Rumah Impian Kecil Sederhana – Tips Mendesain

    Rumah Impian Kecil Sederhana – Tips Mendesain

    Rumah Impian Kecil Sederhana – Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah kecil idaman? Memang, tidak semua orang dapat memiliki rumah besar dan mewah. Namun bukan berarti rumah kecil tidak dapat menjadi rumah idaman dan surga bagi keluarga. Syaratnya tidak terlalu sulit, asal ada kemauan dan daya kreativitas, maka rumah kecil idaman dapat terwujud di depan mata Anda.

    Tip-tip Mendesain Rumah Kecil Idaman

    Untuk memujudkan rumah idaman minimalis, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut tips-tipsnya.

    1. Gunakan Warna yang Cerah

    Rumah Impian Kecil Sederhana – Warna sangat menentukan dalam memberikan suasana interior rumah. Sebaiknya, Anda menggunakan warna cerah untuk ruangan kecil agar dinding-dinding rumah terlihat luas dan lebar. Selain itu, warna cerah juga menghadirkan suasana ceria, santai, dan rileks. Warna cerah yang perlu dipilih adalah warna cerah yang memberikan kesan lembut. Jangan sekali-kali menggunakan cat berwarna gelap untuk rumah kecil, karena warna ini akan membuat ruangan terasa sempit dan menekan.

    Usahakan warnai lantai serasi dengan warna dinding dan langit-langit rumah, karena mata akan mengikuti lantai, dinding lalu langit-langit. Keserasian warna pada bagian-bagiannya membuat ruangan terasa terbuka. Hindari juga warna yang kontras karena akan membuat pandangan para penghuninya tertekan. Beberapa warna yang perlu Anda pertimbangan adalah hijau, biru terang, abu-abu terang, dan warna netral.

    1. Gunakan Furnitur yang Sesuai

    Rumah Impian Kecil Sederhana – Bayangkan, apa jadinya jika ruangan tamu kecil rumah dihiasi dengan sofa besar, televisi 42 inci, akuarium jumbo berisi ikan arwana, dan sederet furnitur lainnya? Ini tentu tidak sesuai. Rumah Anda akan bertambah sempit dan sumpek. Untuk ruangan kecil, sebaiknya gunakan furnitur yang kecil pula, sehingga ruangan menjadi serasi dengan perabotan dan furnitur-furnitur yang ada.

    Keserasian ini akan menciptakan keindahan dan keharmonisan dalam ruangan rumah. Selain itu, juga akan menyegarkan pikiran dan membuat betah untuk berlama-lama. Begitu juga untuk dapur, kamar mandi maupun taman. Apa pun yang akan diletakkan, Anda harus menyesuaikan dengan bentuk ruangan yang dimiliki.

    Selain itu, jangan terlalu berlebihan meletakkan furnitur di area yang kecil. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak dapat bergerak leluasa di rumah. Sebaiknya juga, gunakan furnitur built-in sehingga Anda dapat memperoleh fungsinya secara maksimal. Lalu, pilihlah perabotan yang sederhana dan simpel, tidak bermotif rumit, serta terkesan tidak padat. Isi dan letakkan perabotan di berbagai sudut-sudut ruangan. Bila menyenangi tanaman, Anda dapat memilih tanaman yang berukuran kecil.

    1. Gunakan Cermin dan Kaca

    Rumah Impian Kecil Sederhana – Untuk mendapatkan hunian kecil idaman, Anda perlu memanfaatkan cermin dan kaca. Fungsi kaca dan cermin dapat menciptakan ruangan baru dan area menjadi terbuka dan luas. Anda dapat menempelkan cermin berukuran besar di dinding dengan mengarahkannya ke depan hiasan ruang utama. Cermin dapat memberikan efek besar dan kuat pada ruangan. Sementara untuk elemen kaca, Anda dapat memperolehnya dari furnitur meja kaca. Silahan tempatkan kedua elemen tersebut, baik itu di ruang utama, kamar tidur maupun dapur.

    1. Atur Pencahayaan

    Pencahayaan itu penting bagi ruangan. Kekurangan pencahayaan akan membuat rumah menjadi sempit dan sesak dan para penghuninya semakin tidak dapat bergerak leluasa. Kegelapan akan membuat rumah kita seperti gua sempit. Ruang yang baik harus memiliki pencahayaan cukup baik. Pantulan cahaya ke dinding dapat memberikan ruang yang luas secara visual. Atur pencahayaan tersebut di ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan juga kamar tidur.

