Furniture Rumah Minimalis

    Furniture Rumah Minimalis

    Furniture Rumah Minimalis – Rumah, baik yang telah dapat kita beli, masih dalam status kredit bank, ataupun kontrak tetaplah perlu untuk dibenahi agar kita senang tinggal di dalamnya. Salah satu cara untuk mempercantik rumah tinggal adalah dengan menghadirkan furniture minimalis.

    Bentuk minimalis memang akhir-akhir ini sangat populer seiring dengan terbatasnya lahan untuk membangun sebuah rumah atau bangunan lain yang diperuntukkan sebagai kantor, sekolah, mall, gedung olahraga, sampai dengan restoran. Bukan hanya bangunannya saja yang dibuat berbentuk minimalis tetapi perabotannya juga diubah menjadi furniture minimalis.

    Furniture Minimalis

    Furniture Rumah Minimalis – Pemakaian furniture yang berbentuk garis lurus, tegas, minimal, dan chic tak bisa dipungkiri akan membuat ruangan terkesan menjadi lebih lebar. Furniture minimalis bisa ditempatkan di semua sudut rumah mulai dari teras, ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga, dapur, sampai dengan kamar mandi.

    Siapa yang tidak tertarik terhadap segala hal yang berbau minimalis termasuk dengan furniture minimalis, sudah biaya yang diperlukan tak seberapa besar seperti pada rumah bergaya Romawi dan Yunani, hasil yang nampak pun juga segar, irit, dan fleksibel seperti kehidupan masyarakat modern.

    Kriteria Furniture Minimalis

    Furniture Rumah Minimalis – Berikut beberapa ciri furniture minimalis yang bisa kita tempatkan untuk mempercantik ruangan:

    1. Kriteria Furniture Minimalis – Bentuk Ramping Irit Pemakaian Ruangan

    Furniture minimalis biasanya tampil dengan bentuk yang ramping sehingga tidak membuat penuh ruangan di rumah mungil kita. Apabila perabot ini diletakkan di rumah yang luasnya sedang atau lebar pun, kesan mungil nan cantiknya tetap saja terasa ringan, bebas, dan fleksibel.

    Coba kita bandingkan bentuk tempat tidur era 1990-an yang banyak menggunakan motif ukir Jepara atau Pasuruan. Cantik sih, namun terkesan berat dan susah untuk dibersihkan. Tempat tidur 180 x 200 m tersebut menjadi lebih lebar beberapa puluh centimeter. Furniture ini jelas bukan furniture minimalis.

    Bandingkan dengan furniture minimalis yang memiliki bentuk tempat tidur segi empat. Polos tanpa hiasan hanya mengandalkan sending yang bagus dari kayu ataupun multipleks sehingga nampak ringan dan tidak memenuhi tempat untuk kamar yang sempit.

    Demikian pula yang terjadi pada ruang tamu. Era 1990an ruang tamu tampil dengan gaya sofa besar, bersandaran lebar, dan ada penyanggah tangan berbentuk merekah keluar di kanan dan kirinya. Kesannya memang mewah, namun sekali lagi hanya akan menimbulkan kesan sempit dan memenuhi ruangan. Furniture di ruang tamu ini pun jauh dari kesan furniture minimalis.

    Furniture minimalis hadir dengan bentuk sofa yang lebih ramping dan cantik. Pilihan warna yang beragam juga membuat pembeli tak perlu khawatir keberadaannya akan terkesan monoton. Begitu pula dengan kursi kayu yang dahulu berbentuk ukir melebar, kini tampil lebih ramping dan misal pun ada ukirannya namun dibuat sepraktis dan seefisien mungkin.

    1. Kriteria Furniture Minimalis – Perabot Kompak Pemanis Ruang

    Furniture minimalis biasanya hadir dalam bentuk perabot kompak yang dibuat berdasarkan pesanan. Bagi hunian mungil tentu saja cara seperti ini membuat kesan lapang pada ruangan-ruangan di dalamnya.

    Pemesanan furniture minimalis bisa didapatkan pada pemborong yang berkecimpun di bidang desain interior. Biaya pemesanan perabot kompak pada furniture minimalis berkisar antara Rp1.500.000,00 sampai dengan Rp2.500.000,00. Semua biaya bergantung pada pilihan desain, bahan, dan kapasitas serta pengalaman seorang desainer dalam membuat ruangan menjadi terlihat menawan.

