Taman Gazebo Rumah Idaman

    Taman Gazebo Rumah Idaman – Apa hubungannya taman gazebo dan kesehatan mata? Seharian beraktivitas di depan komputer sering membuat mata lelah bahkan memerah pada bagian tunica conjunctiva atau selaput putih yang di tengahnya terdapat bola mata. Kalau sudah begitu, mata butuh penyegaran. Kompres dengan boorwater untuk bagian dalam dan menempelkan handuk bersih yang sudah disiram air es di atas kelopak mata. Sementara, untuk membantu syaraf mata, Anda perlu melihat yang hijau dan segar seperti taman gazebo.

    KEUNIKAN TAMAN GAZEBO, TIP MEMILIH, DAN TATA LETAKNYA

    Taman Gazebo Rumah Idaman – Dahulu, taman hanya berupa hamparan luas karpet rumput alami dengan tambahan beberapa jenis tanaman rimbun dan bunga-bunga di sekitarnya. Tak jarang pula yang menambahkan permainan ketangkasan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan seperti pada kebanyakan taman di tengah kawasan kota dan perumahan.

    Tak sedikit pula yang menambahkan ornamen khusus seperti gazebo. Gazebo adalah bangunan minimalis mirip rumah yang dibuat secara permanen atau semi permanen di sudut taman, kebun maupun kolam renang yang masing-masing sisinya dibiarkan terbuka tanpa pintu.

    Awalnya, gazebo ini hanya berfungsi sebagai tempat istirahat sementara sehabis berenang atau berjalan-jalan sambil menikmati hijaunya taman dan birunya air kolam yang menyejukkan. Lama-kelamaan, gazebo sendiri menyerap fungsi estetika. Taman dengan gazebo banyak terdapat di tengah-tengah perumahan elit dan dalam rumah yang memiliki area cukup luas.

    Unsur estetika taman dengan gazebo terletak pada desain atap dan tempat duduk gazebo. Atap gazebo seringnya berbentuk kerucut mirip atap rumah pada umumnya dengan tempat duduk persegi yang dibuat menyerupai panggung. Desain panggung ini dibuat bukan tanpa tujuan. Dari segi estetika, gazebo akan terlihat tidak biasa, unik, dan menarik. Selain itu, agar mudah dibersihkan dan jika terkena hujan, air tidak merembes ke tempat duduk gazebo karena mengalir di bawahnya.

    Bahan penyusun gazebo pun menyumbang unsur estetika lainnya. Ada atap gazebo yang terbuat dari tanah liat ringan, atap sirap ulin, baja ringan, beto, kayu kelapa, bambu, dan ijuk. Atap gazebo yang terbuat dari tanah liat ringan dan sirap ulin biasanya terdapat di tempat-tempat modern di mana gazebo dimaksimalkan pada fungsinya saja. Sedangkan atap kayu kelapa dan ijuk seringkali memberikan pedesaan yang kental dan alami. Beberapa restoran khas Sunda banyak membuat konsep tempat makan dengan gazebo beratap ijuk.

    GAZEBO DI RUMAH

    Taman Gazebo Rumah Idaman – Untuk menjadikan taman dalam rumah Anda lebih cantik, perlu rasanya menempatkan gazebo. Setelah lelah mengurus taman, gazebo ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk-duduk sehari-hari. Jika sedang bosan di dalam rumah, Anda bisa bercengkrama dengan keluarga sambil masak makanan favorit di sekitar gazebo. Begitu pun jika ada teman-teman dan kenalan yang berkunjung ke rumah. Gazebo ini menjadi tempat mengobrol dan bertukar pikiran yang asyik. Sesekali gazebo juga dapat dijadikan tempat beribadah seperti sholat berjamaah, tadabur Al-Quran atau buka puasa bersama.

    TIP MEMILIH GAZEBO

    Taman Gazebo Rumah Idaman – Gazebo biasanya dapat dibeli langsung di tempat penyedia sesuai selera Anda. Ada beberapa tip memilih gazebo atau saung atau balai-balai untuk menghias taman dalam rumah Anda.

    Pilih bahan penyusun atau material gazebo sesuai dengan taman Anda. Taman di area terbuka dan cukup luas, sebaiknya dipasangkan dengan gazebo yang berornamen ramai sehingga menarik perhatian atau eye catching. Railing juga bisa ditambahkan pada gazebo tersebut.

