Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

    Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

    Usaha Rumahan Yang Menguntungkan – Sembilan dari sepuluh pintu rezeki yang sudah disediakan Tuhan adalah bidang usaha atau perdagangan. Kalimat tersebut harus terus bergaung di telinga kita ketika akan memulai suatu usaha, baik usaha sampingan maupun usaha yang hendak dijadikan mata pencaharian utama. Saat ini, banyak calon pengusaha yang memulai usaha rumahan. Jenis usaha rumahan diminati karena modal yang harus dikeluarkan relatif sedikit dan lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga kerja.

    Lalu, jenis usaha rumahan apa yang ingin Anda wujudkan? Sebelum memutuskan untuk memilih jenisnya, ada baiknya Anda menelaah baik dan buruknya.

    TIPS MEMILIH JENIS USAHA RUMAHAN

    Usaha Rumahan Yang Menguntungkan – Ada beberapa tips dalam memiliih usaha rumahan, yaitu sebagai berikut.

    Look for the interesting one

    Carilah satu hal yang paling menarik menurut Anda. Sebagai contoh, jika suka mengenakan berbagai macam bros pada jilbab atau pakaian. mengapa tak mencoba untuk membuat bros kemudian menjualnya? Memang sudah banyak yang menggeluti jenis usaha rumahan membuat bros dan pernak-pernik jilbab.

    Akan tetapi, tidak ada salahnya kan Anda mencoba bisnis ini? Karena suka dan sangat tertarik akan suatu hal, bisa jadi itu adalah peluang usaha yang bisa Anda tekuni. Niatkan diri dan bidik tujuan Anda sehingga usaha yang akan Anda lakukan tidak sia-sia.

    Watch your family

    Pilihan jenis usaha rumahan Anda tentunya yang juga bisa diterima keluarga. Karena kegiatan usaha sepenuhnya akan dilakukan di rumah, pastikan Anda menyesuaikan jadwal usaha dengan jadwal mengurus rumah tangga atau keluarga, terlebih jika Anda seorang ibu yang memiliki anak. Jangan sampai karena terlalu asyik melakukan bisnis, Anda sampai lupa mengurus suami dan anak-anak.

    Explore your knowledge

    Dengan eksplorasi yang Anda lakukan terhadap usaha yang tengah Anda geluti, Anda telah bertambah kaya dari segi ilmu. Carilah referensi sebanyak-banyaknya, bukan hanya tentang usaha Anda, melainkan juga cara mengatur diri supaya lebih disiplin. Buat peluang eksplorasi itu melalui kegiatan positif dan kaya manfaat, seperti mengikuti seminar kewirausahaan, membaca buku tentang usaha, dan berinteraksi dengan internet.

    Salah satu interaksi dengan internet yang paling menguntungkan adalah bergabungnya Anda dengan milis-milis kewirausahaan yang di dalamnya terdapat banyak sharing ilmu mengenai usaha masing-masing miliser. Mungkin saja dari sana Anda akan tahu jenis usaha rumahan lain.

    Family factor

    Jenis usaha rumahan apa pun yang Anda tekuni hendaknya bisa merangkul anggota keluarga agar mau bergabung mewujudkan mimpi bersama. Dengan begitu, Anda akan memiliki kekuatan double, bahkan triple, untuk terus berjuang dalam bidang yang sudah dipilih.

    Ajak pasangan Anda untuk tidak sekadar menikmati hasil usaha, tetapi juga mengetahui seluk-beluk usaha Anda. Anak-anak yang sudah beranjak remaja atau dewasa bisa mulai Anda kenalkan pada usaha yang selama ini membiayai keperluan mereka. Siapa tahu pada masa depan mereka punya pandangan untuk meneruskan usaha atau menciptakan usaha baru yang menjanjikan.

    Business map

    Buatlah denah atau tata letak usaha di dalam rumah Anda. Ini adalah bagian penting dalam memulai usaha. Jangan sampai ketika sudah siap dengan bahan-bahan dan peralatan yang Anda sediakan, Anda tidak punya tempat untuk produksi.

    Sebagai tahap awal saat bisnis masih seumur jagung, manfaatkan setiap sudut rumah tanpa kecuali untuk menyimpan bahan-bahan dan melakukan kegiatan operasional sehari-hari. Lalu, jika usaha sudah lumayan besar, sediakan tempat untuk memajang barang produksi dan pembelian langsung di rumah.

    Security standard of goods

    Pastikan barang-barang pendukung produksi Anda terbuat dari bahan-bahan yang aman. Jika terdapat barang-barang tajam seperti gunting, cutter, dan pisau, atau barang-barang berat seperti mesin pemotong, usahakan simpan di ruang tertentu dan hindarkan dari jangkauan anak-anak. Kalau perlu, buatlah pengumuman penting dalam papan yang digantung di dekat ruangan tersebut. Terutama, berikan pengertian kepada anak-anak untuk tidak bermain di area produksi Anda.

