Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Sewa Rumah

    Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Sewa Rumah

    Bisnis sewa rumah, terutama di daerah perkotaan, industri, dan kampus pendidikan merupakan usaha yang cukup menjanjikan apabila direncanakan dan dikelola dengan baik. Kini banyak pendatang yang mencari tempat tinggal sementara (sewa/kontrak) selama mereka merantau atau belum memiliki rumah sendiri. Jika Anda berminat untuk terjun ke dalam bisnis ini, sebaiknya simak penjelasan berikut. Dan hasil lebih baik lagi tidak ada salahnya mendatangkan jasa desain rumah sewa.

    Untuk mendirikan bangunan rumah-rumah sewaan, Anda membutuhkan lahan/tanah serta modal yang cukup besar. Lahan/tanah yang diperlukan pun tidak sembarangan, melainkan harus ada di lokasi strategis yang dekat dengan pusat aktivitas para calon penyewa, misalnya dekat daerah perkantoran, industri, atau kampus-kampus. Semakin strategis lokasi lahan/tanah Anda, semakin tinggi potensinya untuk menguntungkan.

    Rumah Disewakan, Properti yang Tak Pernah Mati

    Banyak iklan menyewakan rumah, muncul diberbagai website atau blog. Jika Anda berjalan-jalan di sebuah perumahan pasti ada beberapa agent property yang akan menempelkan pemberitahuan mengenai sewa atau jual rumah. Rumah disewakan merupan iklan yang muncul dengan mudah jika Anda coba untuk browsing melalui google atau yahoo.com.

    Kini telah banyak agent property yang bersedia untuk membantu Anda dalam memburu rumah idaman. Rumah disewakan biasanya mematok harga sesuai dengan kondisi bangunan baru atau lama, lokasi strategis yang mudah dijangkau dan tidak jauh dari fasilitas publik seperti pasar, rumah sakit dan tempat ibadah.

    Bagi pemilik rumah yang ingin menyewakan rumahnya juga hendaknya memahami trik-trik khusus dalam perjanjian sewa menyewa rumah agar tidak dirugikan di kemudian hari. Acapkali terjadi penyewa kabur sebelum melunasi seluruh biaya sewa, bahkan tak sedikit yang merusak atau tidak memelihara bangunan rumah.

    Rumah disewakan tentu saja merupakan lahan basah bagi para investor properti dan juga kesempatan bagus bagi para penyewa untuk menikmati indahnya hunian dengan budget yang masih mudah dijangkau. Nah, apa saja tips sewa-menyewa rumah?

    Perhatikan Lokasi

    Apakah lokasi rumah berada di daerah hunian yang elite atau di daerah pinggiran yang kurang terjaga keasriannya. Penyewa yang berstatus lajang atau berkeluarga juga perlu melihat lokasi rumah yang disewakan tersebut, apakah cocok bagi mereka. Karena pergaulan sosial kaum lajang dan mereka yang sudah berkeluarga tentunya akan berbeda.

    Kondisi Bangunan

    Bagaimana kondisi bangunan? Apakah terawat baik ataukah kurang? Menyewakan rumah yang masih baru dan terawat tentu berbeda dengan menyewakan rumah yang kondisinya sudah tua dan kusam. Penyewa akan lebih tertarik pada rumah yang terawat baik sehingga hal ini dapat berpengaruh pada ongkos sewa.

    Kemudahan Transportasi

    Seindah dan semenarik apapun rumah yang disewakan akan menjadi sulit jika lokasinya terpencil dan jauh dari pusat keramaian dan transportasi umum. Sekalipun calon penyewa memiliki kendaraan pribadi, lebih baik jika tersedia transportasi yang mudah dijangkau pada lokasi tersebut. Kendaraan pribadi dapat saja sewaktu-waktu rusak/ masuk bengkel.

