Tips Menata Ruang Keluarga Agar Selalu Nyaman

    Tips Menata Ruang Keluarga Agar Selalu Nyaman

    Kalau Anda sudah membeli kebutuhan di ruangan keluarga Anda, sekarang tinggal bagaimana cara mengatur dan menata ruang keluarga Anda. Sannur membahas beberapa tips untuk mengatur atau menata ruangan keluarga.

    Ada beberapa tahapan dalam penataan ruang keluarga ini. Dalam menata ruangan ini kita membutuhkan imajinasi dan dan kreativitas sehingga penataannya memiliki estetika tinggi. Baik itu dengan ruangan cukup besar maupun yang minimalis.

    Penataan di ruangan kelurga ini bermanfaat besar dalam kegunaannya. Ruang keluarga ini bisa digunakan untuk bersantainya para anggota keluarga atau untuk tamu yang datang. Oleh karena itu, di sini. Hal ini dilakukan supaya ruangan ini betul-betul indah dan nyaman. Ruangan ini pula akan menjadi ukuran dari pemiliknya.

    Tips Menata Ruang Keluarga

    1. Tempat Duduk Multifungsi

    Ciptakan tempat duduk sebagai tempat multifungsi. Ini dikhususkan bagi ruangan keluarga dengan ukuran minimalis. Dengan begitu, kursi ini bisa dijadikan tempat menonton tv, kumpul keluarga, dan lain-lain. Sebagai contoh posisi tempat duduk ini bisa diletakkan di tengah-tengah ruangan.

    Pertimbangkan juga sirkulasi udara untuk posisi tempat duduk. Jangan sampai tempat duduk ini malah sama sekali tidak ada sirkulasi udaranya. Kalau sirkulasi di tempat ini kurang, maka akan ruangan keluarga akan menjadi apek.

    2. Posisi Tempat Duduk Mengarah ke Luar

    Carilah posisi tempat duduk yang mengarah keluar. Tujuannya agar arah pandangan orang yang menikmati tempat duduk itu tidak terbatas. Jika arah pandang tidak terbatas atau leluasa, maka ini akan memberikan dampak positif yaitu tidak sumpek. Selain itu, juga tidak terpaku hanya pada asesoris yang ada di ruangan keluarga.

    3. Dekorasi Ruangan

    Sekarang kita akan beranjak pada bagaimana mendekorasi ruang keluarga. Untuk mendekorasi ruangan ini, Anda juga harus berpikir di mana letak lemari yang belum kita bahas. Pikirkan juga di mana posisi TV dan DVD atau asesoris lainnya yang ingin Anda simpan dalam ruangan keluarga.

    Sebagai catatan, untuk ukuran ruang keluarga minimalis Anda bisa menggunakan dekorasi moders. Dengan dekorasi modern ini ruangan Anda yang kecil bisa terkesan besar dan luas. Anda juga bisa memilih warna dekorasi yang cerah seperti warna kuning cerah, oranye atau yang senada.

     

    Anda juga bisa menggunakan warna hijau terang supaya Anda bisa merasakan suasana lebih lembut. Hindari pilihan warna yang gelap dan tua. Warna ini akan membuat ruang keluarga Anda terasa sempit, sesak dan terkesan bergerak mendekati Anda.

    Ada juga beberapa warna yang bisa membuat ruangan keluarga lebih cerah atau terang, yaitu abu kebiruan atau abu-abu. Begitu juga ketika Anda merasa bosan dengan warna yang ada, Anda bisa menggantinya dengan warna lain yang lebih segar. Misalnya warna biru, hijau atau warna-warna lain yang Anda inginkan.

    4. Posisi Buffet

    Jika Anda menginginkan adanya buffet di ruangan ini, Anda bisa meletakkannya dipinggir sebelah kiri atau kanan. Tujuannya supaya Anda dapat dengan mudah mengambil sesuatu yang ditempatkan di sana. Hindari TV atau DVD yang diletakkan di sebelah kiri atau kanan. Apalagi TV-nya diletakkan di atas buffet.

    Hal ini akan mengakibatkan Orang yang menonton kesulitan untuk melihat TV. Selain itu, jika TV diletakkan di atas buffet malah akan menjadi tambah kaku dan sumpek. Saat Anda menonton tv dengan kelurga dan tamu juga tidak akan fokus pada objek pandang.

    5. Posisi TV dan DVD

    TV dan DVD bisa diletakkan di depan tempat duduk tanpa harus menghalangi pada arah pandang Anda keluar. Usahakan tempat TV dan DVD ini tidak menggunakan meja besar atau buffet, melainkan dengan rak-rak hambalan yang cukup untuk seukuran TV dan DVD Anda. Rak ini bisa dijadikan juga tempat beberapa koleksi buku atau majalah.

    Itulah beberapa tips untuk menciptakan ruangan keluarga Anda terasa selalu nyaman dan damai. Ketika ruang keluarga sudah nyaman, tentu para tamu berdatangan ingin memiliki ruangan keluarga yang Anda ciptakan. Selamat mencoba.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *