi menjadi sebuah budaya yang menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia, cenderung menyukai sesuatu yang praktis dan simple.

    Secara keseluruhan rumah minimalis dapat digambarkan, berupa adanya bidang-bidang datar yang rapih, garis-garis lekukan, permodelan yang sederhana, dan lain sebagainya. Di dalam segi pewarnaan untuk rumah minimalis ini sering kali diberikan warna-warna cat dengan perpaduan abu-abu, hitam dan putih.

    Ketidaknyamanan yang sering ditemui berlebihan, sehingga terkesan boros dan tidak simple. Untuk itu, diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam membuat desain rumah minimalis ini. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat tampilan 3 dimensi rumah minimalis yang akan dibangun. Dengan begitu, bisa melihat bidang-bidang yang tidak perlu ada.

    Perkembangan gaya rumah minimalis yang begitu pesat, menghasilkan berbagai macam model dari rumah minimalis. Misalnya rumah minimalis tradisional, rumah minimalis modern, rumah minimalis religius, rumah minimalis sederhana, dan rumah minimalis klasik.

    Di tengah ketenaran model rumah minimalis tentunya masih banyak lagi model-model rumah lainnya yang menjadi ciri khas kebudayaan Indonesia, baik itu tergambar dalam rumah adat mau pun hasil rekayasa desainer rumah. Rekayasa desainer rumah itu berasal baik dari pikiran mau pun angan-angan yang masuk ke dalam 2 dimensi, selanjutnya diwujudkan sebagai suatu kesatuan benda yang diberi nama rumah.
    Adapun juga model-model rumah lainnya seperti rumah joglo desain rumah tropis, dan desai mediterania.

    Tips Membangun Rumah Minimalis

    Dalam proses pembangunan rumah minimalis memang memerlukan ketelitian pembuatan detail-detail bangunan, sehingga dapat menghasilkan sebuah bangunan yang cantik, rapi, dan indah.

    Untuk membuat  garis-garis cekung, Anda bisa menggunakan cetakan pipa pvc yang dibelah, sehingga menghasilkan ukuran lebar yang seragam. Semen yang digunakan dalam bidang ini sebaiknya dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya pecah bangunan akibat kurang meratanya adukan semen ke dinding bata.

    Perkembangan rumah minimalis ini akan semakin tercipta dengan inovasi desainer rumah, selalu mempunyai ide-ide hebat dalam menciptakan sebuah rumah yang indah. apabila Anda membutuhkan desainer rumah, saran kami ke Sannur Arsitek.

    Kunjungi juga FB Sannur.

    Semoga dengan adanya artikel desainer rumah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.