Jasa Arsitek Rumah Minimalis

    Jasa Arsitek Rumah Minimalis

    Memilih konsep rumah dengan desain yang minimalis menjadi salah satu trend terkini di masyarakat. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau, juga perawatan rumah yang tidak sulit.

    Coba pahami dulu tips-tips berikut ini sebagai panduan sebelum memilih rumah bergaya minimalis.

    1. Bersih dan rapi

    Menjaga kebersihan dan kerapian rumah adalah suatu syarat wajib jika kamu sudah ingin memilih sekaligus menjadikan sebagai gaya hidup. Agar visi ini tetap berjalan, kamu perlu membuat desain rumah minimalis yang dilengkapi dengan tempat-tempat istimewa di semua ruangan.

    Silahkan sematkan beberapa tempat penyimpanan yang besar untuk bagian dapur. Pasalnya, dapur sebagai pusat aktivitas berat di rumah.

    Sebab, ada baiknya jika kamu tidak membuat banyak sekat pembatas ruangan. Akan lebih efisien lagi, jika dapur memiliki integrasi dengan ruangan lain seperti halnya ruang makan/ruang tamu.

    1. Desain cenderung geometris

    Sesuai dengan pengertiannya, minimal berarti paling sedikit. Tak perlu diherankan jika gaya rumah minimalis umumnya berbentuk geometris, yaitu kotak atau perisai maupun kubus. Gaya minimalisme ini dicetus oleh De Stijl dan Bauhaus pada tahun 1920-an.

    Bauhaus mempromosikan produksi massa serta kerajinan teknologi dan perpaduan seni. Sementara, De Stijl lebih mengedepankan abstraksi dan mengurangi ornamen untuk kembali ke esensi bentuk serta warnanya yang begitu memanjakan mata.

    Ketahuilah, bentuk geometris ini adalah bentuk paling dasar rumah atau bangunan yang dikenal sejak lama. Adapun alasan mengapa atap datar dipilih, karena atap ini lebih mudah dan cepat dibangun untuk sekelompok hunian yang dibuat secara massal.

    1. Desain yang selalu memaksimalkan keadaan

    Tempat dengan lahan sempit ataupun berlebih sebenarnya bukan problem yang susah diatasi untuk rumah yang bergaya minimalis. Kamu bisa meminta bantuan arsitek profesional jika masih bimbang dengan apa yang mesti dibangun di atas kondisi lahan tersebut.

    Karakter dari rumah minimalis sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah mempunyai banyak fungsi yang bisa diciptakan, misalnya kolam dan teras. Tetapi, kamu harus memperhatikan kualitas dan perawatannya agar tidak terjadi kebocoran di atapnya.

    1. Pentingnya kohesifitas

    Aspek utama dalam desain minimalis agar tercipta keseimbangan antar elemen dengan cara yang sederhana merupakan Kohesifitas. Kamu bisa mengusahakan agar potongan elemen disetiap ruangan tidak terlihat tumpang tindih, tampak sama, tidak terlalu banyak detil dan juga warna yang membuatnya tidak minimalis.

    Kamu bisa menyediakan tempat penyimpanan yang sengaja ditata rapi mengelilingi ruangan dengan bentuk geometris sederhana dan serba lurus. Agar tampak saling sinkron, furnitur lain di ruangan itu sebaiknya juga memiliki bentuk yang serupa.

    Pertimbangkan kembali adanya tempat penyimpanan dinding geometris untuk menciptakan keterkaitan antara interior dan eksterior rumah yang serba geometris.

     

    Apakah anda ingin membangun rumah minimalis? Percayakan urusan arsitek rumah minimalis anda pada Sannur arsitek. Info lebih lanjut silahkan hubungi kami.