Model Jendela Kamar dan Cara Memilihnya

    Model Jendela Kamar dan Cara Memilihnya

    Model Jendela Kamar – Artikel berikut akan mengulas tentang desain jendela kamar. Jendela sudah identik dengan setiap bangunan. Bangunan manapun dan apapun bentuknya pasti tidak terlepas dari peran sebuah jendela. Jendela adalah sebuah celah yang dibuat khusus dengan ukuran dan model yang beragam pada setiap bangunan.

    Fungsi utama jendela adalah sebagai ventilasi atau perputaran udara pada setiap ruangan. Seiring berkembangnya waktu, jendela mengalami perubahan-perubahan bentuk. Dengan adanya ventilasi udara, ruangan tidak akan terasa pengap.

    Setiap jendela memiliki kesan tersendiri bagi si pengguna atau bagi yang melihat. Itulah salah satu fungsi jendela yang lain, yaitu dapat menimbulkan pandangan yang berbeda pada setiap bangunan sehingga bangunan memiliki ciri khas. Selain itu, salah satu fungsi jendela juga bisa dikatakan sebagai alat penghilang rasa penat atau stress yang kerap hadir pada setiap orang.

    MEMILIH JENDELA YANG COCOK

    Model Jendela Kamar – Bagi seorang pekerja kantoran yang memiliki kesibukan yang cukup tinggi, hanya dengan melihat sesaat ke arah luar melalui jendela ruang kerjanya, dia dapat melakukan penyegaran diri. Bagi sebagian orang yang melengkapi kamar tidurnya dengan jendela, ketika ia bangun dari tidur dan melihat ke luar jendela, dia dapat merasakan kesegaran. Dia tidak akan pernah lupa membuka daun jendela terlebih dulu sebagai rutinitas pertama.

    Membuka jendela di pagi hari dan merasakan sejuknya udara yang masuk merupakan bagian dari cara setiap orang untuk menyegarkan diri. Bentuk-bentuk jendela didesain sedemikian mungkin untuk keperluan tersebut. Itulah mengapa desain jendela kamar selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

    Pemasangan jendela pada sebuah bangunan harus dicocokkan dengan jenis bangunan agar terlihat pas. Hal itu karena masing-masing model jendela memiliki karakter dan kelebihan masing-masing. Sebagai contoh, jenis jendela yang cocok untuk ruangan kerja adalah jenis double hung windows. Dengan jenis ini, si pemilik ruangan bisa menggunakan jendela sesuai keperluannya.

    Jika rasa bosan dan lelah melanda saat bekerja, ia bisa leluasa membuka semua daun jendela bagian atas atau bawah. Jika tidak ingin kegiatannya terganggu, si pemilik cukup membuka salah satunya saja sebagai alternatif penghalang orang melihat ke dalam ruangan.

    MEMILIH KAYU

    Pemilihan bahan untuk desain jendela kamar juga perlu diperhatikan. Usahakan pada saat membangun atau merenovasi rumah sudah dipersiapkan jenis kayu seperti apa yang baik untuk jendela. Biasanya, pemilihan kayu sebagai bahan jendela sama dengan pintu utama rumah dan kamar.

    Jenis kayu bervariasi, ada kayu jati, mahoni, bangkirai, kamper, dan miranti. Jenis kayu-kayu di atas memiliki kualitas yang berbeda. Kayu jati, seperti yang sudah terkenal, merupakan jenis kayu yang berkualitas baik dibanding jenis kayu lain. Selain memliki serat dan tekstur paling indah, kayu jati memiliki karakteristik kuat, tahan lama dan awet. Oleh sebab itu, kayu jati merupakan pilihan utama dalam pembuatan kusen jendela dan pintu.

    Harga kayu jati pun bervariasi. Hal itu dipengaruhi oleh daerah asal kayu jati, ukuran, dan kriteria batasan kualitas kayu. Tidak semua orang memutuskan untuk memilih kayu jati sebagai bahan material pembuatan kusen pintu dan jendela. Harga yang tinggi adalah hal utama yang menjadi pertimbangan seseorang untuk menggunakan kayu tersebut.

    Sebagai pilihan alternatif, jenis kayu yang lain yang dapat digunakan adalah kayu kamper atau miranti dari Kalimantan. Jenis kayu ini juga memiliki kualitas yang baik dan bagus. Harganya terjangkau oleh sebagian besar konsumen. Serat yang halus dan indah dari kamper juga merupakan poin penting yang dipertimbangkan oleh banyak konsumen.

    Selain itu, ada pula kayu Merbau. Kayu ini terbukti sangat tahan oleh serangan serangga. Teksturnya berupa garis terputus-putus, sifatnya yang keras dan stabil terkadang juga dijadikan alternatif pembanding dari kayu jati. Setidaknya, pengenalan sedikit tentang jenis kayu sebagai bahan pembuatan jendela dapat dijadikan bahan masukan dalam membuat jendela sesuai dengan keinginan.

    Baca Juga Model Rumah Terbaru Tahun Ini

    JENIS DESAIN JENDELA

    Model Jendela Kamar – Berikut ini adalah jenis dari desain jendela kamar yang dapat dijadikan referensi:

    1. Awning Windows

    Desain ini adalah jenis yang sering digunakan pada setiap bangunan. Engsel yang terletak pada bagian atas dan memudahkan membuka pada bagian bawahnya adalah salah satu ciri khas dari desain jenis ini. Penggunaan jendela jenis ini pada kamar tidur sangat cocok karena mampu menjaga privasi pemiliknya. Kekurangan dari penggunaan awning windows adalah banyaknya kotoran yang menumpuk pada bagian bawah yang masuk atau jatuh melalui jendela.

    1. Double Hung Windows

    Ini adalah jenis dua jendela yang tersusun dalam satu bingkai. Jendela ini bisa dibuka secara serentak atau dibuka hanya pada salah satu bagiannya saja. Artinya, dapat dibuka bagian atasnya saja dengan bagian bawah yang tertutup atau sebaliknya. Jenis ini cocok untuk kamar tidur anak atau ruang kerja.

    1. Casement Windows

    Jendela jenis ini memiliki sistem kerja seperti pintu rumah. Engselnya terletak pada bagian samping. Model ini akan terlihat lebih cantik bila dibuka seluruhnya. Dengan dibuka secara keseluruhan, udara dan sinar matahari dapat masuk lebih banyak ke dalam ruangan. Kekurangan jenis jendela ini adalah mudah rusak pada bagian atas engsel yang berfungsi sebagai titik temu. Oleh karena itu, perhatikan pemilihan untuk engsel.

    1. Jalousie Windows

    Jenis ini adalah jendela yang terdiri dari beberapa potongan kaca. Cara kerjanya mirip dengan tirai bambu, yaitu jika ditarik ke atas, jendela akan tertutup. Kelebihan dari model ini adalah kita bisa mengatur udara yang masuk ke dalam ruangan dengan cara memiringkan kaca. Kekurangannya adalah tidak bisa digunakan pada ruangan ber-AC.

    1. Picture windows

    Jenis ini banyak digunakan pada desain rumah modern. Jendela ini tidak bisa dibuka. Jendela ini hanya berfungsi untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk, bukan untuk ventilasi. Jendela ini biasanya menggunakan kaca yang relatif besar dan mudah pecah.

    1. Bay windows

    Jenis ini terdiri dari tiga buah jendela dalam satu bingkai. Bagian tengah jendela bisa dibuka sebagai fungsi ventilasi, sedangkan pada bagian kanan dan kiri tidak bisa dibuka (sama halnya dengan fungsi picture windows). Bentuk jendela ini adalah pada bagian jendela kanan dan kirinya menyerong sehingga pada bagian tengah jendela tampak menonjol keluar. Jenis jendela ini cocok untuk dapur dan kamar tidur.

    Semua jenis desain jendela di atas dapat dijadikan acuan saat membangun atau merenovasi bangunan. Dengan mengetahui lebih jauh mengenai desain, jenis kayu dan kualitasnya, Anda dapat menentukan jenis desain apa yang akan digunakan. Jika Anda memiliki desain jendela kamar hasil ciptaan sendiri, hal itu akan memberikan kepuasan yang tersendiri.

    Kreativitas sangat diperlukan dalam mendesain jendela. Dengan begitu, ukuran dan bentuk yang dibuat berdasarkan keinginan dan kebutuhan akan menghasilkan desain yang maksimal.

    LALU MENUNGGU APA LAGI?

    Model Jendela Kamar – Ayo berkreasi dengan menciptakan desain jendela yang lain sebagai bentuk apresiasi dari seni mendesain jendela! Siapa tahu bahwa desain Anda akan dijadikan contoh oleh sebagian orang. Jika banyak peminatnya, hal itu dapat dijadikan lahan untuk mendulang rupiah.

    Kunjungi FB ini untuk berkonsultasi.