Merancang Model Rumah Sederhana – Tips Tips

    Merancang Model Rumah Sederhana – Tips Tips

    Tips Merancang Model Rumah Sederhana – Budget Anda mencukupi, tetapi Anda tidak ingin mempunyai rumah besar, karena ingin mempunyai rumah yang biasa saja.Selain itu Anda ingin sekali rumah kecil tersebut dilirik dan dipuji orang banyak.

    Rumah memang cerminan hati, rumah juga tergambar bagaimana pemiliknya. Sebuah rumah tidaklah harus berbentuk istana dan megah di dalamnya. Rumah kecil pun dapat anda buat menjadi tipe model rumah sederhana mengikuti budget yang Anda punya, tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.

    RUMAH SEDERHANA PENYEJUK PANDANGAN

    Tips Merancang Model Rumah Sederhana – Kebanyakan orang menganggap rumah kecil tidak dapat dibentuk sedemikian rupa menjadi rumah yang cantik dan dilirik banyak orang, anggapan itu salah. Model rumah sederhana pun jika Anda pandai merancangnya dapat dirubah menjadi rumah yang seolah berdaya jual tinggi padahal rumah tersebut Nampak biasa saja. Bagaimana mengubah model rumah sederhana menjadi Nampak mewah dan indah?

    Berikut tipsnya :

    Jika rumah Anda Nampak terdiri dari 2 kotak dari depan dan memiliki sedikit halaman, pada sisi sebelah kiri. Ubahlah halaman tersebut menjadi bentuk taman mini dengan kolam ikan di bawahnya. Dimana banyak ikan-ikan yang berenang, dan boneka air pancur yang bergerak aktif. Selain itu Anda dapat menambahkan berbagai macam pot yang berisi banyak tanaman cantik untuk menghiasi halaman anda yang nampak tandus tersebut.

    Disamping halaman yang telah Anda buat menjadi taman mini tersebut pastilah terdapat garasi mini. Ubah lantainya menjadi bentuk keramik dengan warna yang mewah. Sebagai contoh warna tersebut adalah : biru tua, biru laut, merah marun, dan hijau. Jangan memakai keramik berwarna pelangin, karena nantinya rumah Anda akan lebih mirip rumah boneka daripada model rumah sederhana.

    Cat pagar rumah Anda mengikuti warna ubin. Jika ubin Anda berwarna biru tua, berilah warna biru tua pula pada pagar Anda. Jangan sampai tabrakan warnanya.

    Berikan lampu taman sebagai penambah aksen kemewahan rumah Anda.

    Untuk cat Rumah, dapat Anda berikan aksen warna cat minimalis, begitu pula untuk warna kusen pintu dan jendela. Nah sekarang Nampak sudah model rumah sederhana Anda berbentuk sederhana namun jika dilihat sekilas Nampak mewah dan elegan.

    Anda pun dapat mengecat atap rumah Anda mengikuti warna tembok dan warna ubin pada tempat parkir yang Anda punya. Pada masa kini, rumah dengan warna campuran banyak diminati banyak orang. Asalkan rumah tersebut serasi dan sepadan dengan warna yang Anda campurkan pada muka rumah Anda. Sekarang rumah Anda yang sederhana tapi Nampak terkesan mewah sudah dapat dinikmati.

    KELEBIHAN MODEL RUMAH SEDERHANA

    Tips Merancang Model Rumah Sederhana – Model rumah sederhana kini menjadi salah satu jenis rumah yang banyak dipilih oleh masyakarat. Hal ini khususnya oleh mereka yang berasal dari keluarga muda dan tinggal di kawasan yang padat penduduk. Kalangan ini lebih mengutamakan fungsi sebuah rumah, daripada mengedepankan penampilan.

    Sebuah model rumah sederhana biasanya hanya terdiri dari bangunan-bangunan yang memiliki fungsi utama saja. Seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan ruang dapur. Selain itu, ukuran dan penyusunannya pun dibuat tanpa menggunakan ornamen hiasan yang rumit, sehingga lebih mengedepankan kesan minimalis.

    Konsep rumah seperti ini kini banyak terlihat khususnya di kawasan perumahan menengah dan sederhana. Sebab, selain karena masalah keterbatasan biaya, rumah dengan konsep sederhana ini menjadikan harga jualnya lebih murah dan lebih terjangkau oleh masyarakat.