    Untuk menghemat energi dan keuangan, Anda dapat memanfaatkan sinar matahari. Anda perlu mengatur ke mana arah masuknya cahaya yang diinginkan. Buat jendela yang pas agar cahaya dapat masuk. Selain itu, gunakan gorden yang tipis dan lembut supaya cahaya tidak terhambat masuk ke dalam rumah. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan cermin. Sebuah cermin yang baik dapat memantulkan sinar matahari maupun cahaya lampu ke sudut-sudut ruangan rumah. Selain itu,  juga dapat membentuk ilusi ruang yang lebih luas.

    1. Manfaatkan Dinding Rumah Anda

    Ruang kecil di rumah bukan berarti para penghuninya tidak dapat meletakkan furnitur-furnitur yang diinginkan. Keterbatasan ruang dapat disiasati dengan memanfaatkan dinding-dinding ruangan. Dinding bukan saja dapat dimanfaati untuk meletakkan lukisan dan foto keluarga, tetapi juga dapat merancangnya sebagai tempat hiasan seperti rak gantung. Bila sudah bosan dengan dinding-dinding yang monoton, Anda dapat memberinya pola dan interior yang disenangi.

    Anda dapat membuat menarik dinding dengan menambahkan beberapa detail arsitektur. Lis dinding dan molding, sering dianggap sebagai pilihan detail hiasan yang indah. Anda juga dapat menambahkan visual bunga untuk dinding yang membosankan. Usahakan interior yang dipasang tidak terlalu rumit, mudah perawatan, lembut, dan juga serasi dengan dinding.

    1. Atur Pola Lalu Lintas

    Furnitur, perabotan, dan aksesori-aksesori rumah lainnya mungkin sudah dimiliki dengan tepat. Namun di sisi lain, Anda menginginkan lalu lintas bisa lebih leluasa dan bebas bergerak. Untuk hal ini, penghuni rumah perlu mengatur penempatan furnitur-furnitur yang dimiliki secara tepat.

    Letakkan sofa atau kursi jauh dari dinding. Ini akan membuat ruangan bebas dan lantai semakin terlihat, sehingga dapat menciptakan ruangan terasa luas. Manfaatkan dinding sebagai tempat aksesori dan furnitur lainnya untuk menghemat lantai. Jauhkan perabotan-perabotan yang mudah pecah di area lalu lintas agar pemilik rumah tidak merasa khawatir dan berhati-hati sehingga membuat mereka tidak nyaman untuk bergerak.

    Bagi yang memiliki anak kecil, letakkan hiasan-hiasan rumah di tempat yang tidak terjangkau oleh sang buah hati. Biarkan ia bebas bergerak untuk pertumbuhannya. Anda dapat saja membuat rak gantung mungil yang tidak terjangkau di dinding ruangan.

    1. Tata Ruangan agar Tidak Kacau

    Rumah Impian Kecil Sederhana РSaat  menata ruangan kecil dengan furnitur dan perabotan yang dimiliki, para penghuni rumah harus benar-benar mempertimbangan keadaan ruang. Tugas kita adalah bagaimana menciptakan ruang kecil menjadi terasa besar, luas, serasi, dan juga nyaman. Persoalannya terletak pada pandangan ilusi mata. Perabotan yang ditempatkan jangan sampai membuat mata para penghuninya sumpek melihatnya.

    Banyaknya perabotan dan pernak-pernik hiasan rumah harus disesuaikan dengan ketersediaan ruangan. Pilihlah item yang sedikit namun ditampilkan dengan cara yang lebih kreatif. Sedikitnya perabotan tidak berarti rumah idaman menjadi tidak menarik. Sebaliknya, hiasan yang terlalu banyak akan mengacaukan kenyaman dan keleluasaan para penghuni rumah tersebut.

    Rumah Impian Kecil Sederhana – Menata ruangan kecil mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Terlebih lagi bagi yang senang dengan pernak-pernik dan koleksi. Tapi, tentu kita semua harus ingat, rumah adalah tempat istirahat setelah seharian lelah bekerja, tempat bercengkrama dengan anak istri, dan merasakan hangatnya sebuah keluarga. Rumah bukanlah museum atau toko yang memajang segala pernak-pernik perhiasan.

    Meski demikian, bukan berarti segala kecintaan seseoarang terhadap furnitur-furnitur dan koleksi yang dimiliki tidak dapat dinikmati di rumah kecil idaman Anda. Anda perlu mengatur dan menempatinya sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!