Tips Membuat Teras Rumah Lebih Asri dan Nyaman

    Tips Membuat Teras Rumah Lebih Asri dan Nyaman

    Membuat Teras Rumah Lebih Asri –┬áBersantai bersama keluarga di teras rumah sambil menikmati makanan dan minuman di kala sore hari atau sambil melihat anak-anak kita bermain bersama teman-temannya di halaman depan merupakan pemandangan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika teras rumah tersebut dibuat senyaman mungkin dengan memerhatikan keasriannya juga. Bukan hanya kita yang akan menyukainya, tetapi juga orang lain yang bertamu atau siapa pun yang melihatnya.

    Teras rumah akan lebih nampak indah apabila teras tersebut slalu dijaga dan dibersihkan setiap hari, karena setiap hari debu-debu akan menempel di setiap ding-ding, lantai, meja kursi dll. Dan, apabila ada yang bertamu ke halaman rumah teras depan maka si tamu tersebut akan merasa nyaman dan enak untuk mengunjungi rumah tersebut.

    Fungsi Teras Rumah
    Teras adalah bagian dari sebuah rumah yang dapat menghubungkan bagian dalam rumah dengan halaman rumah. Untuk rumah yang berukuran besar, biasanya memiliki lebih dari satu teras. Sedangkan, rumah yang berukuran kecil, mungkin hanya memiliki satu buah teras. Meski rumah dengan satu teras apabila menata furniture dengan baik maka halaman teras itu akan nampak bagus, tertata dan enak dilihat bagi para tamu yang berkunjung ke teras rumah tersebut.

    Secara posisinya, teras dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu teras depan, teras samping, dan teras belakang. Fungsi teras bagian depan adalah sebagai bagian terdepan dari rumah. Teras depan biasanya dipakai sebagai ruangan penyambut tamu yang datang ke rumah. Sebab, ada sebagian orang yang menyimpan tempat duduk di teras depannya. Agar lebih indah biasanya teras depan di tanami tanaman-tanaman bunga, agar nampak terlihat indah dan segar di lihatnya.

    Lain halnya dengan teras samping. Teras samping ini lebih private daripada terasa depan dan biasanya digunakan sebagai tempat bersantai keluarga. Namun, orang terdekat masih bisa memiliki akses untuk masuk ke teras samping ini. Biasanya akses samping ini di gunakan untuk sanak soudara yang datang ke halaman teras tersebut

    Seperti halnya teras samping, teras belakang juga biasanya digunakan sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga, dan tentu saja jauh lebih private. Di teras belakang, biasanya terdapat taman atau kebun, kolam renang, atau sebuah bale-bale untuk bersantai.

    Ketika membangun rumah, sebaiknya tetap dibuat bagian teras rumah walaupun teras tersebut tidak begitu luas, baik itu teras depan, teras samping, maupun teras belakang. Mengapa demikian? Karena teras ini bermanfaat untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik serta menjadi media bagi sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Sinar matahari yang masuk ke halaman teras rumah itu akan lebih bagus karena teras banguna depan akan lebih terang dan segar dilihatnya.

    Membuat Teras Rumah Terlihat Lebih Asri dan Nyaman
    Setiap orang menginginkan teras rumahnya terlihat asri dan nyaman. Untuk memperoleh teras yang terlihat asri dan nyaman, Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan penataan pada teras Anda. Sebelumnya, Anda sudah mengetahui bagian dari teras dan fungsinya. Oleh karena itu, Anda dapat menata teras sesuai dengan fungsinya.

    Misalnya, untuk teras depan yang akan digunakan sebagai tempat penerima tamu. Agar tamu yang datang merasa nyaman, kita dapat meletakkan kursi atau bangku di teras depan kita. Selain itu, agar terlihat lebih asri, kita dapat meletakkan beberapa jenis tanaman, supaya teras depan akan terlihat indah, nyaman dan segar apabila tamu datang dan duduk di teras halaman depan.

    Membuat Teras Rumah Lebih Asri

    Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat diletakkan di teras depan. Untuk Anda yang memiliki teras depan yang sempit, Anda dapat meletakkan tanaman-tanaman dalam pot gantung. Tanaman-tanaman yang dapat diletakkan dalam pot gantung, misalnya tanaman sirih gading, tanaman begonia, lili, maupun keladi.

    Untuk yang memiliki teras depan yang lebih luas, Anda dapat meletakkan tanaman-tanaman dalam pot yang diletakkan di lantai. Jenis tanaman yang akan diletakkan di lantai teras rumah sebaiknya yang berdaun lebar, seperti tanaman aglonema, anthurium, maupun philodendron. Hal tersebut untuk memberi kesan teras terlihat lebih teduh dan asri. Adapun untuk kursi, sebaiknya pilih kursi yang terbuat dari kayu sehingga teras rumah akan terlihat lebih natural.

    Masalah perawatan tanaman, tidak perlu khawatir. Hanya diperlukan pengairan dan cahaya yang cukup karena ahaya yang terlalu panas akan membuat tanaman layu. Agar aktivitas di teras tidak terganggu, sebaiknya jumlah pot tidak terlalu banyak karena akan menghambat aktivitas. Perhatikan pula kerapian dalam penataannya. Untuk memberikan kesan bersih, warna pot di teras sebaiknya dibuat secara seragam. Misalnya, semua warna pot cokelat atau hitam.

    Sama halnya dengan teras depan, di teras samping juga dapat diletakkan tanaman dalam pot. Untuk lebih mengefektifkan teras di bagian samping rumah, sebaiknya teras ini digunakan sebagai area untuk tempat bersantai keluarga atau untuk mengerjakan hobi anggota keluarga seperti membaca, melukis, atau berolahraga.

    Penataan teras samping ini sedikit lebih bebas dibandingkan menata teras depan. Sebagai teras keluarga, teras bagian sampaing rumah ini dapat ditata dengan sesuka hati. Bagi Anda yang senang berkebun atau bertanam, Anda dapat memanfaatkan teras samping ini sebagai lahan untuk menyalurkan hobi Anda.

    Lalu, bagaimana dengan teras rumah bagian belakang? Untuk teras belakang rumah karena memiliki fungsi sebagai tempat istirahat dan bercengkerama bersama keluarga, sebaiknya di teras belakang ini diletakkan kursi santai agar tercipta suasana yang akrab dan santai saat berkumpul bersama keluarga.

    Teras belakang biasanya dipakai keluarga untuk berbincang santai sambil menikmati makanan dan minuman atau mengadakan pesta barbeque kecil-kecilan pada malam hari. Teras rumah bagian belakang ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga karena halaman belakang ini adalah bagian untuk keluarga secara khusus. Kalaupun ada tamu, mungkin hanya orang-orang terdekat dan saudara saja yang bisa bersantai di teras belakang.

    Selain itu, untuk rumah yang memiliki halaman belakang cukup luas, Anda dapat membuat taman-taman bunga atau tanaman buah-buahan yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Adanya teras belakang membebaskan Anda dalam mendekornya sesuai kebutuhan dan keinginan Anda sekeluarga.

    Anda juga dapat membangun sebuah bale-bale atau gazebo di teras belakang ini. Adanya bale-bale atau gazebo ini akan menciptakan suasana keakraban bersama keluarga dan untuk menghilangkan kepenatan dari kesibukan aktivitas setiap anggota keluarga. Bersantai di bale-bale atau di gazebo ini akan menjadi acara favorit keluarga untuk merelaksasi diri melepaskan kepenatan setelah seharian beraktivitas.

    Hal yang Harus Diperhatikan Bila Memiliki Teras Rumah
    Teras rumah merupakan bagian terluar rumah. Jika turun hujan, teras rumah ini akan terkena tetesan airnya. Bahkan, bisa jadi air menggenang di lantai teras sehingga akan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, kita harus memerhatikan daya tampung atap depan rumah agar dapat menutupi teras.

    Hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan material furnitur yang akan diletakkan di teras rumah. Sebaiknya, furnitur yang dipilih adalah furnitur-furnitur yang terbuat dari kayu jati, rotan, maupun furnitur yang terbuat dari plastik atau logam. Alasannya, karena material tersebut lebih tahan terhadap pengaruh cuaca.

    Selain itu, untuk menambah daya tahan furnitur yang kita gunakan di teras rumah, sebaiknya kita juga memperhatikan finishing dari furnitur tersebut. Pilihlah finishing furnitur yang membuatnya tidak mudah lapuk atau dimakan serangga. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan furnitur kursi yang terbuat dari kayu, sebaiknya yang dilapisi pelitur. Dan, jika menggunakan furnitur yang terbuat dari besi, sebaiknya dilapisi dulu dengan cat khusus agar besi furnitur tersebut tahan lama.

    Mendesain Teras Rumah
    Bagi sebagian orang, teras rumah merupakan bagian dari rumah yang dianggap penting. Sebab, bagian ini terletak pada bagian depan sebuah rumah dan menjadi bagian pertama yang akan dilihat oleh orang lain saat melihat rumah tersebut.

    Itulah mengapa, banyak orang yang memberikan penekanan penting terhadap bagian teras rumah ini. Karena dengan bagian teras yang terlihat cantik secara tidak langsung akan menjadi sebuah cerminan mengenai bagaimana rumah tersebut pada nantinya.

    Teras rumah yang rapi, menjadi sebuah daya tarik awal bagi seseorang saat melihat sebuah rumah. Sebaliknya teras rumah yang terlihat kotor dan kusam, akan menyebabkan seseorang merasa malas dan enggan untuk masuk lebih jauh ke dalam rumah tersebut.

    Itulah Tips Membuat Teras Rumah Lebih Asri, semoga bermanfaat ya sobat