    Meski demikian, bukan berarti model rumah sederhana hanya ada di kawasan perumahan. Banyak juga pemilik rumah yang tidak tinggal di perumahan, juga menggunakan konsep rumah sederhana pada saat membangun rumah.

    Selain itu, sesuai dengan program pemerintah tentang Keluarga Berencana, model rumah sederhana ini sekiranya sesuai bagi keluarga yang melaksanakan program tersebut. Sebab, dengan rumah yang memenuhi konsep fungsional tersebut, sebuah rumah tidak akan nampak kosong. Hal ini dikarenakan setiap bagian rumah akan nampak hidup dengan fungsi masing-masing.

    KELEBIHAN MODEL RUMAH SEDERHANA

    Tips Merancang Model Rumah Sederhana – Model rumah sederhana banyak dipilih oleh masyarakat pada akhir-akhir ini, karena jenis rumah ini memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan membuat model rumah sederhana diantaranya adalah :

    Jenis model rumah sederhana akan lebih mudah dalam perawatan sehari-hari. Sebab, bagian-bagian rumah tidak dipenuhi dengan ornamen tertentu yang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus.

    Pembuatan sebuah rumah sederhana tidak akan memakan biaya yang cukup besar. Sebab, bagian-bagian yang dibuat lebih condong karena adanya kebutuhan fungsional dan bukan mengedepankan pada konsep sudut pandang. Selain itu, sisi biaya juga bisa dihemat pada proses pembuatannya, karena tidak memerlukan orang yang memiliki spesialisasi tersendiri. Hal ini berbeda jika kita menginginkan sebuah rumah yang berkonsep tertentu sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk membuatnya. Seperti rumah yang terdapat taman dan kolam yang bisa mengalirkan air.

    Bagi masyarakat perkotaan, membuat rumah sederhana merupakan salah satu cara untuk menyiasati masalah keterbatasan lahan. Sehingga, dengan dibuat sederhana, maka sebuah rumah bisa memenuhi semua fungsi utamanya. Selain itu, akan memudahkan jika suatu saat rumah tersebut hendak direnovasi seperti dibuat bertingkat.

     Dari sisi pajak, sebuah model rumah sederhana juga akan lebih murah dalam kewajibannya untuk membayar pajak dalam pajak bumi dan bangunan. Hal ini berbeda dengan konsep rumah yang dibuat dengan mewah, seperti pada bangunan bertingkat.

    Sebuah rumah sederhana, akan mampu dikonsep secara ringkas sehingga bisa diperoleh sisa lahan. Kebutuhan lahan hijau ini sangat penting, khususnya untuk menciptakan kondisi rumah yang sejuk jika ditanami pepohonan. Selain itu, ruang kosong yang tersisa bisa bermanfaat sebagai media untuk tempat resapan air pada saat hujan, sehingga mencegah air serta untuk menyimpan cadangan air tanah alami.

    Untuk mewujudkan impian memiliki rumah, maka Anda perlu memikirkan rencananya dengan detail. Berbicara masalah membangun rumah maka akan membahas tentang dana yang cukup besar, yakni puluhan hingga seratus juta lebih. Maka perlu persiapan yang matang agar pembangunan rumah dapat diirit nantinya, atau dengan kata lain pengeluaran tidak membengkak saat rumah mulai digarap.

    Langkah awal yakni membuat kalkulasi pembangunan rumah yang cermat, apabila Anda cukup awam tentang bahan bangunan dan biaya lainnya dalam mendirikan rumah. Sebaiknya mengkonsultasikannya kepada teman atau kenalan yang ahli dalam bidang sipil atau pembangunan rumah. Tanyakan kepadanya tentang dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah sederhana, tentunya Anda harus terlebih dahulu memiliki gambar dan sketsa rumah tersebut.

    Tips Merancang Model Rumah Sederhana – Pembelian tanah juga harus disegerakan, apalagi bila telah terkumpul dana dan lokasi yang ideal menurut keluarga Anda. Segera tuntaskan pembelian tanah itu, karena nantinya akan memberikan semangat untuk segera memperoleh dana yang lebih besar agar dapat dibangun rumah di atasnya. Bila nanti tidak jadi membangun di lokasi tersebut, maka tanah itu akan menjadi investasi berharga seiring waktu berjalan.