    1. Kriteria Furniture Minimalis – Bahan Pembuat Furniture Minimalis

    Pembuatan furniture minimalis, tidak harus berada di sebuah pabrik mebel. Industri rumah tangga yang berkecimpung dalam bidang desin interior maupun pembuat mebel juga bisa membuatnya sendiri. beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat furniture minimalis, antara lain :

    1. Bahan untuk Membuat Furniture Minimalis – Kayu

    Kayu masih tetap menjadi primadona di dalam pembuatan perabot rumah tangga, termasuk furniture minimalis ini. Demikian juga dengan pembuatan furniture minimalis. Seratnya yang tegas dan kekuatannya membuat kayu memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

    Hanya saja, harus diakui, semenjak musim furniture berbentuk minimalis, maka bentuk, motif, dan warna mebel dari kayu banyak berubah. Bentuk perabot dari kayu yang dulunya selalu identik dengan ukiran menjadi lebih simple.

    Daerah penghasil furniture di Jepara, Jawa Tengah dan Pasuruan, Jawa Timur juga banyak mengganti model perabotnya menjadi berkriteria furniture minimalis, cantik, dan sexy. Beberapa kayu yang biasa dipakai sebagai furniture adalah : kayu jati, mahoni, kelapa, dan sengon.

    1. Bahan untuk Membuat Furniture Minimalis – Plywood

    Merupakan serbuk kayu yang diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai kayu. Plywood memang tidak sekuat furniture yang terbuat dari kayu. Namun pilihan warna dan serat plywood menjadikan produk ini banyak diminati oleh desainer furniture minimalis dalam menata ruangan klien mereka.

    Kesan rapi dan presisi juga didapatkan dengan memasangkan plywood pada ruang makan, dapur, ataupun almari buku di ruang baca. Satu yang membuat plywood mudah rusak yaitu apabila terkena air. Oleh karena itu furniture minimalis yang dibuat dari plywood sebaiknya jangan dipergunakan di luar ruangan atau eksterior rumah. Terkena rembesan air apalagi hujan akan membuat furniture berbahan plywood membusuk dan kemudian pecah.

    1. Kriteria Furniture Minimalis – Finishing atau Pewarnaan Pada Furniture Minimalis

    Untuk membuat furniture minimalis memang tidak sulit, namun apabila ingin menghasilkan furniture yang bagus serta terlihat menawan memang perlu memperhitungkan finishing atau pewarnaan akhirnya. Ada beberapa cara untuk mewarna atau finishing, antara lain :

    Tacon

    Taconsheet

    Decosheet

    Melamic

    Cat duco.

    Sedangkan warna-warna yang biasa dipilih untuk finishing furniture minimalis, antara lain hitam, coklat salak, coklat tua, putih, hijau lemon, orange terang, dan merah ferari.

    1. Kriteria Furniture Minimalis – Jenis Furniture Minimalis

    Beberapa jenis yang bisa dibuat dengan model furniture minimalis adalah

    Kitchen set minimalis. Dapur minimalis memiliki ciri khas rapi dan presisi. Furniture minimalis kompak yang memuat segala perlengkapan sebuah dapur. Mulai dari kompor, almari es, rak piring, gelas, sampai berbagai panci,dan penggorengan. Ada juga dapur minimalis yang dibuat dengan bentuk bar sehingga membuat lapang ruang makan. Kesan luas dan bersih bisa nampak dari sebuah dapur yang ditata menggunakan jenis furniture minimalis.

    Wardrobe (lemari pakaian, sepatu, dan accesories). Pemilihan lemari umum atau wardrobe digunakan sebagai tempat untuk menyimpan segala jenis perlengkapan berbusana mulai dari pakaian, sandal, sepatu, jilbab, dan berbagai assesoris lainnya. Dengan adanya wardrobe yang dibuat di bawah tangga, sudut ruang tidur, atau tempat lekukan lainnya dengan konsep furniture minimalis, maka kesan lapang dan rapi akan didapatkan dari sebuah rumah hunian yang mungil ataupun sedang.

    Bed set ( tempat tidur satu set ). Furniture minimalis memungkinkan kita memiliki bentuk tempat tidur yang kompak dengan meja rias dan lemari baju di dalam kamar. Sangat menawan, terlihat rapi, dan tentu saja membuat nuansa tersendiri pada ruangan tersebut.

    TV set (Lemari TV, dan Entertainment). Rak TV dan segala pernak-perniknya yang dibuat dengan sistem furniture minimalis menimbulkan kesan glamour dan sangat menawan. Ruang keluargapun menjadi sangat nyaman untuk bercengkerama dengan keluarga.

    Furniture Rumah Minimalis – Office set. Beberapa perabot kantor yang bisa di-setting dengan sistem furniture minimalis antara lain meja kantor, meja manajer, meja counter, meja teller, filling cabinet, meja komputer, sampai dengan pantry.