Menciptakan Bentuk Rumah Minimalis Ideal dengan Penataan Ruang

    Menciptakan Bentuk Rumah Minimalis Ideal dengan Penataan Ruang

    Rumah Minimalis Ideal – Saat ini bentuk rumah minimalis memang sedang digemari dalam pasar properti di Indonesia. Meningkatnya kebutuhan manusia akan tempat tinggal menjadi salah satu indicator bahwa semakin sejahteranya Negara Indonesia ini. Permintaan masyarakat akan rumah minimalis bukan tanpa alasan, pasalnya rumah dengan konsep ini memiliki harga yang lebih murah, desain yang simpel, namun tetap terlihat stylish elegan, dan mewah. Dikatakan minimalis karena ukuran rumah yang tidak terlalu besar.

    Rumah minimalis memiliki banyak penggemar. Para kontraktor rumah lebih sering membuat rumah berkonsep minimalis dibandingkan dengan rumah yang memiliki konsep mewah. ada banyak tipe rumah yang berkonsep rumah minimalis, diantaranya rumah tipe 36 rumah tipe 70, dan rumah tipe 45. Rumah tipe 36 merupakan rumah berukuran sedang dengan luas sekitar 70 meter persegi. Dengan bentuk rumah minimalis seperti ini rumah bertipe 36 dapat anda jadikan alternative dalam memilih rumah nantinya.

    Rumah Minimalis Ideal

    Rumah dengan tipe 36 memang merupakan rumah minimalis. Rumah ini memiliki beberapa ruangan diantaranya satu buah teras di bagian depan yang menyatu dengan garasi, satu buah ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu, maksud menyatu di sini adalah tidak adanya sekat antara ruangan sehingga pemilik lebih bebas dalam berinteraksi.

    Selanjutnya adanya 3 kamar tidur dengan rincian dua sebagai kamar tidur utama dan 1 ruang tidur tambahan, satu ruang makan dan ruang dapur yang menyatu, dan terakhir adalah kamar mandi. Rumah ini dikatakan minimalis karena jumlah ruangan yang tidak begitu banyak tetapi sesuai dengan kebutuhan, besar ruangan juga proporsional.

    Selain rumah bertipe 36, ada juga tipe lain yang mengusung konsep minimalis, salah satunya rumah tipe 70, konsepnya sama dengan rumah tipe 36 hanya yang membedakan disini terdapat pada ukuran lahan rumah, dan jumlah ruangannya. Telah disinggung di atas bahwa cukup rasionallah orang-orang memilih rumah minimalis ini karena karena manfaatnya lumayan banyak.

    Di antaranya; dengan memilih rumah minimalis anda akan menghemat budget karena lahan yang diperlukan untuk membangun rumah tidak terlalu besar, rumah dengan konsep minimalis terlihat lebih stylish, elegan, dan simpel, apalagi apabila anda bisa mendesain dan menata ruangannya secara baik.

    Kelebihan lain dari rumah minimalis adalah terdapat pada tidak terlalu ramainya aksen yang ditawarkan pada rumah anda. Aksen-aksen atau motif-motif pada rumah anda dibuat sesimpel mungkin namun tetap tidak meninggalkan aspek keindahan. Dari segi interior maupun eksterior rumah ini memiliki desain yang simple namun tetap stylish ditandai dengan simplenya aksen-aksen yang terdapat didalamnya.

    Cara Menata Ruangan Bentuk Rumah Minimalis Ideal
    Memang kita akui bahwa dalam menata ruangan untuk rumah minimalis tidak boleh sembarangan, antara desain rumah dengan penataan rumah harus sinkron jangan sampai timpang. Inti dari penataan interior atau perabotan rumah yang memiliki konsep minimalis terdapat pada desainnya yang mini, anda harus pintar-pintar memilih perabotan mana yang kiranya cocok dan yang tidak, pilihlah furnitur yang menurut anda cocok dan dapat membuat nyaman, ingat jangan memilih furnitur yang terlalu bear dengan desain yang terlalu ramai, hal ini sama sekali tidak cocok untuk rumah anda.

    Hal lain yang harus anda perhatikan juga adalah perhatikan pencahayaan dan penataan lampu pada rumah anda, penataan lampu juga memperngaruhi keindahan rumah minimalis anda, usahakan tidak menggunakan lampu yang terlalu terang, agar kesan elegan dan dan nuansa “dingin” pada rumah anda bisa dipertahankan.

    Untuk penataan ruang tamu rumah anda, ada beberapa barang-barang pokok yang harus ada, di antaranya kursi sofa dan meja, anda juga dapat menambahkan pernak pernik lain seperti pot bunga mini, karpet berbentuk oval atau persegi sesuaikan dengan bentuk ruangan anda, dan jangan lupa juga untuk memberi hiasan dinding, seperti foto keluarga dan lain lain.

    Hal lain yang anda harus pertimbangkan adalah nuansa pada rumah anda, anda harus menentukan nuansa apa yang hendak anda bawa di dalam rumah anda. Khusu untuk rumah minimalis anda bisa membawa nuansa klasik pada rumah anda, yang kedua tonjolkan satu sisi tembok dinding anda, maksudnya pada satu bagian dinding anda anda bisa lebih banyak menggunakan hiasan dinding, seperti lukisan, atau foto keluarga dengan ukuran besar.

    Jangan lupa kombinasi warna pada ruangan anda juga harus diperhatikan, jangan takut untuk memadukan dua warna atau lebi yang ekstrem, karena akan menimbulkan kesan unik. Demikianlah untuk kesempatan kali ini pembahasan mengenai bentuk rumah minimalis yang bisa anda aplikasikan di rumah anda.