    The importance of assurance

    Banyak yang memulai jenis usaha rumahan tertentu dari modal hasil bekerja sebelumnya. Biasanya, orang-orang seperti ini memiliki kekhawatiran luar biasa akan pengeluaran bulanan karena pastinya dalam hal memulai, pendapatan tidak akan sebesar yang diharapkan atau seperti saat masih bekerja. Maka dari itu, penting disiapkan budget tertentu untuk disimpan yang tidak akan diotak-atik kecuali untuk keperluan mendesak, seperti makan sehari-hari, sakit, dan kecelakaan.

    Jika punya dana lebih dan merasa lebih aman jika menggunakan asuransi, datangilah agen asuransi yang Anda sudah ketahui kapabilitasnya. Yang dapat asuransikan di antaranya adalah asuransi jiwa pribadi, keluarga, kompensasi pekerja, properti, dan kecacatan.

    JENIS USAHA RUMAHAN

    Usaha Rumahan Yang Menguntungkan – Belum bisa memutuskan jenis usaha rumahan apa yang paling cocok di hati? Mungkin beberapa jenis usaha rumahan berikut bisa menjadi referensi yang baik untuk Anda.

    Usaha Makanan Ringan atau Snack

    Siapa tidak suka camilan berupa makanan ringan? Dari anak kecil sampai orang dewasa dan anak muda sampai orang tua semua suka makan snack. Banyak makanan ringan yang diproduksi oleh pengelola usaha rumahan karena mudah dan mendatangkan untung yang lumayan. Harganya mulai seribu hingga puluhan ribu rupiah. Jika tidak memungkinkan untuk membuatnya, Anda bisa menjual produk makanan ringan yang Anda kemas sendiri.

    Sebagai contoh, Anda membeli keripik kentang curah di pasar tradisional atau swalayan dalam jumlah kiloan. Lalu, sampai di rumah, Anda siapkan kemasan kecil seperti plastik seperempat atau lebih kecil dan masukkan potongan keripik kentang tersebut ke dalamnya. Sertakan harga dan mungkin nama toko Anda di atas secarik kertas kecil yang dimasukkan ke plastik.

    Usaha Pulsa Elektrik

    Bisa dibilang, jenis usaha rumahan ini bermodal kecil karena hanya mengandalkan sebuah ponsel dan deposito pulsa yang sudah Anda bayar ke pusat pelayanan transfer pulsa berbagai provider.

    Jenis usaha rumahan ini bisa Anda lakukan dari dalam rumah maupun di luar rumah. Anda tinggal membawa ponsel yang digunakan sebagai alat operasional. Kalau sudah mempunyai banyak pelanggan, Anda usahakan untuk mengembangkannya dengan menyiapkan server di rumah. Temukan banyak informasi mengenai pemasangan server dalam komputer di rumah Anda.

    Usaha Kue

    Jika Anda mempunya hobi memasak kue kering, manfaatkan untuk membuka jalan untuk jenis usaha rumahan yang baru. Tempatkan kue-kue kering hasil kreasi Anda dalam stoples-stoples kecil yang bisa Anda jual mulai harga Rp25.000,00, bergantung pada jenis kuenya. Anda bisa menjualnya dengan menitipkannya ke warung, toko, maupun minimarket.

    Buatlah kue yang berbeda agar jualan Anda mudah mendapat respons dari pembeli yang akhirnya memutuskan untuk membelinya. Selain itu, Anda bisa menjual kue pada kesempatan tertentu, seperti arisan, pengajian, dan pertemuan keluarga. Atau, Anda bisa membuat iklan kecil di depan rumah dengan menggunakan papan kayu atau kain yang dibentangkan dekat dengan pintu rumah.

    Usaha dari Internet

    Internet saat ini menjadi kebutuhan utama setiap orang, tidak hanya untuk mencari informasi, tetapi juga mencari hiburan dan pekerjaan sampingan. Jenis usaha yang bisa Anda dapatkan dari internet di antaranya adalah menjadi freelance worker atau pekerja lepas, penjual e-book, dan affiliate marketing.

    Usaha Rumahan Yang Menguntungkan – Jika Anda memiliki keahlian menulis atau mau mencoba menjadi penulis lepas, cobalah mencari pekerjaan penulis yang berlimpah di internet.  Jenis usaha rumahan yang dilakukan secara online lainnya adalah menjual e-book, yaitu buku elektronik karya Anda sendiri. Anda juga bisa menjadi affiliate marketing, yaitu menjualkan produk orang lain melalui internet dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.