Pentingnya Desain Rumah Toko

    Pentingnya Desain Rumah Toko

    Pentingnya Desain Rumah Toko – Berwirausaha menjadi salah satu pilihan untuk melangsungkan hidup. Salah satu contoh wirausaha adalah dengan membuka toko. Toko memang membutuhkan modal dan tempat. Dana yang dibutuhkan juga tak sedikit. Sekarang banyak yang ingin memiliki ruko atau rumah dan toko secara bersama-sama. Desain rumah dan toko sendiri ada bermacam-macam.

    Sebelum membeli rumah dan toko, kita perlu memperhatikan beberapa hal. Harga menjadi salah satu faktor penting kemampuan kita memiliki sebuah rumah dan toko. Tempat rumah dan toko tersebut juga harus strategis. Tempat dapat menjadi faktor penunjang dalam keberhasilan usaha yang akan kita dirikan.

    Desain rumah toko biasanya bangunan bertingkat. Bangunan bertingkat untuk ruko biasanya berlantai dua atau tiga. Kita akan membahas beberapa desain rumah dan toko pada artikel berikut.

    DESAIN MULTIFUNGSI

    Pentingnya Desain Rumah Toko – Bangunan rumah dan toko memang bangunan yang multifungsi. Lantai bawah bangunan biasanya digunakan untuk toko sedangkan bagian atas bangunan digunakan sebagai tempat tinggal. Banyak yang menyukai ruko karena dapat menghemat lahan dan bersifat multifungsi. Karena tempat tinggalnya dibagian atas toko jadi pemilik dapat menghemat ongkos transportasi yang digunakan untuk pergi ke toko. Pengawasan toko menjadi lebih mudah.

    Bagian atas toko selain dapat digunakan sebagai tempat tinggal bagi pemilik toko dapat juga dipakai bagi karyawan. Karyawan dapat tinggal di lantai atas ruko tersebut. Pada desain rumah dan toko yang berlantai satu, bagian tempat tinggal dapat juga digunakan bagi keluarga lain. Ya, keluarga lain yang membeli atau menyewa tempat tinggal tersebut tapi bukan pemilik toko yang berada di satu bangunan tersebut. Ada juga perusahaan yang membeli ruko beberapa buah untuk usahanya. Meskipun mereka membeli ruko, namun kenyataanya digunakan untuk usaha baik pada lantai satu maupun lantai dua.

    Low-Rise

    Low rise berarti bangunan yang hanya terdiri dari satu atau sedikit toko dan tidak memiliki elevator. Karena hanya bertingkat dua, maka tak perlu elevator dan hanya menggunakan tangga biasa. Ruko memang tidak bisa diperluas karena bersebelahan dengan ruko yang lain juga. Jika ingin memperluas tentu harus membeli ruko di dekatnya.

    Sempit di Depan, Dalam di Belakang

    Desain rumah dan toko atau ruko memang biasanya tak memiliki space bagian depan yang luas. Bagian luarnya memang ada yang diperuntukkan untuk parkir. Namun, pada satu bangunan ruko sendiri bagian teras depannya hanya sebuah lahan sempit yang dekat dengan jalan. Ada beberapa hal yang membuat sebagian besar ruko memiliki teras yang sempit, salah satunya masalah pajak.

    Tapi, tak semua jenis rumah dan toko memiliki teras yang sempit. Jika membangun rumah dan toko sendiri dan tidak membeli dari developer tentu akan lebih leluasa mendesainnya. Pemilik rumah dan toko bisa saja membangun teras yang luas sekehendak hatinya.

    Bangunan teras pada ruko yang berjejer-jejer teras biasanya tanpa sekat. Ya, bangunan satu dengan bangunan lainnya pada bagian teras biasanya tidak memiliki dinding pembatas. Tapi, ada juga yang membatasi dengan bangunan lain berupa dinding. Dinding tersebut berguna juga sebagai pembatas agar pengunjung tidak salah masuk toko.

    Bagian dalam Rumah dan Toko

    Bagian dalam rumah dan toko dapat didesain dengan tema yang diinginkan. Bila membangun rumah dan toko sendiri tentu akan lebih leluasa memilih bentuk rumah dan tokonya. Toko bisa juga diberi atap transparan pada bagian tertentu sehingga dapat melihat langit meski di dalam ruangan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara lantai dua tidak sejajar luasnya dengan lantai satu.

    Dinding pada toko di lantai bawah juga perlu diberi pembeda dengan toko-toko lain. Terutama jika toko kita adalah toko makanan dan barang-barang seni. Sekat juga bisa dibuat di dalam toko untuk membatasi ruangan-ruangan. Pemilik rumah dan toko bisa menggunakan jasa interior desainer untuk lantai yang digunakan sebagai toko. Penggunaan jasa interior desain tersebut memang mengeluarkan biaya tambahan namun akan lebih mengoptimalkan tampilan dari ruangan tersebut.

    Jika ruangan lantai bawah cukup luas dapat juga digunakan menjadi dua buah usaha. Misalnya usaha apotek dan juga praktik dokter. Kedua usaha ini dapat berjalan beriringan dan saling menguntungkan. Usaha-usaha lain juga dapat dilakukan secara bersama-sama seperti usaha makanan dan minuman, usaha warnet dan fotokopi. Jika menempatkan dua buah jenis usaha tentu harus yang memiliki keterkaitan dan tidak saling merugikan.

    Bagian atap ruko dapat dipasangi atap dari tanah liat yang berwarna oranye. Penggunaan atap yang modern juga bisa dilakukan tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan. Lantai rumah dan toko bisa menggunakan keramik atau papan dari kayu. Papan kayu yang digunakan memiliki celah kecil di antaranya untuk sirkulasi udara. Di Indonesia biasanya menggunakan lantai keramik sama seperti pada rumah-rumah biasanya.

    Lantai atas yang digunakan sebagai rumah biasanya didesain secara sederhana dengan beberapa ruangan penting saja. Di bagian teras atas banyak yang membangun balkon untuk tempat melihat-lihat. Teras di lantai atas juga berfungsi untuk menjemur pakaian. Namun, jangan sampai jemuran mengganggu pemandangan orang yang akan berbelanja di toko yang berada di lantai bawah.

    VARIASI DARI RUMAH DAN TOKO

    Pentingnya Desain Rumah Toko – Rumah dan toko memang tergantung dari si pembuatnya. Bagaimana kreatifitas dari si pembuatnya. Seperti kita ketahui jenis rumah dan toko biasanya hanya berupa bangunan lantai dua yang berbentuk formal. Ada beberapa yang memberikan hiasan di bagian dinding depan ruko agar tampak lebih menarik.

    Ruko yang dibangun pihak developer biasanya serupa dan berjejer-jejer pada suatu tempat. Bangunan awalnya memang terlihat sama antara ruko satu dengan yang lain. Agar berbeda setiap pembeli ruko harus mempermak tampilan dinding depan ruko dengan ornament yang dan juga nama dari toko tersebut.

    Rumah dan toko yang dibangun sendiri bentuknya dapat bervariasi. Misalnya, dengan toko di bagian teras dan rumah di belakangnya. Desain yang demikian tentu tak ada salahnya. Rumah dan toko tersebut bisa dibuat di rumah biasa dengan memanfaatkan bagian depan rumah yang masih tersisa. Toko kebutuhan rumah tangga biasanya menjadi pilihan para pemilik rumah di daerah yang padat penduduknya. Warung sederhana juga bisa memanfaatkan lahan sisa di depan rumah tersebut.

    Selain ruko ada pula chophouse. Chophouse merupakan bangunan ala Singapura yang menampung banyak orang. Chophouse sama dengan ruko yaitu memiliki bagian toko di bawahnya. Namun bagian tempat tinggalnya menampung banyak orang. Kelemahannya adalah masalah sanitasi yang buruk karena terlalu banyak orang. Bangunan ini banyak ditemukan ketika Singapura belum merdeka.

    Pentingnya Desain Rumah Toko – Sekarang banyak pula muncul shopoffice. Bangunan ini serupa dengan rumah dan toko namun kedua sisi lantainya sama-sama digunakan untuk usaha. Bagian bawah bisa digunakan sebagai toko sedangkan atasnya adalah kantornya. Hal ini tentu baik untuk memberi ruang yang lebih luas bagi toko maupun kantor itu sendiri. Perencanaan yang matang perlu dilakukan agar kedua lantai tersebut dapat digunakan secara optimal dan tidak menjadi sia-sia.