Tips Minimalist Home Design yang Cocok Untuk Rumah Mungil

    Tips Minimalist Home Design yang Cocok Untuk Rumah Mungil

    Minimalist home design atau desain rumah minimalis saat ini memang tengah menjadi tren di kalangan arsitektur bangunan. Tidak hanya pada bentuk bangunan, seluruh bagian dalam rumah pun dibuat dengan konsep minimalis yang banyak digunakan dalam desain rumah kebanyakan sekarang ini.

    Seperti yang sudah banyak diketahui, desain rumah minimalis memang sangat recommended untuk diterapkan. Tidak hanya pada rumah yang memiliki lahan yang luas, rumah mungil dengan lahan terbatas pun bisa menerapkan konsep minimalis ini. Tentu dengan penataan yang baik serta dengan pemilihan material yang sesuai juga desain minimalis pada rumah ini dapat dibuat dengan sempurna.

    Desain Interior Rumah Minimalis

    Mungkin hampir semua orang setuju bahwa rumah merupakan tujuan awal dan akhir dari setiap kegiatan yang dilakukan. Tidak hanya sebagai tempat untuk pulang, rumah juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat, berkumpul bersama keluarga, menuntaskan segala kelelahan di sepanjang hari, menjadi tempat hangat yang menenangkan, dan fungsi rumah lain-lainnya. Dengan melihat begitu banyaknya fungsi rumah untuk semua orang, tentu kenyamanan rumah harus menjadi perhatian utama.

    Kriteria kenyamanan rumah tentunya setiap orang berbeda-beda. Banyak faktor-faktor yang menjadi tolak ukur rumah tersebut dikatakan nyaman atau tidak. Salah satu faktor yang jadi penentu rumah itu nyaman atau tidak adalah pada desain interior rumah.

    Desain interior rumah saat ini terus berkembang dan terus menjadi sorotan publik. Selain dapat memberikan kenyamanan seperti halnya dijelaskan sebelumnya, desain interior rumah juga bisa menunjukan gaya hidup penghuni rumah itu sendiri. Seringkali desain interior rumah emang dibuat sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Oleh karena itulah, gaya hidup serta kesenangan pemilik rumah terpampang jelas pada setiap desain dan penataan rumahnya.

    Salah satu desain interior rumah yang kini banyak digunakan adalah minimalist home design atau rumah desain minimalis. Desain rumah yang satu ini diyakini paling cocok di zaman modern yang serba praktis, sederhana, dan fungsional. Hal ini tentu sangat cocok bagi kehidupan di abad 20 ini, yang mengharuskan semua orang untuk berkegiatan dengan cepat, praktis, sederhana, dan instan.

    Desain rumah minimalis memang sangat futuristik. Tidak hanya menghemat ruangan dan material ketika membangun rumah, desain minimalis ini dapat juga menjadi sebuah tren arsitektur rumah yang kini banyak berkembang di Indonesia.

    Banyak sebenarnya desain rumah yang bisa dipilih oleh semua orang, seperti desain rumah klasik, modern, pop art, dan desain-desain rumah lainnya. Namun, dengan berbagai kelebihan dan juga mengikuti tren gaya hidup masyarakat saat ini, desain rumah minimalis dinilai merupakan desain yang paling cocok untuk kehidupan orang-orang, terutama bagi mereka yang hidup diwilayah perkotaan.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di abad ke 20 ini masyarakat diharuskan untuk beraktivitas dengan cepat, praktis, sederhana, dan berjalan dengan baik. Hal-hal tersebut juga ternyata diterapkan dalam pembangunan rumah berdesain minimalis. Desain rumah bergaya minimalis ini sangat mewakili gaya hidup di abad 20 yang semuanya serba cepat, mudah, dan praktis.

    Banyak kelebihan yang bisa diperoleh ketika memilih rumah dengan desain minimalis. Lahan yang digunakan pada rumah minimalis tidak harus selalu besar. Penggunaan lahan yang hemat membuat lahan sebesar apapun bisa dimaksimalkan jika desain rumah bergaya minimalis.

    Selain itu, furnitur yang digunakan pada rumah bergaya minimalis pun terbilang cukup hemat. Rumah bergaya minimalis cenderung minim penggunakan furnitur yang berebihan. Semua furnitur dan perabotan yang ada didalam rumah dipilih sesuai fungsi dan kebutuhan sang pemiliknya. Oleh karena itu, desain rumah minimalis ini menjadi pilihan utama ketika seseorang memutuskan untuk membangun rumah.

    Mendesain Rumah Mungil Minimalis

    Memilliki rumah yang sesuai dengan keinginan merupakan idaman bagi semua orang. Rumah yang sesuai keinginan tersebut tidak harus selalu mewah dan besar, cukup dengan rumah mungil. Namun dengan fungsional dan nyaman, rumah tersebut dapat menjadi idaman semua orang.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membuat rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsional memang dambaan semua orang. Di zaman yang semakin maju, perkembangan zaman yang semakin membuat orang lebih ingin cepat dan mudah membuat berbagai aspke kehidupan pun berubah dan berkembang, salah satunya adalah rumah hunian.

    Di wilayah perkotaan, lahan perumahan saat ini semakin tergerus. Banyaknya gedung-gedung perkantoran membuat lahan perumahan semakin berkurang. Tidak hanya itu, gaya hidup yang semakin hari semakin ingin dipermudah membuat semua orang memilih hunian yang cepat, sederhana, dan tidak perlu repot. Salah satu hunian yang banyak dipilih adalah apartemen.

    Tentu tidak ada salahnya juga memilih apartemen sebagai hunian pribadi, namun tentu saja lahan apartemen yang terbatas, serta tidak adanya keleluasaan ketika berada dalam rumah membuat apartemen memang tidak bisa menjadi solusi rumah idaman.

    Untuk mengatasi hal tersebut, tentu membangun rumah idamanlah satu-satunya jalan. Bila di wilayah perkotaan lahan bangunan rumah tidak bisa seluas di pedesaan, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Ada banyak trik yang bisa dilakukan untuk membangun rumah dilahan yang tidak luas. Salah satunya adalah dengan membangun minimalist home design atau desain rumah minimalis.

    Dengan desain minimalis, lahan sempit yang Anda miliki bisa dengan mudah dibuat menjadi sebuah hunian yang menarik dan tentunya nyaman. Banyak tips dan trik yang bisa digunakan untuk membangun rumah mungil minimalis tersebut. Berikut ini uraiannya.

    1. Mengondisikan dan memaksimalkan ruangan

    Tidak semua rumah kecil yang didesain minimalis terkesan sempit dan kecil. Hal ini bergantung pada pengkondisian lahan pada rumah Anda yang memang tidak memiliki lahan lebih. Agar rumah minimalis mungil Anda terkesan luas, kurangi barang-barang yang besar dan tidak terpakai terpajang di rumah. Dalam rumah desain minimalis, semua barang yang ada dirumah hanyalah barang yang memiliki fungsi dan terlihat matching dengan konsep rumah, sehingga penggunaan barang berlebih sangat tidak dianjurkan.

    1. Pemilihan warna alami pada rumah

    Membuat rumah dengan desain minimalis juga harus memperhatikan pilihan warna yang ada. Kebanyakan pemilihan warna pada desain minimalis hanya berfokus pada warna-warna netral, seperti hitam, putih, abu, dan warna-warna lainnya. Anda bisa menambahkan corak dengan warna cerah namun tetap dikontrol agar tidak terlalu berlebihan. Gunakan warna yang sepadan atau sama di setiap ruangan pada rumah. Dengan begitu, rumah akan terkesan luas dan mewah.

    1. Perhatikan ketinggian atap rumah

    Seringkali ketinggian atap rumah tidak begitu diperhatikan ketika membangun sebuah rumah. Padahal, ketinggian rumah ini dapat membuat rumah minimalis yang mungil terkesan luas, lega, dan mewah. Semakin tinggi atap rumah, semakin nyaman juga penghuni berada dalam rumah. Sebaliknya, jika atap rumah rendah maka suasana sumpek, pengap, dan panas akan terasa bila penghuni berada di dalam rumah.

    1. Penggunaan sekat pada rumah

    Hal penting yang harus diketahui ketika membangun hunian dengan konsep minimalist home design adalah pengurangan sekat pada rumah. Sekat pada rumah dapat membuat kesan rumah semakin sempit. Rumah minimalis tidak harus memiliki sekat yang banyak. Bahkan di beberapa interior rumah, sekat ruangan tidak prnah digunakan.

    Minimalist home design memang menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin membangun rumah di lahan yang kecil. Jika Anda sedang membutuhkan Jasa Desain Rumah, rekomendasi kami ke Sannur Arsitek.

    Kunjungi Juga FB Sannur.