Tips Menata Ruang Tamu Kecil yang Bisa Anda Lakukan

    Tips Menata Ruang Tamu Kecil yang Bisa Anda Lakukan

    Mendesain dan menata ruang tamu yang memiliki ukuran yang minimalis memang susah susah mudah. Diperlukan teknik dan tips tersendiri agar ruang tamu tampak menarik, nyaman serta tetap terkesan luas. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membangun, tips berikut bisa digunakan dalam menata ruang tamu kecil Anda!

    7 Tips Menata Ruang Tamu Kecil

    1. Pilih Furniture yang Ringan dan Simpel

    Meskipun ruang tamu kecil, bukan berarti Anda tidak bisa mensetting ruang tamu dengan beberapa furniture. Jika Anda menginginkan ruang tamu yang dilengkapi dengan sofa, sebaiknya pilih sofa dengan desain sederhana dan berwarna monokrom. Pemilihan furnitur yang bercorak ramai atau berwarna-warni tidak dianjurkan untuk ruangan sempit. Karena hal itu memberikan kesan ramai dan berantakan.

    Oleh karena itu, jika merencanakan untuk membeli furnitur untuk ruang tamu kecil Anda pilihlah furnitur dengan desain simpel dan berwarna monokrom. Sesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruangan.

    2. Pilih Furniture Multi Fungsi

    Sebagaimana diketahui, furniture merupakan jenis perabotan rumah tangga yang memakan porsi ruangan dalam jumlah besar. Sementara, ruang tamu kecil sudah pasti memiliki daya tampung yang lebih sedikit. Jadi jika akan memperlihatkan berbagai jenis furniture dalam ruangan tersebut bukan menjadi pilihan yang tepat. Sangat dianjurkan untuk menggunakan furnitur multi fungsi. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk memaksimalkan fungsi furnitur dan fungsi ruangan. Misalkan Anda bisa memakai tampilan dengan meletakkan meja di sudut yang sekaligus berfungsi sebagai kotak penyimpanan.

    Jika ruang tamu kecil menggunakan furniture multi fungsi ini, Anda akan banyak tempat ruangan yang bisa dihemat. Dan menjadikan ruang gerak Anda menjadi lebih luas dan lebih leluasa untuk beraktivitas sehari – hari.

    Baca juga : Jasa Arsitek Desain Bangunan Rumah

    3. Gunakan Gorden Warna Lembut dan Berbahan Tipis

    Pencahayaan yang tidak terlalu terang sangat penting untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu kecil impian Anda. Karena itu, pilihlah gorden yang berbahan tipis dan mudah ditembus cahaya. Sehingga, cahaya matahari dari luar bisa masuk menerangi ruang tamu dengan leluasa pada siang hari. Warna lembut juga memberikan kesan terang dan lapang. Selain itu, jaga kebersihan kaca dan gorden. Sehingga, ruangan selalu tampak cerah dan lapang.

    4. Gunakan Cat Dinding dengan Warna-Warna Lembut

     

    Gunakan warna-warna lembut untuk dinding. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesan terang dan lapang pada ruangan sempit. Contoh warna-warna lembut yang cocok untuk dinding ruang tamu kecil antara lain warna hijau, biru dan kuning. Agar tidak tampak terkesan menoton, Anda bisa memberikan warna gelap untuk aksen ruangan, seperti warna coklat pada pinggir ruangan atau kosen jendela/pintu.

    5. Hiasi Ruangan dengan Aksesoris yang Tepat

    Menata ruang yang kecil bukan berarti Anda harus memindahkan aksesoris ruangan. Anda bisa menghiasi ruangan dengan beberapa aksesoris yang tepat dan tidak terlalu besar, asal tidak terlalu ramai. Pemberian aksesoris penting untuk mempercantik ruangan. Anda bisa memberikan foto keluarga atau ukiran kaligrafi di dinding ruangan, namun tetap diperhatikan penataan dan ukurannya, pastikan sesuaikan dengan lebar dinding.

    Hindari aksesoris yang berukuran jumbo. Sementara itu untuk penempatan pilih lokasi yang tepat. Sebisa mungkin hindari menempatkan aksesoris yang memenuhi semua sisi ruangan. Tempatkan aksesoris pada beberapa sisi yang pas saja.

    6. Gunakan Warna-Warna Natural untuk Lantai atau Karpet

    Warna-warna natural dan monokrom untuk lantai cukup membantu memberikan kesan luas pada ruangan. Sehingga, warna-warna ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi penataan ruang tamu mini Anda.

    7. Tambahkan cermin atau kaca

    Anda bisa menambahkan elemen cermin atau kaca untuk memberikan kesan lapang pada ruangan. Kehadiran kaca di ruangan bisa menciptakan kesan ruang baru yang sifatnya semu dari pantulan bayangan pada cermin. Sementara itu, kaca berfungsi menyatukan dua ruangan dengan cepat, sehingga terkesan lebih luas dan suasana ruangan terasa lebih terbuka.

    Apabila Anda tertarik ingin menggunakan elemen ini, penempatan pada ruangan perlu diperhatikan. Untuk pemilihan cermin, pilihlah ukuran besar dan letakkan di bagian dinding ruangan mengarah ke depan hiasan utama di ruangan tersebut. Dan untuk kaca sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkannya pada elemen furniture. Tetapi, jika memungkinkan lebih baik lagi jika digunakan sebagai pembatas ruangan saja.

    Jadi kesimpulan penjelasan diatas sempitnya ruangan bukanlah masalah lagi untuk mendapatkan ruang tamu yang rapi dan indah serta terlihat luas. Ternyata kendala sempitnya ruangan bisa diatasi dengan penataan yang tepat. Semoga tulisan tentang tips menata ruang tamu kecil ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang memiliki ruang tamu kecil!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *