Model Rumah Minimalis Sederhana

    Model Rumah Minimalis SederhanaModel Rumah Minimalis Sederhana

    Konsep desain model rumah minimalis sederhana bertujuan meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan, baik secara eksterior dan interior. Oleh karena itu, pada rumah-rumah model minimalis, pencahayaan memperoleh porsi cukup besar karena bangunan diupayakan untuk bisa memperoleh sinar matahari secara langsung melalui jendela-jendela, lubang ventilasi, atau penggunaan glassbox.

    Merancang Model Rumah Minimalis Sederhana

    Model rumah minimalis kini banyak digemari oleh mereka yang hendak membangun rumahnya. Hal ini terutama terjadi di wilayah perkotaan di mana lahan yang tersedia sangat terbatas. Selain itu, banyak keluarga yang kini hanya memiliki sedikit anak, sehingga tidak membutuhkan rumah yang besar untuk didiami.

    Pada sebuah model rumah minimalis, biasanya hanya terdiri ruangan-ruangan yang bersifat fungsional optimal. Seperti ruang tamu, ruang tidur serta ruang keluarga, dapur dan juga kamar mandi. Untuk bagian luar rumah, selain teras, ruang garasi juga terkadang dibuat bagi keluarga yang memiliki mobil atau membutuhkan tempat penyimpanan kendaraan. Sedangkan untuk ruangan lain yang dianggap kurang memiliki fungsi, sering dihilangkan guna mendukung konsep minimalis tersebut.

    Konsep Model Rumah Minimalis Sederhana

    Konsep utama model rumah minimalis sebenarnya adalah ingin menambah atau menaikkan nilai sebuah ruangan sehingga fungsi yang dihasilkan lebih maksimal tanpa harus menggunakan banyak perabot, pernik, serta asesoris di dalamnya. Sehingga ruangan menjadi lebih lega dan sirkulasi udara dan pencahayaan alami menjadi lebih baik.

    Bentuk design rumah minimalis yang simple, lugas, dan polos karena model rumah minimalis lebih ingin mengedepankan fungsi dari ruangan-ruangan yang menjadi bagian dari isi rumah tersebut. Sehingga sebelum kita memutuskan untuk memiliki model rumah yang minimalis sederhana, kita harus benar-benar bisa memahami karakter serta filosofi hidup kita sendiri. Karena model rumah minimalis yang cenderung kosong dan lapang hanya pas untuk orang yang lebih mementingkan segala sesuatu yang esensial atau bersifat mendasar, dan bersifat penting saja. Selain itu mereka juga  lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas, dan sangat menyukai kebersihan.

    Di sisi lain, bagi mereka yang tidak memiliki lahan luas, desain rumah minimalis sederhana menjadi sebuah pilihan. Salah satu yang sering dijadikan pilihan adalah dengan menciptakan rumah bertingkat. Ada beberapa pilihan pada pemilihan desain rumah minimalis seperti ini.

    Konsep kedua yang bisa dipilih dalam desain rumah minimalis sederhana adalah dengan membuat rumah satu lantai. Konsekuensinya, ukuran ruangan yang dibuat hanya disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti garasi yang dibuat hanya seukuran dengan mobil yang hendak ditempatkan. Atau juga membuat ruangan kamar hanya sesuai kebutuhan agar barang yang ada bisa diletakkan di kamar tersebut. Kelebihan dari konsep ini adalah bisa menghemat biaya pembangunan rumah karena tidak perlu membuat anggaran untuk membuat lantai dua. Namun kekurangannya adalah kondisi ruangan dalam rumah tersebut harus dibuat lebih sempit dan hanya sesuai kebutuhan saja.

    Kelebihan Model Rumah Minimalis Sederhana

    Model rumah ini banyak dipilih oleh masyarakat pada akhir-akhir ini, karena jenis rumah ini memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan membuat model rumah minimali di antaranya adalah :

    1. Jenis model rumah minimalis akan lebih mudah dalam perawatan sehari-hari. Sebab, bagian-bagian rumah tidak dipenuhi dengan ornamen tertentu yang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus.
    2. Pembuatan sebuah rumah minimalis tidak akan memakan biaya yang cukup besar. Sebab, bagian-bagian yang dibuat lebih condong karena adanya kebutuhan fungsional dan bukan mengedepankan pada konsep sudut pandang. Selain itu, sisi biaya juga bisa dihemat pada proses pembuatannya, karena tidak memerlukan orang yang memiliki spesialisasi tersendiri. Hal ini berbeda jika kita menginginkan sebuah rumah yang berkonsep tertentu sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk membuatnya. Seperti rumah yang terdapat taman dan kolam yang bisa mengalirkan air.
    3. Bagi masyarakat perkotaan, membuat rumah minimalis merupakan salah satu cara untuk menyiasati masalah keterbatasan lahan. Sehingga, dengan dibuat sederhana maka sebuah rumah bisa memenuhi semua fungsi utamanya. Selain itu, akan memudahkan jika suatu saat rumah tersebut hendak direnovasi seperti dibuat bertingkat.
    4.  Dari sisi pajak, sebuah model rumah minimalis juga akan lebih murah dalam kewajibannya untuk membayar pajak dalam pajak bumi dan bangunan. Hal ini berbeda dengan konsep rumah yang dibuat dengan mewah seperti pada bangunan bertingkat.
    5. Sebuah rumah minimalis, akan mampu dikonsep secara ringkas sehingga bisa diperoleh sisa lahan. Kebutuhan lahan hijau ini sangat penting khususnya untuk menciptakan kondisi rumah yang sejuk jika ditanami pepohonan. Selain itu, ruang kosong yang tersisa bisa bermanfaat sebagai media untuk tempat resapan air pada saat hujan sehingga mencegah air serta untuk menyimpan cadangan air tanah alami.

    JASA DESAIN MODEL RUMAH MINIMALIS SEDERHANA

    Apabila Anda membutuhkan Jasa Desain Model Rumah Minimalis Sederhana atau informasi- informasi lebih lengkap mengenai Model Rumah Minimalis Sederhana silahkan kunjungi Website kami sannurarsitek.com atau jika ingin langsung berkonsultasi dengan team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 082132343879