    Jika taman Anda memiliki kolam ikan dengan pancuran, ada baiknya memilih gazebo dengan atap ijuk atau kayu kelapa yang semakin menguatkan unsur pedesaannya.

    Untuk ukuran taman yang tidak begitu luas, misalnya hanya berukuran 4 x 6 meter, alangkah bijaknya jika memilih gazebo yang tidak terlalu besar. Padtikan gazebo hanya seperlima dari luas taman, misalnya hanya berukuran 1,5 x 1,5 meter.

    Perhatikan dengan detil konstruksi gazebo. Jika hanya ditempatkan di atas taman berumput, kayu penyangga gazebo hanya cukup diberi batu di bawahnya yang besarnya bisa menyangga gazebo secara keseluruhan. Tapi. jika berniat meletakkannya persis di atas kolam ikan, letakkan beton atau batu kali di bawah kayu supaya tidak mudah lapuk.

    Ada pula gazebo yang dilengkapi dengan jembatan mini yang terbuat dari bambu kokoh. Gazebo ini biasanya yang akan diletakkan di atas kolam ikan berukuran besar. Beberapa rumah dengan taman yang sangat luas bahkan mulai menempatkan gazebo yang tidak berbentuk panggung, tetapi bangku-bangku melingkar sebanyak 4 – 5 yang tersambung dengan atap penyangganya. Jadi, orang yang akan duduk tidak perlu melepas alas kakinya. Di tengah gazebonya juga terdapat meja untuk menaruh makanan, minuman, dan barang-barang lain.

    TIP MENEMPATKAN GAZEBO

    Taman Gazebo Rumah Idaman – Gazebo akan terlihat lebih proporsional jika Anda pandai dalam menempatkan gazebonya. Berikut tip menempatkan gazebo dalam taman.

    Gazebo bisa ditempatkan sesuai kebutuhan. Bagi yang suka berkumpul dan masak-masak, alangkah baiknya jika gazebo diletakkan tidak jauh dari rumah. Hal ini agar memudahkan Anda mengambil peralatan dari dalam rumah.

    Anda yang suka menikmati keindahan taman, ada baiknya gazebo yang dipilih berukuran standar sekitar 2 x 2 meter.

    Jangan meletakkan gazebo di bawah pohon tinggi yang rimbun karena dikhawatirkan buah atau dedaunan pohon akan jatuh di atas atap yang akhirnya bisa merusak gazebo itu sendiri. Hindari pula meletakkan gazebo dekat dengan tumbuhan yang merambat. Alih-alih mempercantik atap gazebo, tumbuhan tersebut malah akan merusak dan menggerogoti bahan gazebo.

    Gazebo sangat pas diletakkan di pinggir taman, tetapi bukan tempat terjauh dari rumah juga bukan di tengah taman. Penempatan gazebo yang terlalu ke pinggir bahkan dekat dengan pagar belakang taman dapat mengundang tangan-tangan jahil yang berniat menggerayangi rumah Anda. Gazebo tersebut memungkinkan dijadikan pijakan sang penyusup setelah berhasil memanjat dinding pagar rumah. Perhatikan unsur keamanannya.

    Gazebo terkesan ‘saung’nya ketika menempatkannya lebih tinggi dari taman. Fungsinya tentu agar memudahkan Anda melihat ke segala arah taman dengan pandangan yang lebih leluasa. Selain itu, hal ini memudahkan Anda dalam membersihkan dan merawat bagian bawah gazebo.

    Gazebo taman akan tetap terjaga keindahannya jika sang pemilik rajin membersihkan dan merawatnya. Atap gazebo biasanya bertahan bersihnya sekitar satu sampai dua tahun, bergantung pula dengan curah hujan dan sengatan matahari.

    Untuk membersihkannya, Anda perlu memerhatikan bahannya. Cukup disiram air dan gosok dengan mengunakan spons yang sudah direndam dalam sedikit air sabun. Jika sudah terlihat bersih, bilas dengan air keran. Kemudian dikeringkan secara alami dengan diangin-anginkan. Bersihkan pula bagian dalam gazebo dengan sapu ijuk. Semprot sedikit dengan cairan pembersih yang aman untuk bahan kayu.

    Taman Gazebo Rumah Idaman – Untuk taman gazebo beratap ijuk, Anda perlu kerja ekstra hati-hati. Ambil kotoran-kotoran kering dengan tangan dan semprotkan air bersih menggunakan spray. Anda bisa melakukan perawatan ini 6 bulan sekali untuk menghindari kerusakan parah.