    Dekat dengan Fasilitas

    Bagi penyewa berstatus lajang atau mereka yang ditugaskan oleh sebuah instansi tertentu, akan lebih mudah jika rumah disewakan tersebut terletak dekat dengan kantor atau tempat penugasan. Sebaliknya bagi mereka yang berkeluarga akan lebih menyukai lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah dan sebagainya.

    Perjanjian Sewa

    Ada baiknya perjanjian sewa dibuat sebaik mungkin dengan menyebutkan pasal-pasal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak baik penyewa maupun pemilik rumah. Hal yang perlu disebutkan adalah masa sewa, masa tenggang, besarnya uang sewa, pemeliharaan bangunan, pelunasan biaya-biaya terkait dengan sewa rumah dst.

    Tipe-Tipe Rumah

    Rumah itu terdiri atas banyak tipe, masing-masing tipe cirinya berbeda. Mulai dari jumlah ruangan, serta besar kecilnya bangunan. Semakin kecil tipe sebuah rumah, semakin kecil pula luas rumah dan semakin sedikit jumlah ruangannya.

    Tipe rumah yang disewakan juga ada banyak, semakin besar tipenya, biaya sewa pasti lebih mahal. Untuk rumah sewa yang ada di perumahan elite tentu luas dan besar bangunan berbeda dengan di perkampungan penduduk biasa. Di bawah ini ada beberapa tipe rumah beserta jumlah ruangan pada umumnya. Untuk lebih jelasnya bisa mendatangkan jasa desain rumah sewa.

    Tipe 36

    Rumah ini biasanya masing-masing ruangan hanya ada satu, yakni 1 tempat tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur, dan 1 ruang tamu.  Rumah ini biasanya dibuat di lahan yang terbatas sehingga ruangannya sedikit dan luasnya yang kecil.

    Apabila dilihat dari luar, rumah ini terlihat sangat kecil. Tentunya penyewa rumah ini biasanya orang yang sederhana karena biaya sewa lebih murah dari tipe di atasnya. Rumah ini paling banyak peminatnya, baik untuk disewa maupun dibeli. Oleh karena itu, banyak developer yang lebih mengembangkan rumah tipe 36.

    Tipe 45

    Rumah ini luasnya lebih besar daripada tipe 36. Apabila rumah sewa tipe 36 luasnya 36 meter, tipe 45 luasnya 45 m. Rumah tipe 45 biasanya dilengkapi dengan garasi yang tidak terlalu lebar dan panjang, hanya cukup untuk memasukkan satu buah mobil.

    Ruangannya terdiri atas 2 buah kamar tidur, 1 buah ruang keluarga, 1 buah ruang tamu, 1 buah dapur, 1 buah kamar mandi, dan halaman depan serta belakang yang luasnya terbatas. Salah satu tipe 45 adalah 45/96. Artinya luas bangunan 45 meter dan luas tanah 96 meter.

    Tipe 60

    Rumah ini sepertinya lebih banyak disewa oleh orang-orang menengah. Oleh karena biaya sewa apalagi jika ditambah pembayaran listrik, air, dan lain-lain, biayanya akan terasa berat jika yang menyewa orang menengah ke bawah.

    Ruham tipe 60 terasa lebih lega dibandingkan dua tipe rumah di atas. Tentu saja karena luas bangunan dan tanahnya lebih besar. Rumah tipe 60 memiliki 2 buah kamar tidur, 2 buah kamar mandi, 1 buah dapur yang menyatu dengan meja makan, 1 buah ruang tamu, 1 buah garasi, dan halaman yang sedikit lebih luas.

    Tipe 90

    Tipe rumah 90 bisa terbilang lumayan mewah. Ada rumah tipe ini yang terdiri atas 2 lantai. Desain luar rumah ini juga biasanya terkesan modern dan sedikit mewah.

    JASA DESAIN RUMAH SEWA

    Apabila Anda membutuhkan Jasa Desain Rumah Sewa atau informasi- informasi lebih lengkap mengenai Desain Rumah Sewa silahkan kunjungi Website kami sannurarsitek.com atau jika ingin langsung berkonsultasi dengan team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 082132343879